Brilio.net - PT Nissan Motor Indonesia baru saja meluncurkan mobil bertenaga listrik All-New Nissan Kicks e-POWER di Tanah Air. Oh iya, Indonesia juga merupakan salah satu negara pertama di dunia yang memperkenalkan e-POWER dengan menawarkan pengalaman berkendara 100% mobil listrik.  

Lewat acara peluncuran yang dilakukan secara digital lewat kanal Youtube dari atas atap gedung pada 2 September 2020, mobil SUV kompak ini digadang-gadang bakal memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Bagaimana nggak, pengendara bisa tetap mengisi ulang daya baterai (accu) tanpa harus keluar kendaraan atau saat mobil masih dikendarai. Artinya, pengemudi nggak perlu bingung mencari sumber daya eksternal. Loh kok bisa?  

Yap, mobil yang dilengkapi motor listrik EM57 ini menggendong mesin berbahan bakar bensin 1,2 liter DOHC 12-valve tiga silinder. Nah mesin bensin ini berfungsi sebagai generator serta inverter untuk mengalirkan daya ke motor listrik. Kerennya lagi, mesin bensin hanya bekerja saat diperlukan saja sehingga penggunaannya efisien. Disamping itu, mobil yang diklaim ramah lingkungan ini tidak menimbulkan bising alias cukup senyap. Pada kendaraan ini, semua roda sepenuhnya digerakkan motor listrik. 

“Debut all-new Nissan Kicks e-POWER di Indonesia adalah pionir dan solusi inovatif bagi konsumen yang menginginkan sensasi berkendara dan efisiensi mobil listrik, tanpa perlu repot charging,” kata Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan di Indonesia.

Seperti apa kemampuan mobil yang diklaim sarat inovasi ini, berikut lima faktanya yang berhasil dirangkum Brilio.net. 

Loading...

1. Mobil listrik yang sesungguhnya

Nissan Satu Pedal © 2020 brilio.net

Mobil yang mengusung  sistem e-POWER ini menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) (129 PS), torsi maksimum 260 Nm. Kendaraan ini memboyong baterai lithium-ion bertenaga besar sehingga pengendara bisa merasakan berkendara 100% kendaraan listrik. Tapi soal tenaga cukup mumpuni dengan akselerasi cepat, halus, torsi instan.

2. Cuma pakai satu pedal loh

Nissan Satu Pedal © 2020 brilio.net

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia

Kendaraan manual umumnya memiliki tiga pedal (gas, rem, dan kopling), sementara yang otomatis dua pedal, gas dan rem. Nah kendaraan listrik ini cukup satu pedal saja yang berfungsi sebagai pedal gas. Teknologi pintar one pedal operation, memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal yang sangat membantu saat lalu lintas ramai atau macet. Jadi pengemudi nggak terlalu capek untuk memindahkan kaki dari satu pedal ke pedal lain. One pedal operation bahkan memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

3. Teknologi mutakhir bebas khawatir

Nissan Satu Pedal © 2020 brilio.net

Pada kendaraan ini juga disematkan Nissan’s Safety Shield System termasuk teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System yang pertama di kelasnya. Fitur Intelligent Forward Collison Warning berfungsi mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan di depan pada jalur yang sama. Fitur ini akan memperingatkan pengemudi terhadap potensi tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Sementara itu, Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat sehingga dapat menghindarkan terjadinya tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri.

Teknologi canggih lain yang pertama di kelasnya adalah Intelligent Cruise Control. Fitur ini membuat kendaraan secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depannya, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh atau kemacetan pada saat berkendara dengan mengaktifkan fitur Intelligent Cruise control.

4. Kabin cukup luas

Nissan Satu Pedal © 2020 brilio.net

Kendaraan ini memadukan design signature Nissan dengan grilleV-motion yang khas, floating-roof, lampu depan LED yang futuristik dengan logo Kicks yang unik, desain two-tone exterior colordan velg 17 inci memberikan kesan modern dan berkelas pada all-new Nissan Kicks e-POWER.

SUV ini memiliki ground clearance setinggi 175 mm, sesuai untuk beragam situasi jalan di Indonesia serta kabin lega bernuansa sporty dengan warna interior hitam, kursi berlapis kulit dan kapasitas bagasi yang sangat lapang (423 liter).

5. Nih harganya

Nissan Satu Pedal © 2020 brilio.net

Kendaraan ini dibanderol Rp 449.000.000 (on the road DKI Jakarta) dan sudah bisa dipesan. Pengiriman ke konsumen dimulai Oktober 2020. Oh iya, harga tersebut sudah termasuk Nissan Care Package, layanan unggulan berupa suku cadang dan servis berkala gratis hingga 4 tahun atau 50.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu. Selain garansi kendaraan standar 3 tahun atau 100.000 kilometer, Nissan juga memberikan garansi untuk baterai lithium-iondan sistem kelistrikkan hingga 5 tahun atau 100.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu.

RECOMMENDED BY EDITOR