Brilio.net - Selama wabah corona, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengantisipasi dampak pandemi. Salah satu kebijakan yang dilahirkan adalah terkait kompensasi token listrik. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memberikan kompensasi token listrik gratis bagi pengguna listrik bersubsidi terdampak dampak corona. Kompensasi ini kembali bisa diakses pada Rabu (1/7).

Dilansir brilio.net pada Kamis (2/7) dari laman resmi PLN @pln_id, subsidi tersebut diberikan kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi (R1). Pelanggan 450 VA mendapatkan kompensasi dengan gratis tarif secara penuh.

Sementara bagi pelanggan berdaya 900 VA mendapatkan diskon tarif sebesar 50 persen. Listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu ini berlaku untuk periode April hingga September 2020, selama 6 bulan.

Nah untuk mengetahui apakah kamu termasuk golongan yang mendapat subsidi atau tidak, kamu bisa memeriksa pada pembayaran sebelumnya. Jika tercantum kode R1M pada kolom Tarif/daya golongan 900 VA itu berarti bukan subsidi dan tidak berhak mendapatkan token gratis, kecuali kode R1.

Perlu diketahui, mulai Juli 2020, pelanggan yang telah terdaftar sebagai penerima subsidi listrik gratis dapat mengklaim kompensasi tersebut melalui beberapa cara. Baik melalui laman resmi PLN, fasilitas aplikasi WhatsApp dan juga lain-lainnya.

Loading...

Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Kamis (2/7) berikut ini untuk mengetahui cara mendapat token listrik gratis dari PLN seperti dilansir dari Liputan6.com.

1. Melalui laman resmi PLN.

Cara dapat token listrik gratis © 2020 brilio.net-foto: PLN.co.id

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah melalui laman resmi PLN. Kamu bisa langsung membuka www.pln.co.id. Lalu pilih kolom Klik Stimulus Covid-19 (Token gratis/diskon). Selanjutnya kamu bisa memasukkan no ID pelanggan dan ikuti arahan pengisian kolom selanjutnya.

2. Melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Selain melalui laman resmi PLN, kamu juga memeriksa langsung melalui chating aplikasi WhatsApp resmi PLN di nomor 08122-123-123. Caranya cukup mudah, pesan pertama kirimkan ID PLN ke nomor tersebut. Kemudian kamu akan mendapatkan pesan resmi otomatis dari pelayanan dan mengikuti arahan selanjutnya.

3. Melalui aparat desa.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menuturkan cara lain. Kamu bisa mendatangi aparat desa untuk selanjutnya didaftarkan oleh petugas setempat. Aparat desa bisa mendapatkan kode token melalui website resmi atau WhatsApp.

"Pelanggan tinggal mendatangi aparat desa terdekat, nanti aparat desa ini yang akses ke web atau WA PLN," ujarnya.

4. Melalui call center PLN.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi melalui call center PLN di nomor 123. Melalui cara ini kamu akan dilayani oleh customer service PLN untuk mendapatkan kode token.

5. Melalui kantor PLN terdekat.

Dan untuk cara kelima adalah mendatangi kantor PLN terdekat dengan membawa nomor ID pelanggan. Bob Saril juga menambahkan PLN memiliki 857 kantor layanan dan 117 kantor pelayanan pusat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, bagi pelanggan pascabayar, diskon tagihan listrik bagi pelanggan 900 VA akan langsung dipotong saat penagihan. Sedangkan bagi pelanggan 450 VA tagihan listriknya otomatis Rp 0.

"Kalau untuk pelanggan pascabayar nanti diskonya ditambah lagi atau tagihannya jadi nol," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR