Brilio.net - Reuni 212 kembali di gelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (2/12). Aksi yang melibatkan peserta dari berbagai daerah ini juga dihadiri oleh sejumlah elit politik dari koalisi Prabowo Subianto. Di antara tokoh politik tersebut yakni Fadli Zon, Fahri Hamzah, Hidayat Nurwahid, hinga Anies Baswedan. Sejumlah tokoh politik juga berkesempatan untuk menyampaikan orasi maupun pidatonya di hadapan lautan peserta.

Aksi Reuni ini digelar dengan damai dan dikawal oleh ribuan personel gabungan TNI-Polri. Sejak dini hari tadi, peserta sudah memadati kawasan Monas dan menggelar salat tahajud bersama, kemudian dilanjutkan salat subuh berjamaah dan zikir. Sejumlah tokoh agama juga memberikan pidatonya di acara tersebut. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab juga menyampaikan pidato melalui rekaman video yang diputar di panggung Reuni 212.

Keamanan disiagakan di sekitar lokasi Reuni 212 demi kelancaran acara. Polri melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan akibat aksi ini.

Di antara banyaknya peserta yang hadir di Reuni 212, beberapa dari mereka datang dengan perjuangan yang mengharukan. Beberapa peserta yang hadir di Reuni 212 ini memiliki kisah unik dan tujuan yang berbeda-beda. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut 4 kisah mengharukan yang terjadi di Reuni 212.

1. Perjuangan seorang difabel untuk menghadiri Reuni 212.

Loading...

Seorang peserta asal Rangkas Bitung, Banten ini rela merangkak menyusuri jalanan Jakarta untuk menghadiri Reuni 212. Dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya, ia datang dengan tujuan untuk membela kalimat tauhid. Video ini diunggah oleh akun Twitter @MSAputra. Pria tersebut dikabarkan datang sejak Kamis (29/11) lalu untuk menghadiri reuni ini. Ia datang dengan menumpangi kereta api dari daerah asalnya.

2. Pria bertato mengumpulkan sampah di Reuni 212.

Terlihat seorang pria dengan kaus hitam dan topi hitam serta tangan bertato membantu memunguti sampah di Reuni 212. Momen pria ini mengumpulkan sampah diungah oleh akun Twitter @_apktntaj_. "Jangan lihat tatto di tangannya, lihatlah kepeduliannya thd agama dan sodara2 nya yg hadir dgn rela mengumpulkan sampah dgn wajah bangga dan bahagia..terima kasih mas, salam hotmat dr kami semua. #ReuniAkbar212diMonas," tulisnya dalam keterangan video.

3. Pasukan ungu membantu membersihkan lokasi Reuni 212.

Pasukan ungu yang terdiri dari kelompok perempuan ini datang dari Ciamis, Jawa Barat. Mereka akan membantu untuk membersihkan kawasan Monas yang menjadi lokasi Reuni 212. Potret pasukan ini dibagikan oleh pemilik akun Twitter @putrabanten80. Dalam foto-foto tersebut terlihat pasukan dengan busana serba ungu, lengkap dengan tudung caping, membawa seperangkat alat kebersihan, seperti sapu, serok dan lain sebagainya.

4. Ibu-ibu membagikan makanan untuk peserta Reuni 212.

Sejumlah peserta melakukan aksi sosial dengan membagikan makanan gratis bagi massa Reuni 212. Tak terkecuali ibu-ibu yang satu ini. Dirinya tetap membagikan makanan hingga aksi usai dilakukan. Aksi ibu ini diunggah oleh akun Twitter @Asih_Subagyo. Dalam unggahan tersebut tampak ibu-ibu membawa kantong merah dan membagikan makanan kepada peserta lainnya. "Maa Shaa Allah, ibu-ibu yang sudah Tua masih berbagi makanan saat Aksi sudah usai #ReuniAkbar212 #ReuniAkbar212diMonas," tulis pemilik akun Twitter dalam keterangan unggahannya.

RECOMMENDED BY EDITOR