Brilio.net - Dalam Islam, perkawinan atau pernikahan sudah menjadi bagian dari sunnatullah, pada setiap makhluk yang bernyawa, termasuk manusia. Menikah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis, melainkan banyak makna di dalamnya. Oleh karena itu menikah merupakan hal yang dibutuhkan hampir setiap manusia.

Pernikahan sendiri menjadi ikatan dua orang untuk hidup bersama selamanya. Ada proses koneksi dari dua jiwa untuk membentuk keluarga baru. Sayangnya, banyak orang menganggap menikah merupakan pengaturan yang sangat rumit. Hingga membuat orang enggan untuk menikah. Padahal, ada beberapa alasan mengapa menikah itu penting.

Salah satu alasan menikah itu penting adalah menjadi wujud nyata dari kesatuan dua manusia. Ini menjadi pertemuan dua jiwa yang menjadi satu. Tidak hanya sekadar memberikan hidup kamu pada pasangan namun juga keluargamu. Menikah juga mengajarkan seseorang untuk saling mengasihi. Membuat hidup menjadi lebih lengkap karena ada orang lain yang selalu ada untuk kamu.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak Islami tentang pernikahan, yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi buat kamu, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (21/6).

1. "Maka nikahilah wanita-wanita lain yang halal bagi kalian untuk dinikahi; (apakah) dua, tiga, atau empat. Namun, apabila kalian khawatir tidak bisa berlaku adil (di antara para istri bila sampai kalian memiliki iebih dari satu istri), nikahilah satu istri saja atau mencukupkan dengan budak perempuan yang kalian miliki. Hal itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya." - QS. An-Nisaa’: 3.

2.  "Harta yang paling mulia adalah Lisan yang senantiasa berdzikir, Hati yang selalu bersyukur, dan lstri yang beriman yang selalu membantunya dalam keimanannya." - HR. Tirmidzi.

3. "Bertaqwalah kepada Allah dalam perkara perempuan-perempuan itu, sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanah Allah, dan halal bagi kalian kemaluan mereka dengan kalimat Allah." - HR. Muslim.

4. "Janganlah seorang laki-laki beriman membenci seorang perempuan beriman. Kalau lah ada sikap yang ia tidak sukai dari perempuan tersebut, (mesti) ada pula sikap lain dari perempuan tersebut yang ia sukai." - HR. Muslim.

5. "Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya..Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin." - HR. Bukhari  dan Muslim.

6. "Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya." - HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi.

7. "Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa. – Umar bin Khattab.

8. "Ketika sepasang suami istri memandang dengan cinta, Allah memandang mereka dengan belas kasihan."

9. "Tidak ada cinta antara dua jiwa yang lebih besar daripada cinta antara pasangan." - Tafsir Ibn Khatir 3/525.

10. "Pria memimpikan wanita yang sempurna dan wanita memimpikan pria yang sempurna dan mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." - Ahmad AlShugairi.

11. "Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna-tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketidaksempurnaan, melindungi dan mempercantik." - Yasmin Mogahed.

12. "Istri yang sholihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik hati, kendaraan yang nyaman. Dan empat termasuk kesengsaraan: istri yang jahat, tempat tinggal yang sempit, tetangga yang buruk, dan kendaraan yang buruk." - HR. Ibnu Hibban no: 4032, lihat Ash-Shahihah no: 282.

13. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu’cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir," - QS. Ar-Rum: 21.

14. "Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang shalihah." - HR. Muslim.

15. "Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya. Ketahui lah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin." - HR. Bukhari dan Muslim.

16. "Jangan menikah hanya karena didesak umur. Menikahlah kalau kamu sudah yakin bahwa dengannya surga akan lebih dekat kepadamu."

17. "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."

18. "Wanita shalihah tidak pernah takut menikah dengan lelaki yang miskin harta. Melainkan yang ditakutkan adalah menikah dengan lelaki yang miskin ilmu dan miskin tanggung jawab."

19. "Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama."

20. "Janganlah engkau menuntut pasanganmu untuk sempurna, tapi sempurnakanlah dirimu agar engkau mampu menutupi kekurangannya."

Kata-kata bijak islami tentang pernikahan penuh makna.

Menyatukan dua insan dengan karakter yang berbeda dalam suatu ikatan pernikahan memanglah tidak mudah. Pasalnya masing-masing memiliki perbedaan dari segi segala aspek. Bukan segi fisik, yaitu laki-laki maupun perempuan. Melainkan dari segi cara memperlakukan 'hidupnya' sendiri.

Kata-kata bijak islami tentang pernikahan freepik.com

foto: freepik.com


Jodoh yang ditemui dan akhirnya melenggang ke arah lebih serius atau pernikahan, tentunya perlu persiapan yang matang. Tahapan menuju mahligai rumah tangga adalah sebuah proses yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya hanya terjadi sekali seumur hidup. Jika tidak dipikirkan dengan matang dan menimbang beragam aspek, pernikahan bisa saja kandas di tengah jalan.

21. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir," - QS. Ar-Rum: 21.

