Brilio.net - Konsep smart city semakin gencar digaungkan di Indonesia. Terlebih pemerintah melalui sejumlah kementerian dan lembaga telah mengampanyekan gerakan menuju 100 Smart City, sebuah program yang bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun masterplan smart city agar lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Program ini pula yang menjadi salah satu perhatian Telkomsel. Baru-baru ini, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu mengumumkan kolaborasi dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk bersinergi mengembangkan konsep smart city melalui sejumlah solusi telekomunikasi berbasis digital.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) unit Small Medium Enterprise Management Telkomsel bersama Bupati Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara di Jakarta, Senin (28/10).

Telkomsel Smart City © 2019 brilio.net

VP Small Medium Enterprise Telkomsel Seow Chuen Yong (tengah), GM SME Sales Management East Area Telkomsel Handoyo Hadi (paling kanan) bersama Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (ketiga kanan) didampingi Wakil Bupati Thariq Modanggu (ketiga kiri) beserta management Telkomsel dan Pemda Gorontalo usai penandatangan kolaborasi Telkomsel dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk bersinergi mengembangkan konsep smart city di Jakarta (28/10). 

Loading...

Vice President Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Telkomsel untuk dapat menghadirkan solusi smart city di sejumlah daerah yang berada di naungan pemerintahan Provinsi Gorontalo.

“Kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen Telkomsel untuk dapat aktif berperan serta membantu pemerintah dalam mengakselerasikan negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna,” ujar Nicholas.  

Lebih lanjut ia menjelaskan, menghadirkan solusi smart city yang komprehensif dan memiliki dampak berkelanjutan merupakan harapan Telkomsel dengan didasarkan pada komitmen untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui perluasan implementasi teknologi digital di berbagai lini pemerintahan.

“Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan sejumlah Pemda di Provinsi Gorontalo ini dapat menginspirasi daerah lainnya untuk dapat menerapkan teknologi digital untuk mewujudkan visi Digital Nation yang telah dicanangkan pemerintah,” imbuh Nicholas.

Seperti apa ya solusi yang diimplementasikan Telkomsel dalam mewujudkan smart city bersama tiga Pemda di Provinsi Gorontalo tersebut? Berikut tiga solusi yang akan diimplementasikan.

1. Fleet Management, bisa meningkatkan efektivitas kendaraan operasional

Solusi fleet management yang dihadirkan untuk Pemda-Pemda di Provinsi Gorontalo menggunakan Telkomsel FleetSight yang merupakan bagian dari solusi Internet of Things (IoT) dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise. Telkomsel FleetSight merupakan solusi untuk mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan.

Teknologi ini mampu memberikan informasi seperti pilihan rute, rekomendasi jam operasional kendaraan, hingga mengukur batas kecepatan, yang terintegrasi dengan sistem perusahaan sehingga bisa diperbarui secara real-time. Telkomsel FleetSight juga membuat kendaraan dapat lebih ramah lingkungan karena mampu mengurangi emisi hasil pembakaran.

Pemda di Provinsi Gorontalo yang terlibat akan memanfaatkan layanan solusi IoT Telkomsel FleetSight untuk mendukung operasional armada pengangkut sampah yang ada di sana. Dengan implementasi tersebut, Telkomsel FleetSight dapat membantu Pemda dalam meningkatkan efektifitas kendaraan operasional angkutan sampah, baik itu melalui rute yang ditempuh, konsumsi bahan bakar, dan pemeliharaan suku cadang, sekaligus dapat meningkatkan produktivitas pengendara.

2. Smart Tax, dapat meningkatkan PAD nih

Dalam menghadirkan solusi smart tax bagi Pemda Gorontalo, Pemda di Provinsi Gorontalo akan mendapatkan dashboard yang mampu memantau siklus pembayaran para Wajib Pajak. Solusi smart tax ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menutup kemungkinan terjadinya penggelapan pajak.

3. Platform Pelaporan Masyarakat, bisa mendengar aspirasi rakyat

Dalam menghadirkan solusi platform pelaporan bagi masyarakat untuk Pemda-Pemda di Provinsi Gorontalo, Telkomsel menghadirkan solusi yang bertujuan untuk menampung seluruh program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mengkomunikasikan aspirasi masyarakat yang disampaikan bagi Pemda.

Melalui visualisasi menggunakan dashboard smart city, masing-masing Kepala Daerah dapat memonitor kendala yang timbul, penyelesaian masalah, serta sudah sejauh mana progresnya berlangsung dengan lebih efisien. Selanjutnya, untuk memastikan dilakukannya penindaklanjutan aspirasi masyarakat oleh OPD, seperti di level kelurahan, maka diberikan solusi konektivitas berupa paket internet Telkomsel Flash Revamp khusus korporasi yang dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel dan telah dilengkapi dengan perangkat mobile wi-fi (MiFi).

RECOMMENDED BY EDITOR