Brilio.net - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba meraih pahala sebanyak-banyaknya. Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan, selain salat tarawih dan bersedekah. Tak lain tak bukan tentu saja membaca Alquran.

Selama bulan Ramadhan sebagian besar orang memang memfokuskan dirinya untuk beribadah dan mengharapkan kebaikan sebanyak-banyaknya. Meski membaca Alquran merupakan hal yang sudah wajib yang dilakukan kebanyakan orang, namun masih ada yang bertanya, apakah ia sanggup menyelesaikan 30 juz Alquran dalam satu bulan?

Jika diniatkan dan tekun, pasti selama Ramadhan kamu bisa menyelesaikan 30 juz Alquran. Tapi kira-kira gimana ya, caranya?

Berikut cara agar kamu bisa khatam Alquran selama bulan Ramadhan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/4).

-1. Menjadwalnya secara teratur.

cara khatam alquran selama ramadhan Istimewa

Loading...

foto: quranio.com

Agar terasa mudah, kamu bisa menjadwalnya secara teratur. Misalnya saja kamu bisa membaca dua halaman atau kembar usai sholat 5 waktu. Ini tidak akan memakan waktu lama dan kamu masih bisa mengerjakan pekerjaan lain.

-2. Bawa Alquran kecil ke mana saja.

cara khatam alquran selama ramadhan Istimewa

foto: themuslimtimes.info

Hal mudah lainnya adalah dengan memiliki Alquran kecil. Dengan begini kamu bisa membacanya setiap saat ketika kamu berada di manapun. Baik dalam perjalanan maupun di sela-sela kesibukan kamu. Cara ini terbilang sangat mudah dan ampuh.

-3. Menggunakan aplikasi Alquran.

cara khatam alquran selama ramadhan Istimewa

foto: play.google.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar efektif adalah menggunakan aplikasi Alquran. Selain praktis kamu juga tidak kebingungan ketika hendak membaca Alquran meski sedang tidak berada di rumah. Apalagi sekarang hampir semua orang menggunakan smartphone. Yuk, instal aplikasinya!

-4. Selesaikan satu juz dalam sehari.

cara khatam alquran selama ramadhan Istimewa

foto: muslimgirl.com

Jika kamu merasa sanggup, kamu bisa membaca Alquran satu juz dalam sehari. Bagi kamu yang sudah terbiasa, ini tidaklah sulit. Namun bagi yang baru ingin memulai mengkhatamkan Alquran mungkin agak sedikit berat. Namun jika kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya jika kamu membaca 1 juz dalam sehari.

-5. Tabung bacaan di awal Ramadhan.

cara khatam alquran selama ramadhan Istimewa

foto: independent.co.uk

Kebanyakan orang begitu semangat di awal Ramadhan, namun di akhir-akhir mulai malas dan mulai meninggalkan untuk membaca Alquran.

Untuk menghindari hal itu, selagi masih semangat di awal Ramadhan, kamu boleh menyicilnya. Perbanyak baca Alquran, agar tidak kewalahan di akhir dan tepat 30 hari kamu bisa khatam Alquran.

RECOMMENDED BY EDITOR