Brilio.net - Saat ini banyak selebriti yang terjun ke dalam dunia politik. Beberapa di antaranya bahkan mampu menjadi seorang pemimpin daerah, anggota DPR, dan lain sebagainya.

Salah satu artis Tanah Air yang terjun di dunia politik adalah Zumi Zola. Pada tahun 2016, Zumi Zola menjadi Gubernur Jambi.

Namun sayangnya, dunia politik justru membawa Zumi Zola ke dalam jeruji besi. Saat ini dirinya tengah menjalani proses hukum atas kasus korupsi dan pemberian gratifikasi. Zumi Zola divonis 6 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Zumi dikabarkan mengalami beberapa gangguan kesehatan selama di penjara. Berikut lima fakta kondisi kesehatan Zumi Zola di dalam penjara, dikutip brilio.net dari liputan6.com dan sumber lainnya pada Senin (5/10).

1. Mengidap diabetes.

Kondisi kesehatan zumi zola © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Zumi Zola diketahui pernah mengajukan pengobatan terkait penyakit diabetes pada tahun 2018. Karena penyakit tersebut, dirinya meminta perawatan lebih di Lapas. Saat itu Zumi Zola belum ditempatkan bersama tahanan lain.

Selama masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) di Lapas Sukamiskin, mantan Gubernur Jambi itu ditahan di ruang tahanan bagian utara bawah. Namun Zumi Zola mengajukan permohonan untuk mendapat perawatan di rumah sakit dengan alasan mempunyai penyakit diabetes.

"Kondisinya (Zumi Zola) sehat, tapi harus mendapatkan perawatan berkaitan dengan diabetes, harus disuntik insulin," kata Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto, dilansir dari merdeka.com. Tejo menilai penanganan kesehatan cukup dilakukan di poliklinik Lapas.

2. Mengalami gangguan penglihatan.

Kondisi kesehatan zumi zola © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@stharia

Karena mengidap diabetes, Zumi Zola mengalami gangguan penglihatan di dalam penjara. Namun saat mengajukan pengobatan terkait penyakit diabetes tahu 2018 lalu Zumi Zola tak mengeluhkan gangguan penglihatan karena diabetes.

3. Dikonfirmasi mantan istri.

Kondisi kesehatan zumi zola © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@stharia

Sherrin Tharia, mantan istri Zumi Zola, membenarkan bahwa mantan suaminya menderita penyakit diabetes. Melalui Instagram Stories di akun Instagram terverifikasi miliknya, Sherrin Tharia menjelaskan hal tersebut. Hanya, penyakit diabetes yang diderita Zumi Zola terjadi tahun 2018.

"Ini waktu bapak minta dibawain Alquran pada 11 April 2018 dan kalau ini sakit diabetes dan izin berobat, 26 April 2018," tulis Sherrin Tharia di Instagram Stories, Senin (5/10/2020).

4. Tak sesuai waktu kejadian.

Kondisi kesehatan zumi zola © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@stharia

Mendengar isu mantan suaminya alami gangguan penglihatan, Sherrin Tharia lalu mempermasalahkan beredarnya informasi mengenai kesehatan Zumi Zola yang dianggap tak sesuai dengan waktu kejadian.

"Tapi kenyataannya itu terjadi di tahun 2018, sedangkan kepanikan yang terjadi di masyarakat menganggap seolah-olah berita tersebut terjadi per hari ini," sambung Sherrin Tharia.

5. Terganggu kata 'kini'.

Kondisi kesehatan zumi zola © 2020 brilio.net

foto: Instagram.com/@zumizola_corner

Sherrin Tharia mengetahui sumber berita yang membahas masalah kesehatan Zumi Zola. Ia tak memungkiri itu terjadi, hanya terganggu dengan kata 'kini'.

"Saya tahu kalian pasti shock karena melihat headline berita yang menggunakan keterangan waktu KINI yang artinya menjelaskan keterangan waktu per hari ini," ia menerangkan.