Brilio.net-Saat ini banyak peluang berkarier di era industri 4.0. Kebutuhan tenaga seorang spesialis dalam cyber security terus meningkat. Sayangnya jumlah SDM dengan keahlian ini masih minim. Karena itu gaji yang ditawarkan pada profesi ini cukup tinggi dibanding rata-rata gaji karyawan TI. 

Selain itu tingkat persaingan profesi ini masih tergolong rendah. Pada 2015, lebih dari 209 ribu lowongan kerja cyber security spesialis di Amerika Serikat yang masih kosong. Dilansir dari Peninsula Press, peningkatan pencarian tenaga cyber security terus meningkat, berkisar 74% dalam 5 tahun sebelumnya.

Menurut Cisco, tersedia 1 juta lowongan kerja cyber security pada tahun 2015. Jumlah tersebut diperkirakan mengalami peningkatan setiap tahun. Di Indonesia, cyber security spesialist dapat mengantongi gaji puluhan juta rupiah per bulan loh.

Nah bagi yang berminat ingin mendapatkan jenjang karier di bidang ini,  kamu perlu mengasah skill cyber security. Berikut ini 10 posisi skill cyber security yang banyak dicari. Kamu yang mana nih?

1. Cyber security consultant

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net ecpi.edu

Konsultan cyber security bertugas memberikan berbagai solusi keamanan siber yang dihadapi perusahaan. Tanggung jawab dari posisi ini cukup luas. Mulai dari menemukan cara yang paling efektif dalam melindungi jaringan, perangkat lunak, hingga melakukan pengujian dan analisis risiko yang timbul karena kejahatan siber.

2. Chief information security officer

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net newhorizons.com

Sesuai dengan namanya, Chief Information Security Officer (CISO) adalah pimpinan yang mengatur sektor keamanan TI sebuah perusahaan. Tentunya orang-orang yang menempati posisi ini memiliki pengalaman yang cukup banyak di bidang cyber security.

3. Security engineer

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net business.com

Security engineer merupakan jenjang karier yang bertugas membangun hingga memelihara sistem keamanan perusahaan. Beberapa tanggung jawab lain seperti memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan dari jaringan perusahaan.

4. Security architect

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net cybersecurityeducation.org

Security architect bertugas mengimplementasikan dan mengawasi keamanan jaringan perusahaan. Tanggung jawab pekerjaan ini adalah mendesain, meriset hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

5. Incident responder

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net infocyte.com

Jika ada insiden keamanan atau serangan siber, maka incident responder adalah sosok yang pertama kali harus bertindak. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam edukasi dan melakukan pencegahan terjadinya insiden serupa.

6. Computer forensic spesialist

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net blog.eccouncil.org

Peluang karier dari computer forensic spesialist memiliki tanggung jawab layaknya seorang detektif. Mereka dituntut dapat mengakses dan menganalisis bukti dari beragam hal, mulai dari komputer, jaringan, atau perangkat penyimpan data. Course-Net membuka pelatihan komputer forensik dengan sertifikasi internasional.

7. Penetration tester

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net ecpi.edu

Penetration tester atau bisa disebut juga white hat hacker, bertugas mencari celah keamanan dalam sistem perusahaan dan melakukan analisa secara mendalam bug pada sistem. Untuk memiliki skill penetration tester, kamu perlu mengikuti kursus Certified Ethical Hacker di Course-Net.

8. Security analyst

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net ecpi.edu

Orang-orang yang berada di posisi security analyst bertugas mendeteksi serta mencegah ancaman siber terhadap perusahaan. Termasuk di antaranya adalah perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit internal dan eksternal, hingga koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga.

9. Developer software security

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net job.danskebank.lt

Sesuai dengan namanya, mereka bertanggung jawab dalam mengembangkan software keamanan dan mengintegrasikannya ke dalam sistem perusahaan. Mereka juga memiliki kewajiban untuk memberikan dukungan serta pengujian perangkat lunak yang telah dirancang.

10. Auditor security

10 Peluang karier cyber security © 2020 brilio.net Course-Net

Auditor security harus memiliki kemampuan memeriksa efektivitas sebuah sistem keamanan pada perusahaan. Di samping itu, mereka juga harus mampu memberikan solusi guna peningkatan sistem untuk lebih aman dari serangan cyber.

Itulah 10 peluang karier dibidang cyber security yang banyak tersebar di situs-situs pencari kerja. Sebagai informasi nih, Indonesia masih kekurangan tenaga cyber security. Artinya peluang kerja di bidang ini masih terbuka sangat lebar. Kunci utama yang harus dimiliki adalah skill cyber security.

Course-Net menyediakan layanan coaching bagi kamu yang ingin mendalami ilmu cyber security. Setiap peserta coaching yang telah lulus dan mendapatkan sertifikasi maka akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan besar dengan gaji puluhan juta per bulan. Berminat?