Brilio.net - Kabar duka tengah dirasakan oleh Bunga Citra Lestari (BCL). Suami tercintanya, Ashraf Sinclair telah mengembuskan napas terakhir pada Selasa (18/2). Ashraf Sinclair meninggal sekitar pukul 4.51 pagi. Kabar duka itu juga sudah dibenarkan oleh manajer BCL, Doddy.

Sejak Selasa pagi kediaman BCL mulai dipenuhi banyak orang. Jenazah aktor asal Malaysia itu dimakamkan di San Diego Hills, Jawa Barat.

"Iya, itu salah satu opsi (di San Diego Hills)," ungkap manajer Bunga Citra Lestari, Doddy, di rumah duka di Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sekadar diketahui, San Diego Hills merupakan salah satu area pemakaman mewah di Jakarta. Sudah ada beberapa tokoh dan selebriti yang dimakamkan di tempat ini. CEO Takis Entertainment, Oka Mahendra Putra mantan dari Awkarin misalnya. Jika ditelisik, pemakaman ini biasanya dipakai oleh orang-orang kalangan menengah ke atas.

Memiliki luas kurang lebih 502 hektare (Ha), makam ini punya beberapa fakta menarik. Berikut beberapa fakta mengenai makam San Diego Hills seperti dihimpun brilio.net dari situs resmi sandiegohills, Selasa (18/2).


1. Memiliki konsep tiga wilayah.

5 Fakta makam San Diego Hills instagram

foto: sandiegohills.co.id



Pemakaman San Diego Hills Memorial Park berada di Karawang, Jawa Barat. Apapun agama yang dianut, bisa dimakamkan di tempat ini. Area pemakaman terdiri dari 3 area besar. Dengan nuansa China, Universal (untuk agama Kristen, Buddha, dan Katolik), dan selayaknya makam agama Islam.

Untuk agama Islam sendiri, makam ini mengadopsi dari konsep 5 rukun Islam. Memiliki tanah seluas 25 Ha. Konsep makam dirancang oleh Dr Mona Siddiqui, profesor dari Glasgow University jurusan Islamic Studies and Public Understanding. Satu lagi adalah Janet Benton, seorang konsultan lansekap dari Skotlandia.


2. Harga.

5 Fakta makam San Diego Hills instagram

foto: sandiegohills.co.id



San Diego Hills Memorial punya beberapa tipe pemakaman. Terdiri dari Single Burial, Semi Private, Private, dan Peak Estate. Masing-masing tipe memiliki harga berbeda.

Tipe single burial harga mulai Rp 37 juta hingga Rp 84 juta. Untuk tipe semi private harga berkisar mulai dari Rp 224 sampai Rp 457 juta. Sedangkan tipe private dipatok harga Rp 650 juta hingga Rp 1,7 miliar.


3. Makam mewah seperti tempat wisata.

5 Fakta makam San Diego Hills instagram

foto: sandiegohills.co.id



Jika dilihat dari website dan foto-foto yang tersebar di media sosial, San Diego Hills bukan hanya pemakaman mewah melainkan bak tempat wisata. Tempatnya terlihat sangat bersih, tersusun dengan begitu rapi nan apik. Terdapat bangunan dan properti yang mendukung suasana kemewahannya.


4. Terdapat dekorasi indah.

5 Fakta makam San Diego Hills instagram

foto: sandiegohills.co.id



Kuburan yang biasanya terkesan seram atau menakutkan, berbeda halnya dengan San Diego Hills ini. Di tempat ini tak hanya tersedia pemakaman saja, melainkan properti mewah yang dapat menghilangkan kesan seram.

Mulai dari musala, kapel, restoran Italia, kolam renang, jogging track, florist dan gift shop, padang rumput asri bagi outdoor activity, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.


5. Bisa dipakai tak hanya untuk pemakaman.

5 Fakta makam San Diego Hills instagram

foto: sandiegohills.co.id



Saking luasnya wilayah San Diego Hills ini, membuatnya tak hanya dipakai untuk menguburkan jenazah saja. Melainkan juga bisa digunakan untuk pernikahan, prewedding, berenang, berenang, jalan-jalan bersama keluarga, dan lain sebagainya.