Brilio.net - Drama pemilihan menteri Kabinet Indonesia Maju selesai sudah. Pagi tadi, Rabu (23/10), Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya bekerja lima tahun ke depan. Selain mengumumkan nama-namanya, Jokowi juga menjabarkan pos tempat mereka bertugas.

Sejak Senin hingga Selasa kemarin, Jokowi memanggil nama-nama yang akan diplot di kursi menteri. Beberapa nama ada yang gugur, lainnya berhasil menduduki posisi tersebut. Tak ketinggalan juga beberapa nama baru dari profesional yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia.

Menariknya, ada beberapa kementerian yang punya nama baru pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 ini. Dari 38 nama, ada sejumlah kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur atau perubahan nama. Kementerian itu digabung dan mendapat tugas tambahan.

Berikut ini deretan kementerian yang punya nama baru di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin, seperti brilio.net lansir dari merdeka.com pada Rabu (23/10).

1. Kementerian Kemaritiman dan Investasi.

Loading...

3 kementerian punya nama baru © merdeka.com

foto: merdeka.com

Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai Menteri Kemaritiman dan Investasi dalam Kabinet Indonesia Maju. Ini penggabungan dari bidang maritim dan investasi. Sebab, sebelumnya di periode pertama Jokowi, kementerian ini bernama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Sebelumnya, Luhut sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia di Kabinet Kerja Jokowi-JK.

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

3 kementerian punya nama baru © merdeka.com

foto: merdeka.com

Wishnutama ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Kementerian ini merupakan penggabungan antara Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif. Sebelumnya, Wishnutama dikenal sebagai produser televisi swasta Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Trans 7, Trans TV dan pendiri dan komisaris utama Net TV.

3. Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional.

3 kementerian punya nama baru © merdeka.com

foto: merdeka.com

Presiden Jokowi menunjuk Bambang Brodjonegoro sebagai Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional. Nama kementerian ini mengalami perubahan dan penambahan tugas baru. Sebab sebelumnya kementerian ini bernama Menristekdikti. Sementara Badan Riset Inovasi Nasional adalah tambahan tugas dan nama baru. Sebelumnya, Bambang sempat menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia di Kabinet Kerja era Jokowi-JK.

RECOMMENDED BY EDITOR