22. "Tidak pernah didapati bunga-bunga cinta antara dua orang yang memadu cinta sebagaimana pada dua orang yang telah menikah." - HR. Ibnu Majah no: 1847, dishahihkan oleh Al-Albanl dalam Shohih Ibnu Majah no: 1497.

23. "Dan pergaulilah mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah SWT menjadikan padanya kebaikan yang banyak." - QS. An-Nisaa’: 19.

24. "Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar." - HR. Abu Daud no. 4800 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahihul jami’ no.1464.

25. "Tidaklah Rasulullah mencela suatu makanan sedikitpun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya.Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya)." - HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064.

26. "Menikah adalah sebuah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak engkau temui ketika ta’aruf dengannya."

27. "Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah."

28. "Menikah adalah solusi terbaik seorang pemuda, karena dengannya sempurnalah separuh agama dan perjalanan hidup."

29. "Tiada hubungan terindah seorang laki-laki dan wanita kecuali hubungan dalam pernikahan."

30. "Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah."

31. "Tiada satu pun jalan tercepat dalam mengenal sifat seseorang kecuali menikah."

32. "Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama, karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu."

33. "Sebaik-baik yang dimiliki seorang lelaki adalah istri yang setia."

34. "Seorang suami ibarat rumah. Jika engkau mematuhinya, ia akan melindungi dan mencukupi kebutuhanmu. Namun, jika engkau mengkhianatinya, maka ia akan berpaling darimu."

35. "Sekuat-kuatnya seorang suami, ia akan tetap membutuhkan seorang istri di belakangnya. Dan sepintar-pintarnya istri, ia akan tetap membutuhkan bimbingan suaminya."

36. "Jangan mengeluh ketika suami menginginkan engkau menjadi istri yang baik. Sebab, suami akan menanggung beban hisab atas dirimu di hadapan Allah."

38. "Ketika engkau membangun sebuah keluarga, ingatlah tidak ada rumah tangga tanpa ujian. Bersabar dan bersyukurlah dalam menghadapi ujian tersebut."

39. "Membangun rumah tangga ibarat sebuah perahu kecil yang harus didayung bersama-sama. Jika perahu hanya didayung oleh salah seorang di antara suami istri, maka perahu itu tidak akan mampu berlabuh ke pulau kebahagiaan."

40. "Sesungguhnya membangun sebuah keluarga memerlukan perjuangan yang panjang, namun semuanya akan terasa indah."

Kata-kata bijak pernikahan bahasa Inggris.

kata bijak islami tentang pernikahan © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Agar terlihat beda dari yang lain, kamu bisa membuat kata-kata pernikahan menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Selain kamu berikan lewat chat, kamu juga bisa memakai kata-kata cinta bahasa Inggris sebagai caption. Supaya terlihat so sweet, kamu bisa mengunggah foto atau video bareng pasangan di media sosial, kemudian jangan lupa menuliskan caption yang romantis.

41. "A great marriage isn’t something that just happens; it’s something that must be created." — Fawn Weaver

(Pernikahan yang indah bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja; itu adalah sesuatu yang harus diciptakan.)

42. "The beauty of marriage is not always seen from the very beginning but rather as love grows and develops over time." — Fawn Weaver

(Keindahan pernikahan tidak selalu terlihat dari awal tetapi lebih sebagai cinta yang tumbuh dan berkembang dari seiring waktu.)

43. "When you make the sacrifice in marriage, you’re sacrificing not to each other but to unity in a relationship." — Joseph Campbell

(Ketika kamu berkorban dalam pernikahan, kamu berkorban bukan untuk satu sama lain tetapi untuk kesatuan dalam suatu hubungan.)

44. "Many marriages would be better if the husband and the wife clearly understood that they are on the same side." — Zig Ziglar

(Banyak pernikahan akan lebih baik jika suami dan istri mengerti dengan jelas bahwa mereka berada di pihak yang sama.)

45. "A long marriage is two people trying to dance a duet and two solos at the same time." — Anne Taylor Fleming

(Pernikahan yang langgeng adalah dua orang yang mencoba menari duet dan solo pada saat yang sama.)

46. "Marriage is more than finding the right person. It is being the right person." — Unknown

(Pernikahan lebih dari sekadar menemukan orang yang tepat. Hal itu tentang menjadi orang yang tepat.)

47. "A happy marriage is a long conversation which always seems too short." — Andre Maurois

(Pernikahan yang bahagia adalah percakapan panjang yang selalu terasa terlalu singkat.)

48. "A good husband is never the first to go to sleep at night or the last to awake in the morning." — Honore de Balzac

(Suami yang baik tidak pernah menjadi yang pertama tidur di malam hari atau yang terakhir bangun di pagi hari.)

49. "Marriage is not about age; it’s about finding the right person." — Sophia Bush

(Pernikahan bukan tentang usia; hal itu tentang menemukan orang yang tepat.)

50. "Seeing your smile is happiness for me. Meanwhile, having you is the most beautiful gift in my life."

