Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Serius
Yusuf Harfi (brl/guf)

07 Juli 2019 10:10

5 Momen kenangan Sutopo mengabarkan bencana alam saat melawan kanker

Kepergian Sutopo meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia..

5 Momen kenangan Sutopo mengabarkan bencana alam saat melawan kanker

View Image



Brilio.net - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi pada bidang kebencanaan di Indonesia. Ia diketahui selalu menjalankan tugasnya menginformasikan bencana kepada masyarakat meski tengah menderita penyakit kanker paru-paru sejak tahun 2017 lalu.

Kabar meninggalnya Sutopo pada Minggu (7/7) dini hari di Guangzhou, China pun langsung meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Kabar tersebut disampaikan oleh Direktorat Pengurangan Resiko Bencana BNPB melalui akun Twitter, Minggu pagi. Seperti diketahui sebelumnya, Sutopo tengah menjalani perawatan terhadap penyakit kanker paru-paru yang dideritanya di China sejak pertengahan Juni lalu. Sebelum berangkat ke Guangzhou, ia pun sempat mengunggah video pamitan kepada masyarakat.

Sosok Sutopo Purwo Nugroho bebeberapa tahun terakhir memang banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Penyakit kanker paru-paru yang ia derita tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap menjalankan profesinya. Ia tetap setia menyampaikan informasi bencana kepada masyarakat, baik secara langsung melalui awak media maupun lewat akun media sosial seperti Twitter dan Instagram. Tak heran, dedikasinya tersebut mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Untuk mengenang kepergian sosok berusia 49 tahun itu, brilio.net telah menghimpun 5 momen Sutopo Purwo Nugroho saat mengabarkan informasi bencana dari akun Instagram dan Twitter Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (7/7) berikut ini.

1. Saat bencana tsunami menerjang Selat Sunda pada akhir Desember 018 lalu, Sutopo diketahui sangat aktif menginformasikan bencana lewat media sosialnya. Ia pun sempat meminta maaf tak bisa melakukan konferensi pers di kantor BNPB karena tengah berobat.

Loading...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Update dampak tsunami di Selat Sunda per 23/12/2018 pukul 10.00 WIB. . Mohon maaf saya sedang berobat di luar kota sehingga tidak bisa konfrensi pers di kantor BNPB. Saya akan terus updatekan penanganan bencana tsunami di Selat Sunda.

A post shared by Sutopo Purwo Nugroho (@sutopopurwo) on

2. Seakan tak peduli dengan penyakit kanker yang tengah diderita, Sutopo terus memperbarui informasi mengenai bencana tsunami di Selat Sunda akhir tahun 2018 lalu. Update informasi itu ia sampaikan lewat video singkat di media sosial.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Jumlah korban terus bertambah. Update dampak tsunami di Selat Sunda per 23/12/2018 pukul 13.00 WIB: 168 orang meninggal dunia, 745 orang luka-luka, 30 orang hilang, 556 rumah rusak dan kerusakan fisik lainnya. Penanganan terus dilakukan. Evakuasi korban masih berlangsung.

A post shared by Sutopo Purwo Nugroho (@sutopopurwo) on

3. Setiap Sutopo mengabarkan bencana lewat media sosial, banyak warganet yang memberikan semangat kepadanya lewat komentar untuk terus melawan penyakitnya.

4. Selain mengabarkan informasi bencana melalui media sosial, Sutopo juga tetap aktif menyampaikan informasi kepada awak media lewat konferensi pers di kantor BNPB. Seperti halnya saat melakukan konferensi pers mengenai dampak sikon tropis Cempaka dan Dahlia pada Desember 2017.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Meski sakit tetap melayani dengan sepenuh hati. Siklon tropis Cempaka dan Dahlia telah punah. Tapi bencana banjir longsor dan puting beliung akan masih meningkat. Gunung Agung pun tetap masih Awas. Konfrensi pers 5/12/2017 pukul 11.00 Wita. Tetap setia pada media. #media #socialmedia

A post shared by Sutopo Purwo Nugroho (@sutopopurwo) on

5. Atas dedikasinya menjalankan tugas sebagai humas BNPB di tengah penyakit yang ia derita, Sutopo banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya, ia mendapatkan penghargaan dari Jakarta Foreign Correspondents Club sebagai juru bicara istimewa atas kerja keras dan dedikasinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Alhamdulillah, mendapat penghargaan dari Jakarta Foreign Correspondents Club sebagai Jurubicara Istimewa (as Outstanding Spokeperson, for his hard work, dedication, and good cooperation with foreign Journalists covering various disasters in Indonesia). Terima kasih untuk semua dukungan. Penghargaan ini untuk seluruh Pimpinan dan staf BNPB dan BPBD yang bekerja luar biasa melayani masyarakat dari bencana. @JFCCJAKARTA @jewel.topsfield @jfccjakarta @afpphoto @bbcnews @cnn @abcnews @reuters @nhk_kouhaku @wsj @sydneymorningherald @aljazeeraenglish @bloombergbusiness

A post shared by Sutopo Purwo Nugroho (@sutopopurwo) on

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Sutopo Purwo Nugroho Kabar Duka Sosok Inspiratif Sosok Penting Sosok Fenomenal BNPB
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE