Brilio.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah menjalankan lawatan perdamaian di dua negara, Ukraina dan Rusia. Pada Rabu (29/6) kemarin, Jokowi bersama rombongan dari Indonesia telah sampai di Kyiv, Ukraina. Perjalanan dari Stasiun Przemysl Glowny di Polandia ke Stasiun Central Kyiv memakan waktu 11 jam.

Presiden Jokowi menaiki Kereta Luar Biasa yang telah disiapkan pemerintah Ukraina. Jokowi menjadi presiden negara Asia pertama yang menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy semenjak perang berkecamuk. Dalam kunjungan ini, Jokowi menyampaikan misi perdamaian.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, saya tidaklah sekadar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina. Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula," tulis potongan caption dalam unggahan foto di akun resmi Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengundang Presiden Zelenskyy untuk hadir ke KTT G20 di Indonesia mendatang. Berikut momen Presiden Jokowi ke Ukraina dilansir brilio.net dari Instagram @jokowi pada Kamis (30/6).

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR