Brilio.net - Sepanjang tahun 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 2.426 bencana yang terjadi dengan korban jiwa 4.231 orang meninggal dan hilang. Jika dilihat, tren bencana tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Menurut BNPB, terbanyak bencana hidrometeorologi sebanyak 2.350 bencana, mulai dari puting beliung, banjir dan tanah longsor. Sedangkan bencana geologi berjumlah 76 bencana, di antaranya letusan dan erupsi gunung.

Di penghujung tahun 2018, publik dikejutkan peristiwa Jalan Gubeng Surabaya ambles. Meski tidak masuk dalam kategori bencana alam, namun kejadian ini cukup menggemparkan. Amblesnya jalan tersebut tidak biasa karena kedalamannya sampai 20 meter.

Sebelumnya, kasus serupa sempat terjadi di beberapa wilayah Indonesia sepanjang 2018. Kasus-kasus tersebut juga tak lepas dari perhatian publik karena dianggap sangat ngeri. Berikut beberapa kasus jalan ambles di beberapa wilayah dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/12).

1. Jalan ambles di Palu-Donggala akibat gempa dan tsunami.

Loading...

Ambles istimewa

foto: Liputan6.com

Bencana alam yang terjadi di Palu, hingga kini masih menyisakan luka mendalam bagi korbannya. Gempa dan tsunami yang menerjang Palu-Donggala pada 28 September 2018, setidaknya memakan 832 korban jiwa. Sementara sisanya sekitar 540 orang alami luka berat.

Tak hanya korban jiwa, gempa dan tsunami tersebut juga mengakibatkan rumah-rumah warga runtuh dan rata dengan tanah. Sejumlah fasilitas umum rusak. Kejadian ini sungguh dahsyat, bahkan jalananm rumah dan pepohonan ambles.

2. Jalan ambles di Mandailing Natal akibat banjir besar.

Ambles istimewa

foto: Instagram/@tempatkitapeduli

Banjir dan longsor menerjang Mandailing Natal pada 8 November 2018. Bencana ini mengakibatkan jalan antar provinsi yang menghubungkan Sumatera Utara dan Sumatera Barat ambles. Banjir yang menerjang terbilang dahsyat, setidaknya ada 13 kecamatan terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Akibatnya ratusan kepala keluarga mengungsi ke desa lain, kebanyakan mengungsi di rumah sanak saudaranya.

3. Jalan ambles di Sijunjung akibat hujan lebat.

Ambles istimewa

foto: Twitter/@maifil

Jalanan lintas kabupaten yang menghubungkan Nagari Kumanis dengan Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ambles sepanjang 40 meter pada 5 November 2018. Kondisi saat itu jalanan tidak bisa dilewati kendaraan. Tak hanya itu, kondisi tanah juga bergerak. Bencana ini terjadi akibat curah hujan yang turun deras di Nagari Kumanis dan sekitarnya.

4. Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles.

Ambles istimewa

foto: Instagram/@mahfud_hdy89

Jalan Gubeng Surabaya ambles dengan kedalaman 20 meter terjadi sekitar pukul 21.49 WIB pada Selasa (18/12). Jalanan Gubeng ini merupakan jalanan protokol di Surabaya. Kejadian tiba-tiba ini seketika menggemparkan publik.

Kejadian tersebut diduga akibat pembangunan proyek rumah sakir. Pasalnya di dekat lokasi amblesnya jalanan tersebut tengah berlangsung pengerjaan proyek basement ukuran besar.

RECOMMENDED BY EDITOR