Satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia, kini varian dan gejala virus corona semakin beragam dan mengkhawatirkan lebih cepat menyebar. Oleh sebab itu, penting bagi semua orang lebih sigap dari sebelumnya mengenali tanda-tanda infeksi virus ini. Anak-anak terutama.

Bayi dan anak-anak belum memiliki kesadaran utuh apa yang mereka hadapi, sehingga peran orang dewasa di sekelilingnya sangat dibutuhkan terutama untuk mengenali gejala Covid-19 pada bayi dan anak.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan mengatakan bahwa kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia merupakan tertinggi di dunia. Kesimpulan ini berdasarkan data case fatality atau tingkat kematian pada anak akibat virus SARS-CoV-2 itu. Ini menjadi perhatian tersendiri yang harus diatasi oleh berbagai belah pihak. 

Sebagian besar bayi dan balita dengan COVID-19 akan memiliki gejala ringan yang mirip dengan pilek atau flu parah. Beberapa tidak memiliki gejala sama sekali.

Beberapa gejala yang paling umum pada bayi dan anak-anak ini dijelaskan oleh Medical News Today, seperti dirangkum brilio.net pada Selasa (29/6). Antara lain yakni gejala infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk, sakit tenggorokan, pilek, bersin dan demam.

Kemudian nyeri otot yang dapat menyebabkan sering menangis, sulit tidur, atau kemurungan pada bayi kecil. Terdapat perubahan suasana hati atau perilaku - seperti tidur lebih sering atau lebih jarang, kesulitan makan, atau lebih sering mengamuk - karena sakit atau demam.

Lalu masalah pencernaan, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare. Berikutnya yakni kehilangan indera penciuman, yang pada bayi yang terlalu muda untuk mengekspresikan gejala ini, dapat terlihat sebagai perubahan kebiasaan makan.

Kemudian batuk kering dan gejala pneumonia ringan, seperti napas lebih cepat atau sesak napas. Bayi yang mengalami gejala yang lebih serius biasanya memperlihatkannya dalam waktu seminggu setelah gejala ringan muncul.

Sementara itu, gejala Covid pada bayi yang parah meliputi sesak napas yang intens yang dapat menyebabkan anak terengah-engah. Lalu tanda-tanda oksigen rendah, seperti bibir atau lidah biru, kuku putih, atau detak jantung yang cepat, saturasi oksigen rendah 92% atau kurang hingga kegagalan organ yang parah.

Karena bayi dan balita tidak dapat mengungkapkan gejalanya secara verbal, orang tua dan pengasuh harus menemukan cara lain untuk mengevaluasi kesehatan mereka, seperti mengukur suhu dan memantau pernapasan mereka.

Beberapa bayi yang sangat muda mengalami kesulitan makan. Serangkaian kasus tahun 2020 dari tiga bayi baru lahir yang berusia kurang dari 2 bulan ditemukan bahwa masing-masing mengalami demam dan kesulitan makan, tetapi tidak batuk.

Dalam sebuah studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang melibatkan lebih dari 2.500 anak dengan Covid-19 di Amerika Serikat, 62% dari 95 bayi di bawah usia 1 tahun harus dirawat di rumah sakit. Lima dari bayi ini membutuhkan perawatan di unit perawatan intensif (ICU).

Meskipun tiga dari 2.572 anak yang termasuk dalam penelitian meninggal, CDC belum yakin bahwa Covid-19 adalah penyebab kematian. Ini menunjukkan bahwa, bahkan untuk anak-anak dengan penyakit parah, risiko kematiannya rendah.

Sindrom peradangan multisistem pada anak-anak (MIS-C) adalah kondisi serius di mana beberapa bagian tubuh seperti jantung, paru-paru, pembuluh darah, ginjal, sistem pencernaan, otak, kulit atau mata menjadi sangat meradang.

"Bukti menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak ini terinfeksi virus corona di masa lalu, seperti yang ditunjukkan oleh hasil tes antibodi positif, yang menunjukkan bahwa MIS-C disebabkan oleh respons imun yang berlebihan terkait dengan Covid-19," tulis laman Mayo Clinic.

