Brilio.net - Tes CPNS 2018 dari berbagai intansi dan lembaga pemerintah masing berlangsung. Pelaksanaan dari tes masuk untuk menjadi abdi negara mendapat animo tinggi masyarakat. Warga yang memenuhi syarat berbondong-bondong untuk mengikuti tes pelaksanaan CPNS.

Pelaksanaan tes ini membawa banyak cerita. Banyak kisah unik terjadi. Mulai dari peserta yang melahirkan usai mengikuti tes hingga ada yang ketahuan membawa jimat.

Dalam aturan yang sudah ditetapkan, peserta dilarang membawa apa pun. Penjagaan ketat berlangsung selama tes. Bahkan ada pemeriksanaan sebelum peserta memasuki ruang ujian. Peserta yang ketahuan membawa jimat, terpaksa petugas harus menyita jimat tersebut.

Kisah-kisah unik ini mendapat perhatian warganet usai di unggah ke akun Twitter @BKNgoid. Beragam komentar disampaikan warganet dalam menanggapi setiap kasus.

Berikut ini kisah-kisah unik peserta selama mengikuti tes CPNS 2018, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/11).

 

1. Peserta tes CPNS 2018 ketahuan membawa jimat.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@BKNgoid

Ada-ada saja cara peserta untuk bisa lolos dalam tes CPNS, salah satu yang ketahuan adalah membawa jimat. Petugas terpaksa harus menyita jimat tersebut, karena sudah menjadi aturan. Jimat itu diketahui milik salah seorang perserta yang mengikuti tes CPNS di Hotel Labersan, Pekanbaru. 

"#SobatBKN, salah satu peserta di tilok Hotel Labersa Pekanbaru kedapatan membawa jimat. Jangan kau ragukan Tuhan dengan menggunakan hal tersebut. Cukup dengan doa Wajib dan Sunnah mu dan doa orang tuamu
#2019JadiASN," tulis panitia seleksi nasional CPNS 2018.

Petugas tak hanya sekali menemui peserta membawa jimat, pada Minggu (4/11/2018) petugas juga menyita jimat milik peserta di Jember. Hal ini juga diinformasikan melalui akun resmi Twitter @BKNgoid.

"Ternyata ada yg masih membawa jimat ke ruang SKD #CPNS2018 tilok Jember. Bawa jimat adalah hak pribadi, tapi tidak diperkenankan saat masuk ruang tes. Semoga jadi perhatian #SobatBKN yg lain," tulis @BKNgoid

 

2. Sepasang pengantin tinggalkan resepsi untuk ikuti tes CPNS 2018.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@BKNgoid

Sepasang pengantin meninggalkan proses resepsi usai ijab, demi mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kisah unik ini terjadi di Batam, tempatnya di gedung bersama kantor Pemkot Batam, Batam Center, Batam Kepulauan Riau. Diketahui nama peserta yang masih menggunakan baju pengantin tersebut bersama Stephanie.

"#SobatBKN hari ini sang pengantin pria menemani pengantin wanita yang mengikuti SKD di tilok UPT BKN Batam. Sehabis Akad mereka langsung tancap gas ke tilok SKD dgn riasan masih lengkap. Tilok serasa KUA ya? Mohon maaf untuk #SobatBKN yg jomblo harap jangan baper #2019JadiASN," cuit akun twitter BKN.

Diketahui, sudah ada dua peserta yang meninggalkan resepsi pernikahan sejenak untuk mengikuti tes SKD di Riau.

3. Mengalami kontraksi saat tes SKD.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto:Twitter/@BKNgoid

Peseta tes CPNS asal Indramayu, Cahyani Susilo Utami mengalami kontraksi saat tes CPNS berlangsung. Berdasarkan informasi dari akun resmi Twitter @BKNgoid, sebelum kontraksi terjasi Cahyani sempat mengerjakan tes selama 60 menit, pada Sabtu (10/11) di Cerebon.

