Brilio.net - Mengeyam pendidikan di luar negeri mungkin menjadi impian sebagian besar orang. Namun untuk bisa kuliah di negara lain, kamu harus mempersiapkan segala rencana secara matang. Mulai dari jurusan yang dipilih, biaya hidup di negara tujuan hingga mempersiapkan biaya kuliah yang diperlukan.   

Tujuannya agar rencana pendidikan kamu bisa berjalan sesuai yang diinginkan. Nah agar rencana berjalan efektif, lancar dan aman, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Punya tujuan dan motivasi diri yang kuat

Tips kuliah di luar negeri © 2021 brilio.net

Memutuskan mengambil pendidikan ke luar negeri tentu bukan hal sepele. Selain jauh dari keluarga, kamu pun akan menghadapi dunia baru, mulai dari budaya, aturan, hingga kebiasaan orang di negara tujuan.

Loading...

Kehidupan pendidikan pun akan jauh berbeda, jadi pastikan kamu memiliki motivasi kuat untuk kuliah. Bayangkan saja, saat kurang termotivasi dan tidak memiliki tujuan pasti, kamu bisa saja goyah saat menghadapi rintangan di luar negeri. Namun, kondisi kamu akan jauh lebih baik dengan adanya motivasi. Semangat serta pikiran positif tentu akan tetap kamu miliki saat termotivasi.

2. Kemampuan akademik dan bahasa asing yang baik

Tips kuliah di luar negeri © 2021 brilio.net

Selanjutnya, pendidikan di luar negeri tentu memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Bahkan, kebanyakan memiliki standar kualitas yang cukup tinggi. Untuk itu, pastikan agar nilai akademis kamu mampu memenuhi kualifikasi universitas tujuan. Memiliki berbagai prestasi pendukung ataupun pengalaman berorganisasi pun bisa jadi nilai tambah untuk kamu.

Tak hanya itu, kemampuan bahasa asing pun menjadi tolak ukur wajib saat memilih universitas di luar negeri. Mulai dari berbicara, mendengar, hingga menulis esai merupakan beberapa kategori dasar dalam mengukur kemampuan bahasa asing kamu. Setiap universitas pun mempunyai kualifikasi masing-masing, seperti tes TOEFL, IELTS, dan masih banyak lagi.

3. Persiapan biaya yang matang

Tips kuliah di luar negeri © 2021 brilio.net

Satu hal yang pasti ketika memilih kuliah di luar negeri adalah kesadaran akan biaya yang berlipat. Kamu bukan hanya perlu menyiapkan biaya kuliah, melainkan biaya dokumen pendukung, biaya hidup, biaya transportasi, dan masih banyak lagi. Masing-masing biaya pun perlu dikalkulasi dengan mata uang setempat yang mungkin jauh lebih tinggi dibanding nilai dalam negeri.

Kemampuan biaya tentu menjadi hal yang tidak dapat diganggu gugat karena menyangkut setiap proses untuk kuliah di luar negeri. Jika dirasa berat, kamu pun memiliki beberapa alternatif seperti mencari beasiswa atau memilih universitas internasional. Tentunya, pilihan yang tidak akan mengurangi nilai kamu saat opsi kuliah di luar negeri masih jauh dari jangkauan.

4. Memilih jalur yang tepat

Tips kuliah di luar negeri © 2021 brilio.net

Dalam menentukan universitas di luar negeri kamu bisa melalui beberapa jalur, seperti pribadi, beasiswa maupun melalui universitas internasional. Khusus jalur universitas internasional, kamu tentu akan diberi kemudahan untuk mencapai impian berkuliah di luar negeri.

Sebab universitas internasional tentu memiliki program khusus bagi mahasiswanya. Selain itu, universitas internasional layaknya Sampoerna University juga telah memiliki kerjasama dengan puluhan institusi pendidikan di luar negeri.

Khusus di Sampoerna University, ada beberapa program yang dapat kamu pilih yaitu dual degree maupun melanjutkan kuliah di luar negeri. Kedua pilihan tersebut akan memungkinkan kamu agar bisa diakui sebagai lulusan luar negeri.

Kalau begitu, sudahkah kamu mempersiapkan hal-hal tersebut? Jika belum, segera lakukan dan persiapkan dirimu dengan optimal ya. Semangat mengejar impianmu!

RECOMMENDED BY EDITOR