Brilio.net - Ramadan tahun ini akan segera selesai. Umat muslim saat ini sedang menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar umat boleh jadi merasa sedih karena tanpa terasa, berbagai momen Ramadan akan segera dilalui. 

Yang membuat suasana makin sedih, mereka tak bisa merayakan hari kemenangan tersebut bersama sanak saudara di kampung halaman. Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik. Tentu saja kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

Nah sekadar kilas balik dipengujung Ramadan tahun ini, nggak ada salahnya kita memutar kembali berbagai aktivitas yang dilakukan sepanjang menjalankan ibadah puasa di tahun yang penuh tantangan ini.

Mulai dari urusan tradisi ngabuburit sambil berburu takjil, sampai menjalankan gaya hidup digital bernuansa Ramadan. Berikut empat aktivitas yang sering dilakukan masyarakat, terutama anak muda selama menjalankan ibadah puasa tahun ini.

1. Dengerin podcast

4 Aktivitas Ramadan © 2021 brilio.net instagram @bankbri_id

Menyaksikan dan mendengarkan podcast merupakan salah satu aktivitas yang kerap dilakukan anak muda sepanjang Ramadan. Apalagi jika podcast tersebut menyajikan konten-konten menghibur serta mendidik.

Ya misalnya saja podcast #BRIbuKebaikan di akun instagram @bankbri_id yang menampilkan komedian Abdur dan Dzawin.  Dalam podcastnya, Dzawin kerap mengingatkan Abdur yang suka laper mata sebelum waktu berbuka.

Ini adalah kebiasaan yang dialami sebagian besar masyarakat selama berpuasa. Sebelum berbuka banyak orang yang laper mata.  Apa saja ingin dibeli. Nah pas buka, nggak bisa termakan semua. Alhasil, cuma jadi pemborosan.

4 Aktivitas Ramadan © 2021 brilio.net

Ada juga cerita Dzawin yang mengingatkan Abdur soal sedekah. Menurut Abdur, bersedekah hanya bermanfaat untuk satu pihak saja. Tapi, Dzawin menjelaskan kalau bersedekah juga bisa membawa berkah dan nikmat untuk orang sekeliling kita. Dengan pengemasan komedi, pesan dari podcast ini juga mudah dipahami dan nggak terkesan menggurui.

2. Ikut kelas dan webinar gratis

4 Aktivitas Ramadan © 2021 brilio.net instagram @lingkaran

Karena Ramadan tahun ini masih diselimuti pandemi, banyak aktivitas yang terpaksa dilakukan secara daring. Meski dalam kondisi serba sulit, tapi semangat tetap harus dijaga.

Alasan ini pula yang membuat sebagian anak muda berpikir positif untuk tetap produktif. Banyak dari mereka yang memilih mengikuti kelas dan webinar gratis bersertifikat sambil menunggu waktu berbuka. Ada yang belajar digital marketing, UI/UX, atau bidang lain yang cocok untuk mengembangkan keterampilan.

3. Memanjakan diri, saatnya me time

4 Aktivitas Ramadan © 2021 brilio.net instagram @iqiyi_indonesia

Selain melakukan aktivitas yang bersifat religi, tidak jarang anak muda juga memanjakan diri mereka selama berpuasa. Bagi mereka, Ramadan juga menjadi momen yang pas untuk memanjakan diri (me time). Ada yang memilih nonton melalui streaming video seperti Netflix.

Ada juga yang menyaksikan drama Korea (drakor) bareng teman dan keluarga sambil ngabuburit. Selain menyenangkan untuk dijalani bersama, waktu untuk berbuka pun nggak terasa cepat tiba. Nah bagi para penikmat drakor, berbagai series pilihan atau anime, umumnya memanfaatkan platform streaming video seperti iQiYi dan layanan streaming resmi yang gratis.

4. Jajal bikin takjil

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tasyi Athasyia (@tasyiiathasyia)

Satu lagi aktivitas yang kerap dilakukan masyarakat saat Ramadan, berburu takjil. Jajanan pasar dan minuman segar kerap menjadi pilihan. Malah ada yang beranggapan nggak afdol saat berbuka tanpa menyantap jajanan pasar. 

Tapi jika dilakukan selama sebulan penuh selama berpuasa, bisa bikin kantong jebol juga. Makanya nggak heran jika banyak orang yang akhirnya berusaha membuat takjil sendiri. Apalagi saat ini banyak tayangan di media sosial serta platform video seperti Youtube yang menyajikan konten resep-resep masakan sederhana misalnya kanal youtube Willgoz, Tasyi Athasyia, dan Youtuber kuliner lain.