Brilio.net - Sampai saat ini virus corona atau COVID-19 masih menjadi pusat perhatian dunia, termasuk Indonesia. Hingga Senin (23/3) siang ini jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia bertambah 65 orang.

"Sehingga total 579 orang," ujar juru bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto dikutip Liputan6.com.

Menurutnya, seluruh data tersebut diberikan ke kepala dinas provinsi. Setelah itu kepala dinas provinsi memberikannya ke dinas rumah sakit tempat pasien dirawat, kemudian diserahkan lagi ke dinas di kota untuk melacak penularan yang mungkin terjadi dari kasus yang sedang dirawat. Yurianto pun meminta masyarakat tetap tenang dalam menghadapi COVID-19.

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat menjaga jarak tidak terlalu dekat dengan kontak sosial dan menghindari kerumunan yang sangat memungkinkan terjadinya penularan di antara penderita dengan yang sehat. Pemerintah pun kembali meminta masyarakat untuk melakukan pembatasan komunikasi secara sosial untuk mencegah penularan COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Tak hanya jumlah kasus, masyarakat juga mulai menyoroti cerita-cerita dari pasien virus corona yang telah dinyatakan sembuh. Tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Berikut brilio.net himpun beberapa kisah pasien yang berhasil sembuh dari virus corona atau COVID-19 dari berbagai sumber, Senin (23/3).

1. WNI di Singapura.

Kisah pasien sembuh Corona  Instagram

foto: Ilustrasi pixabay

Seorang warga Indonesia di Singapura yang terinfeksi virus corona telah dinyatakan sembuh. Informasi itu didapat berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Singapura kepada KBRI Singapura.

WNI tersebut merupakan kasus ke-21 positif virus corona di Singapura dari klaster Yong Thai Hang medical shop. Dikutip dari Antara, KBRI Singapura mengaku terus memantau perkembangan kondisi yang bersangkutan sampai saat ini.

2. Pasien 01,02,03 di RSPI Sulianti Saroso.

Kisah pasien sembuh Corona  Instagram

foto: Facebook/ Kementrian Kesehatan RI

Tiga pasien dengan nomor kasus 01, 02, dan 03 sudah dinyatakan sembuh dari virus corona setelah diisolasi dan dirawat intensif di rumah sakit. Berkali-kali dilakukan tes, hasil ketiganya selalu negatif.

Sebelum meninggalkan RSPI Sulianti Saroso, mereka pun sempat menceritakan pengalamannya saat menjadi pasien positif virus corona. Mereka mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia agar tidak panik dalam menghadapi penyebaran virus corona.

"Asal kita disiplin minum air putih yang baik, istirahat yang benar, dan memperhatikan asupan gizi, sayuran, dan vitamin," ujar mereka dikutip dari Liputan6.com.

Selain itu, jangan lupa untuk rajin mencuci tangan dan mendengarkan saran dari pemerintah. "Kalau memang diminta untuk pembatasan sosial sementara waktu, lakukan sebaik-baik mungkin," lanjut mereka.

3. Pasien ABK dari Diamond Princess.

Kisah pasien sembuh Corona  Instagram

foto: Merdeka.com

Salah satu ABK yang dievakuasi sempat dinyatakan positif corona. Ia menjadi pasien kasus nomor 6. Namun kini, ia telah sembuh.

Pasien sembuh corona itu, saat ini stabil. Dikutip dari Liputan6.com, tim medis tengah mengedukasi untuk persiapan pulang untuknya. Ia pun diminta melakukan self isolted.

Meski negatif corona, pasien tersebut akan diawasi secara intens. Dirinya juga diwajibkan menggunakan masker dan tidak menggunakan alat minum bersama.

4. Balita di Yogyakarta.

Kisah pasien sembuh Corona  Instagram

foto: Ilustrasi shutterstock

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta diketahui sempat merawat seorang pasien corona berumur 3 tahun. Setelah menjalani perawatan secara intensif, pasien tersebut dinyatakan sembuh dan boleh pulang pada Jumat (20/3).

Dikutip dari Liputan6.com sang ibu sempat menceritakan penanganan saat dirawat di rumah sakit. Selama menjalani isolasi, kondisi sang anak sempat lemas dan tak henti-hentinya batuk. Namun hari kedua isolasi kondisi anaknya sempat membaik.

"Saat diambil tindakan, anak saya selalu takut karena (petugas medis) pakai baju putih seperti itu (hazmat), dia sampai ketakutan. Hari kedua sebenarnya panas sudah turun tapi naik lagi panasnya," lanjutnya.

Setelah menjalani perawatan dan uji laboratorium dua kali, pasien tersebut dinyatakan sembuh dan boleh pulang dari RSUP Sardjito pada Kamis (19/3). Menurutnya, saat ini kondisi anaknya semakin membaik.

"Alhamdulillah ini habis makan, terus habis minum obat dan lagi mainan sekarang. Sudah aktivitas biasa, makan juga awalnya susah saat ini mau makan," ucapnya.

5. Pasien di RSUD Kanujoso Balikpapan.

Kisah pasien sembuh Corona  Instagram

foto: Liputan6.com

Pasien-pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Kalimantan Timur dikabarkan kondisinya mulai membaik. Direktur Utama RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dr Edy Iskandar mengatakan, kondisi pasien menunjukkan perkembangan yang positif.

"Pasien-pasien semuanya membaik, tenang dan semuanya tidak ada kekhawatiran. Sebab mereka cepat masuk rumah sakitnya, sehingga pengobatan cepat juga dirawat dan ditangani tim medis," kata dr Edy Iskandar dikutip Liputan6.com.