(Melihat senyummu adalah kebahagiaan bagiku. Sementara, memilikimu adalah hadiah yang paling indah dalam hidupku)

51. "What counts in making a happy marriage is not so much how compatible you are, but how you deal with incompatibility." — Leo Tolstoy

(Yang penting dalam menciptakan pernikahan yang bahagia bukanlah seberapa cocok dirimu, tetapi bagaimana kamu menghadapi ketidakcocokan.)

52. "Love does not begin and end the way we seem to think it does. Love is a battle, love is a war; love is a growing up."

(Cinta tidak dimulai dan berakhir seperti yang kita pikirkan. Cinta adalah pertempuran, cinta adalah perang; cinta adalah tumbuh)

53. "Each time you love, love as deeply as if it were forever–only, nothing is eternal."

(Setiap kali kamu mencintai, cintai sedalam-dalamnya seolah-olah selamanya—hanya, tidak ada yang abadi)

54. "Love is never lost. If not reciprocated, it will flow back and soften and purify the heart."

(Cinta tidak pernah hilang. Jika tidak dibalas, itu akan mengalir kembali dan melembutkan serta memurnikan hati)

55. "Love is composed of a single soul inhabiting two bodies."

(Cinta terdiri dari satu jiwa yang mendiami dua tubuh)

56. "Love is when imperfection being perfection."

(Cinta adalah ketika kekurangan menjadi sebuah kesempurnaan)

57. "Love is like the wind, you can't see it, but you can feel it." - Nicholas Sparks

(Cinta itu seperti angin, kita tidak dapat melihatnya, tetapi bisa merasakannya)

58. "When you know why you like someone, it's a crush. When you have no reason or explanation, it's love."

(Ketika kamu tahu kenapa kamu menyukai seseorang, itu adalah sebuah kekaguman. Ketika kamu tidak mempunyai alasan ataupun penjelasan, ini dinamakan cinta)

59. "When love feels like magic, you call it destiny. When destiny has a sense of humor, you call it serendipity."

(Ketika cinta terasa seperti sihir, kamu menyebutnya takdir. Saat takdir berubah menjadi sebuah humor, kamu menyebutnya kejutan yang menyenangkan)

60. "Keep her close to Allah. Keep him close to Allah. Together for Jannah."

(Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga)

61. "Don’t choose the one who is beautiful to the world. But rather, choose the one who makes your world beautiful."

(Jangan memilih seseorang yang cantik/tampan bagi dunia. Tapi pilihlah seseorang yang akan membuat duniamu cantik)

62. "Happiest couples in the world never have the same nature. They just have the best understanding of their differences."

(Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki)

63. "When Allah wants two hearts to meet, He will move both of them, not just one."

(Bila Allah menginginkan dua hati untuk bersatu, Dia akan menggerakkan keduanya, bukan hanya satu)

64. "Anyone can fall in love, but only the strong ones will keep it halal."

(Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal)

65. "When Allah loves you, He places the love of you in the hearts of the people whose love is worth having."

(Ketika Allah mencintaimu, Dirinya bakal menempatkan cintamu di hati seseorang yang cintanya terbukti pantas untuk dimiliki)

Kata-kata mutiara cinta islami untuk pasangan.

kata bijak islami tentang pernikahan © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@dakwahjomblo

Menjalin biduk rumah tangga, alangkah baiknya dijalani sesuai ajaran Islam. Saling menyayangi satu sama lain dan tak ingin saling melukai sesama ciptaan Tuhan.

66. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

67. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." (Khalil Gibran)

68. "Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."

69. "Aku ingin cinta yang akan berkata: "Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah".

70. "Aku akan memohon pada Allah SWT untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

71. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

72. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu."

73. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al Baqarah ayat 216)

74. "Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

75."Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

76. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

77. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

78. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istiqomah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

79. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama."

80. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

Kata-kata cinta Islami bahasa Arab.

kata bijak islami tentang pernikahan © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@bent.alfaqiroh

Manusia membutuhkan suntikan motivasi dalam hidup. Kekuatan cinta salah satu alasan kamu bisa berdiri tegap di tengah keadaan buruk.

81. "Lau arofal hubbu miqdaaro hubbie laka... latamannal hubbu an yakuuna habibati." (Kalau saja cinta tahu besarnya cintaku padamu, niscaya sang cinta akan berharap untuk menjadi kekasihku)

82. "Alhubbu kal harbi, minas sahli an tus’ilaha, walaakin minas sha’bi an tukhmidaha." (Cinta itu laksana sebuah perang, amat mudah mengobarkannya, namun amat sulit untuk memadamkannya)

83. "Arwa'u maa qad yakuunu an tasy'ura bil hubbi, wa laakinnal ajmala an yasy'ura bika man tuhibbu." (Hal terindah ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu)

84. "Uhibbuki fie kulli lahdzotin tamuuru fie hayati." (Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku)

85. "Laukaanal hubbu kalimat tuktabu lantahat aqlamie… walakinal hubbu riehun tahub." (Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berembus)