Kemungkinan tanda dan gejala covid pada bayi MIS-C meliputi demam yang berlangsung 24 jam atau lebih, muntah, diare, sakit di perut, ruam kulit, detak jantung cepat, napas cepat, mata merah, kemerahan atau pembengkakan pada bibir dan lidah, merasa lelah luar biasa, kemerahan atau pembengkakan pada tangan atau kaki, sakit kepala, pusing atau sakit kepala ringan, dan pembesaran kelenjar getah bening.

Tanda-tanda peringatan darurat MIS-C meliputi ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, sulit bernapas, kulit, bibir atau kuku yang pucat, abu-abu atau biru, dan sakit perut parah.

Jika anak menunjukkan tanda-tanda peringatan darurat atau sakit parah dengan tanda dan gejala lain, bawa anak ke unit gawat darurat terdekat. Jika anak tidak sakit parah tetapi menunjukkan tanda atau gejala MIS-C lainnya, segera hubungi dokter.

Tidak ada obat untuk Covid-19, dan semua perawatan saat ini bersifat eksperimental. Untuk bayi dan anak-anak dengan gejala ringan hingga sedang, penyakit ini biasanya sembuh dalam beberapa minggu.

Namun, penting untuk melakukan kontak dengan dokter jika seorang anak mengalami gejala Covid-19 pada bayi. Seorang dokter dapat merujuk anak untuk pengujian dan memberikan saran tentang gejala mana yang harus dipantau.

Setelah diagnosis Covid-19, orang tua atau pengasuh harus menghubungi dokter jika gejala pada bayi tiba-tiba memburuk setelah membaik atau mereka mengembangkan salah satu dari beberapa gejala.

Seperti tanda-tanda gangguan pernapasan atau kesulitan bernapas, tanda-tanda masalah organ, seperti detak jantung tidak teratur atau buang air kecil berkurang, ruam, perubahan kesadaran, seperti tidur terus-menerus atau tanda-tanda kebingungan, dan ketidakmampuan untuk menyusui atau makan
mata cekung atau perilaku lesu.

Dalam kebanyakan kasus, bayi dengan gejala ini memerlukan perawatan di rumah sakit. Jika bayi sakit parah atau dokter tidak segera menjawab telepon, pergilah ke rumah sakit. Kenakan masker atau penutup wajah pelindung lainnya dan jauhkan bayi dari pasien lain.

Jika bayi tampak pulih dari Covid-19 dan kemudian mengalami ruam atau gejala tidak biasa lainnya, hubungi dokter. Gejala-gejala ini bisa memperingatkan MIS-C.

Meski tidak ada obat untuk Covid-19, sebaliknya dokter fokus pada pengobatan gejala. Dalam beberapa kasus, ini mungkin berarti merawat bayi di rumah sakit untuk memantau mereka. Bayi mungkin juga membutuhkan cairan infus, perawatan oksigen, atau ventilator.

Bayi yang menyusui mungkin memerlukan ASI yang dipompa melalui selang makanan jika mereka tidak dapat makan sendiri. Orang tua bisa mengurangi risiko bayi terkena virus corona dengan beberapa cara.

Seperti menghindari keluar di depan umum dengan bayi sebanyak mungkin
membatasi atau melarang pengunjung, mencuci tangan setiap kali ada orang di rumah yang bersentuhan dengan orang lain, mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi, batuk, atau menyentuh bungkusan, surat, atau permukaan lain yang mungkin telah disentuh oleh orang di luar rumah, desinfektan permukaan seperti gagang pintu dan meja ganti secara teratur.

Kemudian memakai masker atau penutup wajah lainnya saat berada di tempat umum, mempraktikkan jarak fisik ketika kontak dengan orang-orang di luar rumah diperlukan, dan mengkarantina siapa pun di rumah yang sakit di satu ruangan dan sering mendisinfeksi permukaan apa pun yang mereka sentuh.