Brilio.net - Ilmu manajemen menjadi salah satu bekal yang penting untuk dimiliki semua orang. Dengan memahami ilmu manajemen kamu bisa menjadi lebih mudah dalam mengatur banyak hal.

Mulai dari waktu, jadwal, hingga pendapatan bisa dikelola dengan ilmu manajemen. Apalagi dalam bidang pemasaran, ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

Manajemen pemasaran yang tepat bisa membuat kita jadi pebisnis sukses, karena lebih tepat dalam melangkah untuk mengembangkan usahanya. Manfaatnya pun juga bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Pemasaran merupakan sebuah proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Dalam praktiknya, manajemen pemasaran penting untuk kamu lakukan terutama untuk para pengusaha.

Namun sebelum mempraktikkannya, kamu bisa memahami pengertian manajemen pemasaran dari para ahli. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam memahami dan mengimplementasikannya. Apa saja?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/4), berikut 17 pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, jelas dan lengkap.

Pengertian manajemen pemasaran © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

-1. Pengertian manajemen pemasaran menurut Kotler & Keller.

a. Manajemen pemasaran diartikan sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

b. Manajemen pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang menguntungkan perusahaan, dan juga dapat diartikan sebagai ilmu memilih pangsa pasar supaya dapat menciptakan nilai pelanggan yang unggul.

-2. Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association.

Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

3. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler/Armstrong.

Manajemen pemasaran ialah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta  pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

4. Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma.

Manajemen Pemasaran ialah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun bagian di pemasaran.

5. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip William J Shultz.

Manajemen pemasaran ialah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

6. Pengertian manajemen pemasaran menurut John W Mullins.

Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan program, yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide-ide yang di rancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

7. Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R Dickson.

Manajemen pemasaran adalah kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.

8. Pengertian manajemen pemasaran menurut William J Stanton.

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan suatu pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

Pengertian manajemen pemasaran © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

-9. Pengertian manajemen pemasaran menurut Boyd, Walker, Larreche.

Manajemen pemasaran merupakan suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

10. Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi.

Manajemen pemasaran ialah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.

11. Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri.

Manajemen pemasaran adalah kegiatan aktivitas menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan serta mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan serta peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi serta pendistribusian produk tersebut, menetapkan harga serta mentransaksikannya. Dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya serta sekaligus dapat mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka panjang.

12. Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha.

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program-program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

13. Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi.

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama.

14. Pengertian manajemen pemasaran menurut Dharmmesta & Handoko.

Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan agar perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Suatu kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika ingin usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

15. Pengertian manajemen pemasaran menurut Daryanto.

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

16. Pengertian manajemen pemasaran menurut Suparyanto & Rosad.

Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi dari produk, jasa dan gagasan yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

17. Pengertian manajemen pemasaran menurut Ben M Eniy.

Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

RECOMMENDED BY EDITOR