Brilio.net - Presiden telah mengenalkan nama-nama menteri dalam kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (23/10). Sebanyak 11 tokoh dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk tetap memegang amanah di jabatan yang sama dalam Kabinet Indonesia Maju.

Di antara nama-nama itu terdapat tokoh yang mendapat amanah jabatan yang sama saat seperti berperan dalam Kabinet Kerja. Para menteri itu adalah Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu ada juga Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet, Basuki Hadimuljono sebagai Menteri PUPR, Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Budi Sumadi sebagai Menteri Perhubungan, dan Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri.

Kemudian Luhut Panjaitan menjabat sebagai Menko bidang Kemaritiman dan Investasi, lalu Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, dan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang. Laoly sebelumnya telah melepas jabatan Menkumham saat masa akhir periode Kabinet Kerja karena terpilih sebagai anggota legislatif.

Sementara itu, kementerian koordinasi yang dipegang oleh Luhut mendapat penguatan fungsi yakni di sektor investasi. Nama kementrian itu sebelumnya bernama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjadi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.