Brilio.net - Semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang terjangkit virus corona, membuat pemerintah akhirnya mengeluarkan larangan mudik. Kendati demikian, hal tersebut nyatanya tak membuat niat para pemudik surut untuk pulang ke kampung halamannya.

Alih-alih, mereka justru menemukan cara-cara unik guna mengakali adanya aturan dilarang mudik tersebut. Lebih jauh, tak sedikit pula yang malah melakukan aksi nekat agar bisa sampai di kampung halaman.

Adapun aksi-aksi nekat tersebut salah satunya ialah bersembunyi di tumpukan kerupuk. Hal tersebut dilakukan agar keberadaannya tak diketahui oleh pihak kepolisian.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (4/5), berikut 5 aksi nekat mudik saat pandemi virus corona.

1. Bersembunyi di bawah tumpukan kerupuk.

Loading...

Aksi nekat pemudik liputan6

foto: liputan6.com

Aksi nekat pemudik yang sembunyi di tumpukan kerupuk ini diketahui terjadi di Pospam Gerem Bawah, Cilegon, Banten. Pemudik yang menumpang mobil pikap bak terbuka tersebut bersembunyi di bawah tumpukan kerupuk yang ditaruh di atas bak dan ditutup terpal biru. Saat aksinya ketahuan, polisi pun meminta kendaraan tersebut untuk putar balik.

2. Bersembunyi dalam bak truk lengkap dengan mobilnya.

Aksi nekat pemudik liputan6

foto: liputan6.com

Aksi nekat dengan sembunyi dalam bak truk juga dilakukan oleh pemudik ini saat hendak pulang kampung ke Lampung Timur. Pemudik tersebut sembunyi di dalam bak kendaraan bersama dengan mobilnya. Sayangnya, aksinya itu lalu terbongkar ketika hendak melintasi pos penyekatan dan pos check point Gerem Kota Cilegon.

3. Menyewa jasa towing dan sembunyi di dalam mobil yang ditutup cover.

Aksi nekat pemudik liputan6

foto: liputan6.com

Jasa towing menjadi salah satu cara yang dipilih pemudik untuk pulang kampung. Pemudik yang nekat ini pun nekat menyewa jasa towing untuk mengangkut mobil serta beberapa penumpang yang menumpangi mobil di atas towing tersebut.

4. Menumpang truk kontainer agar bisa mudik.

Aksi nekat pemudik liputan6

foto: liputan6.com

Sebanyak 7 orang pemudik yang hendak menuju Rangkas Bitung, Lebak, Banten dengan menumpang truk kontainer tertangkap oleh petugas yang berada di check point penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang. Setelah ketahuan petugas, truk kontainer ini pun harus putar balik.

5. Bersembunyi dalam bak truk yang ditutupi oleh terpal.

Aksi nekat pemudik liputan6

foto: liputan6.com

Aksi mengelabui petugas saat mudik ini memang telah diketahui petugas yang menjaga sejumlah check point yang ada. Salah satunya ialah pemudik yang menumpang di bak truk lalu ditutupi terpal. Di tempat inilah para pemudik bersembunyi dari petugas. Alih-alih mengelabui petugas, pemudik ini pun tetap ketahuan.

"Kemarin (pagi) kita tangkap 1 (truk) di Cikarang Barat, itu dia bawa penumpang isinya 6 orang. Truk yang didesain sedemikian rupa digunakan untuk mengangkut penumpang. Jadi, truk itu dipakaikan terpal seolah-olah mengangkut barang tetapi angkut penumpang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, seperti dikutip dari Liputan6.

RECOMMENDED BY EDITOR