Brilio.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah disuntik vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (13/1) pagi. Sebelum disuntik, Jokowi harus melalui sejumlah tahap. Di antaranya tahap klarifikasi data dan pemeriksaan kesehatan. Setelah mendapat kartu layak vaksin, Jokowi baru disuntik vaksin.

Jokowi merupakan orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac. Ia bahkan menjadi Presiden pertama di dunia yang melakukannya. Menurut Jokowi, ia tak merasa sakit sama sekali saat disuntik vaksin Sinovac.

"Enggak terasa sama sekali," ujarnya seperti dilansir dari Liputan6.com

Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang disuntikkan ke Jokowi adalah vaksin buatan perusahaan China, Sinovac. Muthalib bahkan sempat menunjukkan botol vaksin ke arah kamera.

Usai disuntik vaksin, Jokowi pun lantas menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Berikut rangkuman pesan Jokowi usai divaksinasi, seperti dilansir brilio.net dari YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/1).

Loading...

1. Disiplin protokol kesehatan.

5 Pesan Jokowi usai disuntik vaksin Sinovac © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Meski vaksin akan segera didistribusikan, Jokowi tetap mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan 3M.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan," kata Jokowi.

2. Vaksin Covid-19 dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

5 Pesan Jokowi usai disuntik vaksin Sinovac © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Tidak hanya untuk kesehatan, Jokowi menegaskan bahwa adanya vaksinasi Covid-19 ini bisa membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Vaksinasi Covid-19 ini penting untuk kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita, kesehatan, keamanan kepada kita semua masyarakat Indonesia," ucap Jokowi.

3. Vaksinasi Covid-19 akan dilanjutkan ke seluruh Indonesia.

5 Pesan Jokowi usai disuntik vaksin Sinovac © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Setelah Jokowi serta tokoh masyarakat lainnya telah disuntik vaksin Covid-19, selanjutnya vaksin akan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Jowoki juga telah menjelaskan bahwa vaksin buatan Sinovac mendapat Emergency Use Authorization atau izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, vaksin Sinovac juga mengantongi fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten/kota seluruh tanah air," kata Jokowi.

4. Berharap vaksinasi berjalan lancar.

5 Pesan Jokowi usai disuntik vaksin Sinovac © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Presiden Jokowi berharap masa pandemi segara berakhir. Ia juga sudah mulai berikhtiar dan berharap semoga vaksinasi bisa berjalan lancar.

"Saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19. Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," kata Jokowi.

5. Berterima kasih pada Dokter Kepresidenan.

5 Pesan Jokowi usai disuntik vaksin Sinovac © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Tak lupa, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada dokter kepresidenan yakni dr Abdul Muthalib yang telah menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac kepadanya. Adapun Abdul Muthalib merupakan Wakil Ketua Dokter Kepresidenan.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya terima kasih Prof dr Abdul Muthalib yang menyuntikkan vaksinnya kepada saya. Terima kasih," pungkas Jokowi.

RECOMMENDED BY EDITOR