Brilio.net - Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang bertempat di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat didemo ratusan massa, Selasa (21/5). Unjuk rasa tersebut merupakan reaksi massa yang tidak puas dengan hasil pemilu.

Diketahui Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2019 yang menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang dengan perolehan suara sebanyak 55,50 persen. Massa dikabarkan mulai memadati kawasan MH Thamrin sejak Selasa (21/5) siang.

Sejumlah pasukan keamanan pun terlihat sudah lebih dulu membuat barikade di sekitaran kantor Bawaslu. Namun demonstrasi yang berlangsung sepanjang hari ini mulai terjadi gesekan. Bentrokan pecah menjelang tengah malam, Selasa (21/5).

Hingga Rabu (22/5) pukul 03.00 WIB imbauan dari aparat tak juga dihiraukan sehingga tindakan represif pun dilakukan petugas. Pascabentrokan yang terjadi antara TNI-Polri dengan masa aksi 22 Mei dini hari tadi, situasi di sekitar Kantor Bawaslu terbilang cukup kondusif, Rabu (22/5) siang. 

Meski demikian hingga kini aparat masih terus bersiaga di sejumlah titik- titik kerusuhan. Di antaranya KPU, Bawaslu, Gedung DPR RI, dan Istana Negara. Selain penjagaan ketat, TNI-Polri juga banyak yang menolong dan melindungi beberapa peserta aksi 22 Mei tersebut.

Loading...

Selain itu, banyak juga sisi-sisi humanis lainnya yang dilakukan TNI-Polri dengan peserta aksi. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/5).

1. Potret seorang demonstran yang memberikan bunga kepada petugas kepolisian yang mengawal jalannya aksi demonstrasi di Depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat.

Momen humanis interaksi TNI-Polri   © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@DivHumas_Polri

2. Ada juga seorang demonstran yang membagikan untaian bunga kepada TNI.

Momen humanis interaksi TNI-Polri   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@info.tni

3. Potret saat seorang TNI memberikan oksigen atau oxycan.

Momen humanis interaksi TNI-Polri   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@info.tni

4. Potret saat TNI memberikan minum kepada demonstran yang sedang terkapar.

Momen humanis interaksi TNI-Polri   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@Twitter/@DivHumas_Polri

RECOMMENDED BY EDITOR