Brilio.net - Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 memang merupakan salah satu festival yang menjadi agenda rutin Yogyakarta setiap tahunnya.

Tahun 2016 ini perhelatan seni dan budaya ini telah digelar selama 18 hari sejak 23 Agustus lalu dan bertempat di Taman Kuliner, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Dan penutupannya telah dilaksanakan tadi malam, Jumat (9/9).

Dalam laporannya, Ketua Panitia FKY 28 Ishari Sahida menjelaskan untuk tahun ini FKY didukung 208 orang panitia dan relawan, diikuti lebih dari 225 seniman, baik pertunjukan, sastra, maupun seni rupa.

Sementara untuk Pasar Seni FKY diikuti oleh 132 stan yang terdiri dari 47 stan kuliner dan 85 stan kreatif, dengan omzet sampai 8 September kemarin tercatat mencapai Rp 1,904 miliar yang diperoleh dari 183.722 pengunjung.

fky ditutup © 2016 brilio.net

Adapun pendapatan yang diperoleh dari 11 kantong parkir yang berada di sekitar taman kuliner memperoleh pendapatan sebesar Rp 101 juta lebih. Tapi lebih dari itu ada hal yang lebih berharga dari pencapaian dalam wujud angka-angka tersebut di FKY 28 ini.

fky ditutup © 2016 brilio.net

"Saya harap ke depannya pelaksanaan FKY memberikan nuansa yang lebih baik dari sekarang dan jadi evaluasi bersama-sama untuk atur strategi FKY 29 selanjutnya," tutur Drs. Umar Priyono, M.Pd selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY seperti dilansir brilio.net dari rilis yang diterima Sabtu (10/9).

fky ditutup © 2016 brilio.net

Selain acara penyerahan piala pada para pemenang lomba yang digelar selama kegiatan ini, malam penutupan festival yang telah menginjak tahun ke-28 ini dihiasi pula dengan cokekan dari Paguyuban Seni Budaya Al-Barokah, tarian tradisi dan kontemporer, serta bintang tamu Drs. Susilo Nugroho atau yang lebih akrab dikenal sebagai Den Bagus Ing Ngarso bersama Rini Widyastuti dan Jon Dayat.

fky ditutup © 2016 brilio.net

fky ditutup © 2016 brilio.net

Berikut video salam perpisahan dari seluruh panitia FKY 28, dijamin bikin terharu.