Brilio.net - Peristiwa yang terjadi di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sejak Selasa (21/5) hingga Rabu (22/5) kemarin masih menjadi sorotan publik. Unjuk rasa yang tersebut merupakan reaksi masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilu 2019.

Sejumlah pasukan keamanan pun sudah lebih dulu membuat barikade di sekitar kantor Bawaslu sebelum massa aksi mulai berdatangan. Awalnya aksi massa berlangsung kondusif, kooperatif, dan damai. Bahkan koordinator lapangan aksi meminta mereka diizinkan berbuka bersama, salat magrib dan tarawih berjamaah.

Usai itu, sesuai kesepakatan yang telah disetujui bersama, peserta massa aksi membubarkan diri pada pukul 21.00 WIB. Kerusuhan mulai terjadi pada pukul 23.00 WIB. Massa beraksi anarkistis dan provokatif.

Hingga pukul 03.00 WIB imbauan dari aparat tak juga dihiraukan sehingga tindakan represif pun dilakukan petugas. Pascabentrokan yang terjadi antara TNI-Polri dengan masa aksi 22 Mei hingga Rabu (22/5) siang kemarin terbilang cukup kondusif.

Namun kendati demikian, petugas kepolisian masih berjaga di sekitar lokasi hingga Kamis (23/5) pagi ini. Hal ini untuk memastikan jika massa benar-benar telah meninggalkan lokasi.

Loading...

Selain unjuk rasa, ada beberapa momen aktivitas warga yang mencuri perhatian saat aksi 22 Mei tersebut. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/5).

1. Jualan kopi di tengah aksi 22 Mei.

Akun Twitter @UncleDimas membagikan momen yang tak biasa saat aksi terjadi di depan Kantor Bawaslu. Dalam video yang diunggah oleh akun tersebut tampak seorang pedagang kopi melewati depan Kantor Bawaslu sambil membawa barang daganganya. Aksinya tersebut mendapat sorotan warganet.

"Selow banget ya. Sampe tak putar berkali kali," tulis akun @yuniarinukti.

"Bukti jihad sesungguhnya. Bila bapak penjual sepeda itu baca twit saya ini, titip salam untuk keluarga bapak. Oh iya, semoga lancar barokah untuk usahanya Pak," tambah akun @NurAziz_.

2. Menyapu jalan di tengah kerusuhan aksi 22 Mei.

Selain pedang kopi, ada lagi peristiwa tak biasa terjadi. Saat kerusuhan terjadi, tampak petugas kebersihan sedang menyapu beberapa sampah yang berserakan yang ada di sekitar lokasi. Petugas kebersihan tersebut tampak santai menyapu jalanan seolah menghiraukan apa yang tengah terjadi saat itu.

3. Tetap jualan bakso meski terjadi kerusuhan.

Peristiwa tak biasa saat aksi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@awreceh

Peristiwa biasa lainnya adalah saat ada pedagang bakso yang tetap berjualan meski terjadi kerusuhan. Dalam foto tersebut tampak seorang pedagang bakso sedang melayani pembelinya.