Brilio.net - Memiliki karier mapan menjadi dambaan sebagian orang, khususnya para fresh graduate. Namun, saat ini mendapat pekerjaan bukanlah hal mudah. Tingginya tingkat kompetisi serta minimnya lahan pekerjaan adalah salah satu pemicu sulitnya mendapat peluang karier. 

Tapi jangan patah semangat, kamu masih memiliki harapan untuk meraih karier yang diimpikan. Demi memperbesar peluang di dunia karier, tak ada salahnya menerapkan lima cara berikut ini.

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Peluang karier © 2021 brilio.net

Saat ini, kemampuan komunikasi menjadi salah satu tolak ukur penting bagi seseorang. Selain menjadi kegiatan sehari-hari, komunikasi nyatanya merupakan dasar dari berbagai keahlian lainnya seperti public speaking, marketing, dan lain sebagainya. 

Loading...

Komunikasi juga turut berkaitan dengan kemampuan kolaborasi, di mana hal tersebut amat dibutuhkan dalam sebuah tim. Dengan adanya kemampuan komunikasi yang baik, kamu diharapkan mampu beradaptasi secara optimal dalam sebuah perusahaan.

2. Mampu berbahasa asing

Peluang karier © 2021 brilio.net

Tak hanya perusahaan asing yang menerapkan bahasa Inggris dalam keseharian kerja, saat ini pekerja perusahaan nasional pun turut membutuhkan kemampuan bahasa asing. Pasalnya, saat ini ada begitu banyak perusahaan dengan kegiatan maupun kerjasama yang bersangkutan dengan warga asing. Bahkan, tak jarang perusahaan turut memiliki karyawan asal negara lain.

Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, kualifikasi sebagai calon pekerja tentu akan lebih baik dibanding pelamar lain. Bahkan, kamu pun bisa memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan internasional dengan bekal kemampuan bahasa asing. Peluang yang tak bisa disia-siakan, bukan?

3. Memiliki pengalaman bekerja

Peluang karier © 2021 brilio.net

Kamu tentu sudah tak asing dengan salah satu syarat pelamar tersebut. Tak jarang syarat "memiliki pengalaman bekerja" pun kerap mengikis semangat para pelamar, khususnya fresh graduate. Nah, kondisi ini tentu akan berbeda jika kamu memiliki pengalaman bekerja semasa dibangku kuliah.

Untuk itu, sebaiknya jangan sia-siakan waktu saat memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu di dunia kerja semasa kuliah. Ya, kini beberapa universitas memang mendorong para mahasiswanya untuk terjun langsung ke dunia profesional. Jadi, tak ada salahnya untuk mengambil kesempatan tersebut agar menjadi nilai tambah di saat pencarian kerja akan datang.

4. Punya keahlian tertentu

Peluang karier © 2021 brilio.net

Selain beberapa kemampuan di atas, kualifikasi kamu akan semakin meningkat saat memiliki keahlian tertentu. Sebagai contoh, saat melamar sebagai content writer kamu turut memiliki keahlian dalam bidang search engine optimization (SEO) atau digital marketing. Keahlian yang saling berkaitan tersebut tentu memberikan kamu nilai tambah bagi perusahaan. 

Untuk itu, sebaiknya bukalah diri kamu pada berbagai peluang ilmu. Temukan banyak minat untuk membangun keahlian baru pada diri. Tentunya, kamu tak akan merasa rugi saat memiliki keahlian lebih dibanding orang lain.

5. Memiliki gelar dari institusi pendidikan ternama

Peluang karier © 2021 brilio.net

Faktor penentu sebagai pelamar kerja yang tak dapat disingkirkan tentunya gelar. Saat memiliki gelar, kualifikasi kamu sebagai pelamar akan semakin meningkat. Jika ingin mendapat nilai tambah lagi, pastikan kamu memiliki gelar dari universitas ternama dan berkualitas. Biasanya, perusahaan tak akan ragu memilih lulusan dari universitas yang sudah terpercaya.

Kelima hal tersebut tentu bisa kamu dapatkan agar mampu memiliki peluang karir yang tinggi. Salah satunya, kamu bisa memilih Sampoerna University sebagai institusi pendidikan. Sebagai universitas internasional, kamu tentu akan memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Pasalnya, seluruh kegiatan pembelajaran di Sampoerna University menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, di masa perkuliahan mahasiswa Sampoerna University turut didorong untuk terjun ke dunia profesional melalui kegiatan internship atau magang. Dengan begitu, para lulusan akan memiliki bekal dan siap di dunia kerja sebenarnya.

Tak kalah menarik, kamu pun bisa meraih gelar ganda yang diakui dua universitas yaitu Sampoerna University dan University of Arizona. Dengan bekal kualifikasi tersebut, kamu tentu mempunyai harapan tinggi untuk meraih pekerjaan impian.

RECOMMENDED BY EDITOR