Brilio.net - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akhirnya resmi menikah dengan pujaan hatinya, Bobby Nasution. Proses akad berjalan sangat khidmat di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (8/11) pagi.

Tak cuma khidmat, acara sakral itu juga meriah dengan dihadiri berbagai tokoh-tokoh penting, mulai dari para presiden sebelum Jokowi hingga pimpinan partai politik.

Sayangnya, ada beberapa tokoh yang harus absen meski secara resmi telah diundang oleh Jokowi. Siapa saja? Berikut rangkumannya, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber.


1. Fadli Zon.

tokoh ini tak hadir meski diundang ke pernikahan kahiyang © 2017 berbagai sumber

foto: merdeka.com


Fadli Zon mengaku mendapatkan undangan langsung dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, terkait pernikahan Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Sayangnya, Wakil Ketua DPR itu harus absen karena terbang ke China untuk menjadi pembicara pada acara United Nations Convention Anti-Corruption di Wina, Austria. Meski tidak hadir, karangan bunga dari Fadli Zon tampak terpampang di acara pernikahan Bobby dan Kahiyang.


2. Prabowo Subianto.

tokoh ini tak hadir meski diundang ke pernikahan kahiyang © 2017 berbagai sumber

foto: dok. istimewa


Prabowo Subianto juga harus absen di momen sakral pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Absennya Prabowo dikonfirmasi oleh Fadli Zon.

Menurut Fadli, ketua umum partai Gerindra itu harus absen lantaran sedang berada di luar negeri.


3. Fahri Hamzah.

tokoh ini tak hadir meski diundang ke pernikahan kahiyang © 2017 berbagai sumber

foto: merdeka.com


Senada dengan Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI di Bidang Kesejahteraan Rakyat, Fahri Hamzah juga absen di pernikahan Kahiyang-Bobby meski turut diundang. Fahri mengaku tak bisa datang karena pada tanggal tersebut berbenturan dengan jadwal piket pimpinan DPR.

Sebelum hari pernikahan, Fahri sempat mengkritik pernikahan Kahiyang karena banyaknya pejabat yang diundang ke acara tersebut. Menurut Fahri, seharusnya pernikahan tersebut dirayakan secara sederhana dengan pesta kecil saja.

Terlebih, menurut dia, sempat ada surat edaran agar pejabat negara tak mengundang pejabat lebih dari 400 orang.


4. BJ Habibie.

tokoh ini tak hadir meski diundang ke pernikahan kahiyang © 2017 berbagai sumber

foto: Antara


Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengonfirmasi, BJ Habibie juga menjadi salah satu sosok penting yang harus absen di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Presiden ketiga Indonesia itu harus absen lantaran kondisi tubuh yang tidak fit sehingga tidak memungkinkan hadir di acara sakral tersebut.