Brilio.net - Saat ini masyarakat berada dalam situasi kelaziman baru (new normal). Meski sudah bisa beraktivitas di luar rumah, namun masyarakat diimbau tetap mengedepankan protokol kesehatan. Hal ini untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) agar tak semakin meluas.

Sebelumnya, masyarakat diminta mengisolasi diri di rumah. Kondisi tersebut berdampak pada perubahan perilaku. Selain berupaya menerapkan gaya hidup sehat, ternyata perilaku belanja mereka pun berubah. Banyak yang memilih memanfaatkan belanja daring mulai dari barang-barang kebutuhan kebutuhan rumah tangga, perabot dan peralatan rumah, produk perawatan pribadi, serta fitness dan wellness.

Fakta inilah yang berhasil dicatat Lazada, e-Commerce terdepan di Asia Tenggara yang sejak 7-9 Juli 2020 menggelar kampanye Lazada Mid Year Super Sale dengan mengusung tema #PilihCeritamu. Program yang menawarkan produk-produk original berkualitas dari berbagai brand favorit dengan harga harga banting mulai dari Rp 3.000 ini untuk mendukung hobi dan aktivitas baru masyarakat.

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

“Lazada melihat konsumen yang awalnya hanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan harian, kini juga memiliki minat untuk belajar hal baru, sehingga mulai bermunculan hobi-hobi atau aktivitas yang akan menjadi tren di era new normal,” ujar Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Brilio.net, Kamis (9/7).   

Loading...

Berikut lima hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal.

1. Berkebun

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

Di awal masa penerapan Pembatasan Sosial Berskal Besar (PSBB), salah satu yang menjadi kendala adalah akses bahan makanan segar. Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah. Ternyata cara ini menjadi salah satu hobi yang paling diminati masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah. Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden dan menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun. Walaupun ada imbauan untuk tetap di rumah, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun lho.

2. Mendekorasi rumah

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

Selain berkebun, mempercantik rumah dengan mendekorasi dan menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru merupakan kebiasaan baru bagi masyarakat.

Dalam masa kelaziman baru ini, walaupun mobilitas banyak orang sudah mulai leluasa, tapi banyak juga yang memilih untuk tetap berada di rumah, sehingga banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk menghadirkan suasana baru di rumah dengan berbagai aksesoris dan juga perabotan rumah. Tujuannya agar membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.

3. Memasak

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

Kembali ke masakan rumah juga menjadi salah satu perubahan perilaku yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan jumlah transaksi di kategori perlengkapan dapur, peralatan makan, bahkan bahan-bahan pangan pokok dan segar seperti sayur mayur selama 3 bulan terakhir ini.

Tidak sedikit masyarakat yang mengandalkan kecanggihan perangkat elektronik untuk mendapatkan berbagai tips, trik dan juga resep masakan yang mereka sukai. Salah satunya lewat program Dapur Lazada di channel LazLive, yang menghadirkan berbagai tips, trik dan juga resep masakan dari chef terkemuka, dan juga memungkinkan konsumen untuk dapat memiliki peralatan dapur yang mereka butuhkan dengan harga spesial dari banyak brand ternama dengan adanya berbagai voucher yang tersedia selama acara.

4. Olahraga di rumah

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

Selama beraktivitas di rumah, terutama saat penerapan PSBB, banyak masyarakat yang tetap memperhatikan kebugaran tubuh. Apalagi menjaga kesehatan merupakan salah satu prioritas selama masa pandemi. Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga di Lazada.

5. Gaming

5 Tren hobi dan kebiasaan baru di era kelaziman baru © 2020 brilio.net

Nah kalau aktivitas yang satu ini banyak dilakukan anak-anak muda. Maklum, selama masa PSBB, mereka nggak bisa hangout di coffee shop atau nge-mall. Tak pelak, untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus mencari hiburan, mereka memilih untuk beralih bermain game.  

Terlebih, baru-baru ini badan kesehatan dunia (WHO) meluncurkan kampanye Play Apart Together. Di mana bermain game bersama teman secara online sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama masa karantina di rumah. 

Tak heran jika banyak yang mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi atau bahkan menjadi sebuah pilihan profesi di masa depan. Hal ini yang kemudian menjadi sebuah dasar dukungan Lazada terhadap salah satu tim eSport profesional di Indonesia, EVOS eSports.

Kolaborasi antara EVOS eSports dengan Lazada, memungkinkan para penggemar eSports untuk mendapatkan berbagai merchandise resmi di laman EVOS Official Store di Lazada bahkan memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu atlet profesional eSport melalui ajang terbuka Lazada x EVOS Pro Player Hunt yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di kawasan Asia tenggara. Tidak hanya itu, pecinta eSport juga dimanjakan dengan berbagai perlengkapan gaming, seperti konsol, smartphone atau bahkan digital goods untuk kebutuhan bermain mereka.

RECOMMENDED BY EDITOR