Brilio.net - Virus Corona tengah menjadi perhatian dunia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China kini bahkan dilaporkan telah menyebar ke beberapa negara. Hingga Minggu (26/1), 56 orang tercatat meninggal dunia di China akibat Virus Corona.

Selain itu, Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China menyatakan ada 49 pasien yang terinfeksi Virus Corona sudah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit.

Menurut Xinhua, hingga kini masih ada 2.684 pasien yang diduga mengidap penyakit infeksi paru-paru akibat Virus Corona. Total 23.431 orang yang melakukan kontak jarak dekat dengan pasien Virus Corona, kata NHC, seraya menambahkan bahwa 21.556 di antaranya sedang dalam observasi medis, sementara 325 lainnya dibolehkan pulang.

Dikutip brilio.net dari laman China Daily pada Senin (27/1), Komisi Kesehatan Kota Shanghai menyatakan, seorang perempuan 56 tahun yang terinfeksi virus baru itu telah berhasil sembuh. Ia menjadi orang pertama di Shanghai yang dibolehkan pulang dari rumah sakit sejak wabah Virus Corona merebak.

46 Orang sembuh di China  Instagram

Loading...

foto: merdeka.com

Perempuan dengan marga Chen itu tidak menunjukkan gejala penyakit karena Virus Corona selama enam hari terakhir dan ketika diperiksa dua kali ternyata benar negatif. Tim kesehatan kemudian memutuskan dia dibolehkan pulang setelah menjalani karantina.

Pemerintah China, pada Kamis 23 Januari juga mengumumkan seorang pasien perempuan berhasil sembuh dan boleh pulang dari rumah sakit setelah 15 hari dirawat. Perempuan itu diketahui tinggal di Beijing Distrik Daxing. Dia baru kembali ke Beijing dari Provinsi Hubei, pusat penyebaran Virus Corona.

Pada 8 Januari, sang pasien sempat menunjukkan gejala demam, pusing, dan lesu. Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Ditan Beijing untuk menjalani perawatan dalam karantina. Setelah didiagnosa, orang tersebut terjangkit Virus Corona, lalu dirawat dan menjalani pengobatan hingga secara bertahap kembali sehat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dia memenuhi standar untuk dibolehkan pulang.

Pasien perempuan itu adalah orang ke-35 di China yang berhasil sembuh dari Virus Corona.

Menurut statistik dari Komisi Kesehatan Nasional pada Kamis  tengah malam, sebanyak 34 pasien sudah disembuhkan dan dibolehkan pulang dari rumah sakit. Mereka adalah 31 orang di provinsi Hubei, termasuk 28 orang berada di Wuhan, dua di Shenzhen, provinsi Guangdong dan satu di Provinsi Zhejiang.

Dua pasien yang sudah sepenuhnya sembuh di Shenzhen dibolehkan pulang dari rumah sakit pada Kamis sore. Mereka adalah pria 35 tahun yang masuk rumah sakit pada 16 Januari dan bocah laki-laki 10 tahun yang masuk rumah sakit pada 11 Januari.

RECOMMENDED BY EDITOR