"Cahyani, peserta #CPNS2018 Pemkab Indramayu yg hamil besar alami kontraksi saat kerjakan SKD di tilok Cirebon. Selesai dlm 60 menit, lgs dibawa ke RS. Semua ibu & debay selamat aamiin. Apa hebatnya? Well, Cahyani memenuhi passing grade, " tulis BKN.

Lantas tim medis segera merawat Cahyani. Kisah menarik dari Cahyani adalah, meskipun waktu tersisa 30 menit, namun dirinya berhasil memenuhi nilai ambang batas, yang telah ditentuin pemerintah.

4. Mendampingi istri ikut tes CPNS sambil gendong anak.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@BKNgoid

Peserta tes CPNS 2018 tampak ditemani suaminya di GOR Kelapa Gading. Aksi ini berhasil menyedot perharian warganet. Pasalnya sang suami dengan setianya menggendong anaknya. Selama sang istri mengikuti tes. Hal ini diunggah oleh BKN di Twitter-nya

"Berbicara Pahlawan tidak harus selalu tentang nama besar yg terkenal. Setiap kita memiliki sosok pahlawan yg dianugerahi di kehidupan kita. Tampak sang suami sedang mendampingi istrinya mengikuti SKD CPNS @Kemenag_RI sekaligus berbagi peran menjaga anak di GOR Kelapa Gading, " tulis @BKNgoid.

5. Tinggalkan anak yang sakit demi tes CPNS 2018.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto:Twitter/@BKNgoid

Seorang ibu terpaksa harus meninggalkan anaknya yang sedang sakit. Hal ini diketahui melalui unggahan di akun Twitter @juynamanis. Dalam cuitannya di minta maaf pada anaknya, karena terpaksa harus meninggalkannya dalam kondisi demam untuk megikuti tes CPNS.

"Bismillah, berangkat SKD sesi pertama @BKKBNofficial @bkkbndiy1 @BKNgoid
Maaf ya dek mami tinggal ujian dl di #jogja , padahal km masih sakit semalam sampai 40,4
Smg lekas sembuh dan doakan mami ya," tulis @juynamanis.

 

6. Hanya ada satu laki-laki di antara 716 peserta.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto:Twitter/@BKNgoid

Dalam pelaksanaan tes CPN 2018 di tilok Arcamanik pada (4/10/2018) terdapat 716 peserta. Uniknya, hanya ada satu laki-laki dari sekian banyak peserta tersebut.

"#SobatBKN, diantara 716 peserta ada yang menarik perhatian di tilok Arcamanik hari ini. Ada satu-satunya peserta laki-laki yang mengikuti SKD CPNS 2018. Semoga para peserta wanita tidak salfok ya dengan ketampanan mas yang masih mimin belum ketahui namanya ini," tulis BKN dalam unggahannya di akun Twitter @BKNgoid.

 

7. Bayi peserta tes CPNS 2018 menangis.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto:Twitter/@BKNgoid

Lagi-lagi kejadian unik dan mengharukan terjadi di kalangan peserta tes CPNS 2018. Pada tes SKD sesi 4 seorang peserta membawa anak. Bahkan sang anak tersebut terus menangis. Namun dengan sigap petugas media, Polwan dan peserta dari sesi lain turut membantu menenangkan bayi tersebut.

"Jadi ceritanya saat Tes SKD Sessi ke 4 Hari ini ada bayi dari peserta yg menangis, dengan rasa persaudaraan, tim Medis, ibu Polwan dan Peserta dari sesi yg lain membantu untuk menenangkan si bayi dan menidurkannya.
#TorangSamuaBasudara #2019JadiASN," tulis akun twitter

 

8. Salah lokasi tes.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@berlafin

Akun Twitter @berlafin menceritakan bahwa seorang peserta hampir tak bisa ikut tes CPNS 2018. Pasalnya dia salah lokasi tes. Rezeki nggak ke mana, peserta yang beruntung ini akhirnya diberi tahu oleh teman adiknya lokasi tes yang benar.

