Brilio.net - Selama masa pandemi Covid-19, pola belajar siswa dilakukan secara daring. Cara ini bagi sebagian siswa dinilai cukup membingungkan. Maklum, mereka yang biasa belajar tatap muka, tiba-tiba dihadapkan pada materi yang disampaikan secara jarak jauh.

Namun, di era digital seperti sekarang sebenarnya para siswa bisa memanfaatkan platform pendidikan atau aplikasi pembelajaran seperti Zenius, Ruangguru, Kelas Pintar. Bahkan saat ini sejumlah sekolah juga sudah membuka layanan ini seperti Sampoerna Academy yang sering menggelar kelas open house untuk layanan belajar tambahan.

Nah buat para orangtua sebaiknya memilih platform pendidikan yang cocok untuk sang buah hati untuk tambahan belajar. Apalagi saat ini banyak siswa yang lebih suka belajar lewat layanan online ini ketimbang streaming dari sekolah mereka. Malah ada juga layanan ini yang gratis. Jadi para orangtua tidak perlu bingung lagi soal biaya.

Jika merasa pembelajaran kelas online anak kurang ataupun ada pertanyaan yang tidak jelas, aplikasi pendidikan bisa jadi solusi. Semakin banyak resource belajar anak yang bisa dimanfaatkan, makin baik juga proses belajar mereka. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan sejumlah website atau aplikasi untuk keperluan tambahan balajar.

Di era canggih sekarang ini, tidak sedikit platform belajar online yang memberikan layanan yang inovatif untuk belajar. Berikut beberapa konten pada platform pendidikan yang bisa dijadikan materi untuk belajar.

1. Artikel materi yang ringkas

4 Manfaat menggunakan aplikasi belajar online © 2021 brilio.net simplilearn.com

Beberapa aplikasi belajar sering memberikan infografis ataupun artikel singkat tentang materi. Penjelasan dari page website bisa diakses mudah dan pastinya singkat. Karena tidak terlalu panjang, para siswa tidak akan malas membaca dan bisa lebih mudah menyerap informasinya.

Tentu saja beberapa konsep yang sulit, kurang efektif jika dijelaskan dalam bentuk artikel ringkas. Tapi selama ada link pada berbagai penjelasan yang lebih detail, siswa bisa ikuti link tersebut. Lewat cara ini, siswa bisa melakukan research mandiri tentang topik yang ingin diperdalam tanpa harus bergantung pada guru.

2. Modul dan material belajar

4 Manfaat menggunakan aplikasi belajar online © 2021 brilio.net irvinestandard.com

Materi dari sekolah tentu sudah banyak, tapi terkadang hal ini kurang bagi para siswa. Untuk memastikan bisa dapat materi lebih mudah, akses saja layanan aplikasi belajar online. Layanan aplikasi untuk belajar online selama pandemi banyak yang memberi materi gratis.

Materi ini bisa berupa e-book, video dan bahkan aplikasi belajar. Sumber pembelajaran dari website biasanya lebih ringkas dan dibahas dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Menggunakan metode bimbel, siswa pasti lebih mudah memahami materi.

3. Quiz

4 Manfaat menggunakan aplikasi belajar online © 2021 brilio.net

theconversation.com

Untuk memastikan mengerti benar soal materi, kamu bisa coba ambil quiz pada aplikasi tersebut. Materi quiz bisa diakses gratis dan bahkan langsung dinilai. Kebanyakan aplikasi belajar dengan layanan ini akan memberikan penjelasan di akhir quiz. Jadi jika salah menjawab, para siswa tahu kesalahannya.

Walaupun layanan ini baik, pastikan dulu materi quiz sudah sesuai dengan materi yang diterima siswa. Jika quiz menanyakan pertanyaan di luar materi, tentu siswa akan kesulitan menjawab. Tapi biasanya info materi pada quiz bisa diakses mudah jika ingin belajar sebelum menjawab.

4. Kelas online

4 Manfaat menggunakan aplikasi belajar online © 2021 brilio.net theeducatoronline.com

Aplikasi belajar online juga sering membuka layanan kelas online gratis. Walaupun kelas online merupakan layanan belajar, pandemi ini membuat kebutuhan kelas online makin dicari. Kamu bisa coba datang ke Sampoerna Academy untuk lihat contoh kelas open house yang bisa ditonton.

Kelas online dari sekolah standar internasional ini akan sangat membantu para siswa yang kurang mendapatkan materi dari kelas mereka. Kelas ini bisa diambil untuk beberapa mata pelajaran setiap minggu. Bagi yang ingin lebih serius belajar, akses ini sangatlah baik.