Brilio.net - Virus corona atau COVID-19 telah memasuki Indonesia, terhitung sejak 2 Maret lalu. Pada Rabu (18/3), Juru Bicara Penangan COVID-19, Achmad Yurianto mengumumkan ada 55 kasus baru di Indonesia.

"Total sampai hari ini, 227 kasus positif. Data sudah diperbaiki. Setelah diakumulasi, kasus meninggal sampai 18 Maret yaitu Bali 1 meninggal, Banten 1 meninggal, DKI Jakarta 12 meninggal, Jawa Barat 1 meninggal, Jawa Tengah 2 meninggal, Jawa Timur 1 meninggal, Sumatera Utara 1 meninggal. Jadi total 19 meninggal," ujar Yuri, dikutip dari merdeka.com, Rabu (18/3).

Presiden Joko Widodo memberikan arahan terkait penanggulangan penyebaran virus corona. Salah satunya meminta masyarakat agar tetap berada di dalam rumah.

"Untuk mengatasi penyebaran COVID-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyarakat," kata Jokowi, dilansir dari liputan6.com.

Namun bagaimana bagi kamu yang ingin atau ada jadwal pergi? Kamu harus selalu waspada di manapun dan kapanpun. Misalnya saat kondisi memaksamu untuk menempuh perjalanan, baik dekat maupun jauh.

Loading...

Berikut beberapa langkah atau cara supaya kamu tetap aman dan terhindar dari corona saat melakukan perjalanan, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/3).

1. Tetap sehat saat bepergian.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: unsplash.com

Dilansir dari covid19.go.id, untuk menjaga kesehatan selama bepergian, kamu harus mengonsumsi makanan matang. Jaga diri dan orang lain, jangan meludah di tempat umum, hindari kontak jarak dekat dan jangan membawa hewan yang sakit.

2. Segera ke dokter jika sakit.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: unsplash.com

Jika kamu merasa sakit, berikan informasi kepada orang terdekat. Kepada kru perjalanan, misalnya. Sehingga mereka bisa segera membantu dan membawakanmu pertolongan medis. Jangan lupa dan sungkan untuk menginformasikan riwayat perjalananmu pada pihak medis.

3. Jangan lupa bawa hand sanitizer.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: unsplash.com

Dibutuhkan mencuci tangan sesering mungkin. Karena kuman dan virus dapat tertular dari telapak tangan. Tidak adanya air saat perjalanan, sebab itu kamu diharuskan menjaga diri.

Kunci utama untuk menjaga kebersihan adalah dengan mengandalkan hand sanitizer. Basuh tangan dengan hand sanitizer secara keseluruhan. Berikut cara mencuci tangan dengan benar.

- Cuci tangan setidaknya selama 20 detik. Gosok dan bersihkan tangan secara menyeluruh yang menutupi setiap permukaan kedua tangan.

- Cuci ujung jari dan di bawah kuku. Sebagian besar kuman ada di ujung jari. Dan mungkin ada juga di bawah kuku. Sayangnya kuku ujung jari adalah bagian dari tangan yang sering dilewati ketika orang mencuci tangan.

- Cuci tangan kapan saja setelah aktivitas kotor. Lakukan cara ini setelah kamu keluar dari kamar mandi, menyentuh hidung, batuk, bersin, dan makan. Bahkan jika kamu merasa tanganmu tidak kotor, sebaiknya kamu tetap mencuci tangan.

4. Pakai masker jika perlu.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: unsplash.com

Menyebarnya corona membuat semua orang cemas, tak heran jika masker kian langka. Demi menjaga kesehatan dan kebersihan diri, buat kamu yang ingin bepergian lebih baik menggunakan masker.

Dilansir dari covid19.go.id, cara memakai masker yang benar ialah menutup mulut, hidung, dan dagu. Tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung, tarik ke belakang di bagian bawah dagu.

5. Membersihkan beragam benda yang akan digunakan.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: pixabay.com

Kamu juga perlu membersihkan benda yang akan kamu gunakan. Misalnya, pegangan transportasi umum atau tempat duduk.

6. Tetap jaga jarak dengan orang lain semaksimal mungkin.

perjalanan aman di tengah Corona unsplash

foto: Instagram/@makassar_iinfo

Seseorang akan merasakan kesepian karena kehilangan interaksi sosial dengan sekitarnya. Namun adanya virus corona ini mau nggak mau membuat orang saling berjauhan. Karena virus corona dapat menyebar melalui kontak fisik dengan pengidap.

Maka dari itu pemerintah dan pihak WHO mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan Social Distance. Dilansir dari The Atlantic, social distancing merupakan tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain. Hal ini bertujuan untuk mengurangi peluang penularan virus.

Bagi kamu yang sedang bepergian, diharapkan bisa tetap menjaga jarak dengan orang lain. Agar dapat menghindari penyebaran corona.

RECOMMENDED BY EDITOR