Brilio.net - Perubahan cuaca ekstrem saat ini tak cuma dirasakan oleh masyarakat Indonesia saja. Di bagian belahan dunia lain pun merasakan hal yang sama. Misalnya seperti di Australia yang saat ini sedang mengalami musim paling panas sepanjang sejarah. Untuk pertama kalinya suhu rata-rata di sana melebihi 30 derajat celcius.

Beda Australia, beda juga dengan Amerika Serikat (AS). Di Negeri Paman Sam ini malah sedang mengalami cuaca dingin yang ekstrem. Sama seperti Australia, AS juga mencatat sejarah karena dilanda cuaca terdingin yang pernah tercatat. Menurut cuitan Presiden Donald Trump, suhu di beberapa negara bagian contohnya seperti wilayah Midwest mencapai minus 60 derajat celcius.

Kondisi ini membuat beberapa pemerintah kota mengeluarkan kebijakan darurat. Di antaranya adalah menutup segala aktivitas akademik seperti sekolah dan kuliah. Selain itu cuaca ekstrem ini juga menyebabkan pengiriman pos baik surat maupun barang jadi tertunda.

Dengan suhu dingin yang melanda seluruh bagian AS, ditemukan juga momen-momen unik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Momen ini sengaja dilakukan sebagai eskperimen oleh orang-orang. Ada juga yang dilakukan untuk kepentingan umum.

Berikut ini deretan momen unik yang terjadi saat suhu dingin melanda AS, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Jumat (1/2).

1. Ini yang terjadi ketika kamu meniupkan gelembung pada suhu di bawah 0 derajat celcius. Langsung membeku.

 


2. Foto dari dekat gelembung sabun yang membeku.

momen unik cuaca ekstrem AS © Twitter

foto: Twitter/@5NEWSMatt

 

3. Suhu ekstrem yang terjadi di AS cukup unutk membekukan gelembung dalam waktu yang sangat singkat.

momen unik cuaca ekstrem AS © Twitter

foto: Twitter/@5NEWSMatt

 

4. Air yang ditembakkan dari pistol mainan ini pun langsung berubah jadi 'salju' dalam sekejap.

 

5. Segelas air yang dilempar pada suhu -29 derajat celcius. Bentuknya langsung berubah jadi mirip salju.

 

6. Siapa lagi yang bisa bersantai-santai di tengah cuaca dingin ekstrem ini kalau bukan beruang kutub di kebun binatang.

 

7. Jangan harap kamu bisa jemur baju di cuaca dingin seperti ini. Oleh karena yang ada baju kamu bakal membeku seperti ini.

momen unik cuaca ekstrem AS © Twitter

foto: Twitter/@kathyamorton

 

8. Kalau dulu sempat viral foto telur yang beku saat dibuka di kutub. Saat ini di AS juga pun demikian.

momen unik cuaca ekstrem AS © Twitter

foto: Twitter/@kathyamorton

 

9. Kamu tahu nggak kalau minuman bersoda itu nggak boleh dimasukkan ke freezer. Bisa meledak. Nah, ini beneran terjadi. Saat minuman kaleng bersoda dibiarkan di luar pada suhu super dingin, kaleng soda itu meledak.

 

10. Salju yang menutupi rel kereta tentu sangat membahayakan. Oleh karena itu, di sekitar rel disiapkan api yang berguna untuk mencairkan salju yang menutupi rel itu.

 

11. Kereta juga tidak bisa berjalan secepat biasanya demi keamanan.