Brilio.net - Wabah virus Corona yang merebak dari China hingga ke negara-negara sekitarnya memang cukup membuat khawatir. Di Indonesia sendiri sempat ada kabar beberapa orang yang diisolasi untuk diperiksa lebih lanjut terkait dugaan terinfeksi virus tersebut.

Hebohnya kasus ini juga cukup membuat ramai di linimasa media sosial. Banyak kabar berupa foto dan video yang diunggah dan dikaitkan dengan kejadian memilukan ini. Itu membuat banyak kabar hoaks atau berita bohong yang juga disebarkan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Beberapa waktu lalu sempat beredar empat foto yang diunggah oleh warganet yang berbeda di media sosial yang berbeda dikaitkan dengan virus Corona. Dalam unggahan status tersebut, disebutkan kalau virus ini sudah sampai ke Indonesia dan sudah memakan korban.

hoaks virus corona foto di indonesia © Twitter/@anjarisme

foto: Twitter/@anjarisme

Loading...

Namun belum lama ini, Kepala Opini Publik Biro Komunikasi Kemenkes, Anjari Mars mengunggah fakta di balik foto-foto tersebut. Lewat akun Twitter pribadinya, Anjari menyatakan kalau foto-foto tersebut adalah hoaks. Kejadian pada foto itu benar terjadi, namun tidak ada kaitannya sama sekali dengan virus Corona.

Berikut ini penjelasan Anjari Mars terkait foto-foto yang viral, seperti brilio.net lansir dari akun Twitter pribadinya @anjarisme, Senin (3/2).

1. Seseorang disebut korban virus Corona tumbang di Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Anjari, orang yang kolaps di Bandara Soekarno-Hatta tersebut adalah calon jemaah umrah. Peristiwa ini terjadi pada 26 Januari 2020 lalu. Calon jemaah umrah ini baru tiba dari Lampung dan akan terbang menuju ke Jeddah.

hoaks virus corona foto di indonesia © Twitter/@anjarisme

"Sedang diberikan pertolongan oleh dokter, tapi nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia," tulis Anjari.

2. Foto penumpang pesawat yang dikaitkan dengan virus Corona.

hoaks virus corona foto di indonesia © Twitter/@anjarisme

Dijelaskan Anjari kalau pesawat ini mendarat darurat di Manila, Filipina karena ada penumpang yang sakit. Penumpang tersebut meninggal akibat serangan jantung. Peristiwa terjadi pada 27 januari 2020.

"Petugas KKP Soetta melakukan pemeriksaan ke dlm pesawat, semua penumpang diperiksa suhu dan diberi HAC," ujar Anjari.

3. Klaim tujuh penumpang pesawat dari China positif virus Corona saat masuk ke Indonesia.

Anjari mengungkapkan kalau foto tersebut memang diambil di pesawat yang baru mendarat di Manado dari China. Pada foto itu dijelaskan kalau petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan sesuai prosedur. Namun tidak ada satu penumpang pun yang dinyatakan positif virus Corona dari pemeriksaan tersebut.

hoaks virus corona foto di indonesia © Twitter/@anjarisme

"Pemeriksaan standar apalagi dalam situasi merebaknya wabah #viruscorona. Tidak ditemukan kasus #coronavirus," ujarnya.

4. Foto seseorang yang sedang berbaring dengan mengenakan selang oksigen.

hoaks virus corona foto di indonesia © Twitter/@anjarisme

Seseorang yang ada di foto ini juga sempat diklaim sebagai korban virus Corona. Namun Anjari membenarkan kalau orang yang berbaring dan mengenakan selang oksigen tersebut hanya petugas bandara yang kelelahan. Tidak ada kaitannya dengan virus Corona.

"Kemudian diberi oksigen, obat dan istirahat. Karyawan tersebut telah pulih. Kejadian tanggal 26 Januari 2020," ungkap Anjari.

RECOMMENDED BY EDITOR