"Kalau bukan karena kemurahan Tuhan, perempuan ini mana mungkin bisa ikutan tes CPNS. Wong semalam sebelum tes doi masih salah tangkap soal lokasi tesnya. Alhmdulillah datang ptunjuk Tuhan melalui teman adiknya yg ngasih tau kalau tesnya di Empire Palace bukan di kantor Kemenag. Allah Maha Baik @BKNgoid," tulis akun tersebut.

 

9. Nilai kurang 5 poin, peserta tes CPNS harapkan toleransi.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@TeguhSe14469905

Seorang peserta tes CPNS 2018, yang diketahui namanya Teguh Setiawa, mengunggah curhatannya di akun Twitter pribadinya @TeguhSe14469905. Dalam unggahannya tersebut dia mengatakan bahwa nilainya kurang 5 poin. Ia berharap di beritoleransi serta bersedia ditempatkan di mana saja.

"Saya Teguh Setiawan. Maaf Pak, nilai TIU saya kurang 5 Point(1 soal) yaitu 80 dari seharusnya 85, sedangkan total sudah melampaui yaitu 301, mohon keringanan/toleransi Pak, saya siap ditempatkan dimana saja. Mohon Petunjuk dan arahan. Terima kasih Pak, " tulis Teguh Setiawan.

Namun lucunya, curhatannya tersebut mendapat tanggapan oleh BKN yang mengundang tawa.

"Teguh: Saya siap ditempatkan di mana saja. Mohon Petunjuk dan arahan. Terima kasih.
Mimin: Mas, mau nggak ditempatkan di hatiku? #eaaaa," tulis BKN.

 

10. Peserta tes CPNS 2018, kerjakan soal 29 menit dan memenuhi passing grade.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@BKNgoid

Peserta tes CPNS 2018, bernama Nurul Fajri Aulia, nilainya berhasil memenuhi passing grade dengan waktu yang begitu singkat dalam pengerjaan soal, yaitu 29 menit.

"#SobatBKN, Nurul Fajri Aulia peserta formasi @KemenkeuRI di tilok Kantor Walikota Jakarta Barat mendapat nilai yg memenuhi Passing Grade hari ini. Peserta tsb #SobatBKN, mengerjakan soal ujian hanya dlm waktu 29 menit. Sayang sekali mimin tdk sempat selfie dengannya #2019JadiASN," tulis akun twitter BKN.

 

11. Nilai kurang 3 poin, peserta ini nyesek.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@Rfifitria

Memenuhi passing grade merupakan tuntutan setiap peserta tes CPNS 2018, agar dapat lolos ke tahap selanjutnya. Tak jarang nilai yang kurang dari 1 poin saja diangap tak memenuhi ketentuan.

Hal ini dialami oleh peserta tes CPNS yang mengunggah curhatannya di akun twitter pribadinya @Rfifitria. Dia mengaku, nilainya kurang 3 poin untuk bisa memenuhi passing grade. Hal ini jelas menggambarkan kekecewaan yang mendalam.

"#SobatBKN sakit tapi nggak berdarah, dapet nilai TWK sempurna tapi TKP kurang 3 poin dari passing grade," tulis peserta tersebut.

 

12. Usai operasi empedu, ikut tes CPNS 2018.

12 Kisah unik tes CPNS 2018 yang bikin ikutan terharu istimewa

foto: Twitter/@BKNgoid

Peserta tes SKD bernama Hayatun Mardhiyah rela mengikuti tes CPNS di Kanreg XII pada Minggu (4/11). Padahal dirinya usai menjalani operasai empedu. Semangatnya luar biasa.

"#SobatBKN Semangat tidak kenal lelah ditujukan oleh peserta SKD di Kanreg XII, Hayatum Mardhiyah masih menggunakan Surgical Drain usai operasi batu empedu," tulis BKN dalam unggahannya di Twitter @BKNgoid.