Brilio.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19. Kabar ini pun dikonfirmasi oleh Anies setelah mendapat hasil tes PCR atau swab yang dilakukannya pada Senin (30/11) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga terkonfirmasi Covid-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun melakukan tes di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (27/11).

Saat ini, Riza Patria sudah menjalankan isolasi mandiri. Begitu pula dengan Anies Baswedan yang dikonfirmasi positif Covid-19 setelahnya. Pihaknya pun sudah berkonsultasi ke dokter dan melakukan isolasi mandiri.

"Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12).

Berikut lima fakta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Covid-19 yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/12).

Loading...

1. Positif Covid-19 tanpa gejala.

5 fakta anies positif Covid-19 © Instagram

-© Instagram/@aniesbaswedan

Anies Baswedan melakukan tes PCR atau swab pada Senin (30/11). Ia kemudian mendapatkan hasilnya pada Selasa (1/12) dini hari.

Menerima hasil positif Covid-19, Anies lantas mengumumkan kondisinya ke publik. Ia juga menuturkan bahwa dirinya tidak mengalami gejala.

"Saat ini, kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," ucap Anies Baswedan dalam unggahan videonya.

2. Menjalankan isolasi mandiri di rumah.

5 fakta anies positif Covid-19 © Instagram

-© Instagram/@aniesbaswedan

Dalam pernyataannya, Anies mengungkapkan bahwa ia melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya. Anies juga mengikuti prosedur pengobatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh tim medis. Lalu ia pun akan tinggal secara terpisah dari keluarga dan rumah pribadinya.

3. Tetap bekerja.

5 fakta anies positif Covid-19 © Instagram

-© Instagram/@aniesbaswedan

Positif Covid-19 tanpa gejala, Anies Baswedan pun tetap bekerja sebagai Gubernur DKI Jakarta dari rumah dinasnya. Anies akan bekerja secara virtual. Pekerjaan secara virtual ini pun memang sudah dijalaninya sejak bulan Maret 2020.

"Saya akan tetap bekerja dari rumah, bekerja secara virtual, memimpin rapat-rapat secara virtual, dan memang sejak bulan Maret yang lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual," ujar Anies.

4. Meminta doa.

5 fakta anies positif Covid-19 © Instagram

-© Instagram/@aniesbaswedan

Ditengah kondisi yang dialaminya, Gubernur DKI Jakarta ini meminta doa kepada segenap masyarakat. Mengingat sang Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria juga diumumkan positif Covid-19, Anies berharap kesembuhan keduanya agar bisa kembali bekerja secara efektif di Balai Kota.

5. Meminta masyarakat untuk terus waspada.

5 fakta anies positif Covid-19 © Instagram

-© Instagram/@aniesbaswedan

Anies meminta masyarakat agar terus waspada terhadap pandemi Covid-19. Maka dari itu Anies Baswedan pun mengingatkan akan keselamatan masyarakat.

"Saya ingatkan kepada semua, bahwa COVID ini masih ada, dan bisa menghampiri siapa saja. Mari kita lebih disiplin menggunakan masker, mari kita mencuci tangan secara rutin, mari kita menjaga jarak, ikhtiar itu harus dilakukan, untuk kita sama-sama menjaga dari risiko penularan," tukas Anies Baswedan.

RECOMMENDED BY EDITOR