Brilio.net - Kitab suci Alquran menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Nggak hanya berisi pesan-pesan kehidupan, namun juga terdapat ajaran yang harus diamalkan, tanda-tanda kekuasaan Allah sampai dengan petunjuk untuk kehidupan di dunia dan akhirat. Pada dasarnya, semua garis kehidupan manusia sudah tergambar secara jelas dan rinci di dalam Alquran. Sehingga umat manusia hanya perlu memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, jangan sampai kamu sebagai umat muslim tidak bisa membaca Alquran. Pelajari secara perlahan agar kamu bisa melafalkan secara jelas dan lancar. Bahkan untuk para pemula, ada beberapa cara mempelajari Alquran dengan mudah.

Kamu bisa melakukannya secara sendirian ataupun bersama keluarga dan sahabat. Ketika sudah mempelajari, jangan lupa untuk diteruskan dengan rutin membaca Alquran sesudah sholat.

Yuk, simak penjelasan lebih lengkap mengenai cara belajar Alquran untuk pemula, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/4).

 

1. Dimulai dengan mengenal huruf hijaiyah.

Cara belajar membaca Alquran untuk pemula © freepik.com

foto: freepik.com

 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat belajar membaca Alquran adalah dengan mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah merupakan huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Seperti halnya huruf abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kamu ingin lancar dalam membaca Alquran, kamu harus belajar dan mengerti akan huruf hijaiyah dan ejaannya.

Terdapat 29 huruf hijaiyah yang perlu kamu kenali. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya.

Pahami juga bagaimana makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf. Nah, agar lebih mudah dalam mempelajarinya, kamu bisa memulai belajar dengan Iqra sebelum masuk ke Alquran.

 

2. Memahami harakat.

Harakat atau tanda baca menjadi bagian yang penting untuk dipelajari. Harakat berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Jika dalam bahasa Indonesia terdapat huruf vokal A, I, U, E, O, maka di bahasa Arab ada harakat. Berbagai tanda baca seperti Fathah, Kasrah, Dammah, Tasydid, dan Sukun wajib kamu pahami. Jangan ragu untuk memahami tanda baca ini melalui buku-buku pengetahuan ataupun orang yang lebih memahami.

 

3. Mempelajari tajwid.

Yang harus kamu pelajari selanjutnya adalah mempelajari tajwid. Ilmu tajwid Alquran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

Tajwid dalam bahasa Arab antara lain bacaan Idzhar, bacaan Idgham, bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya. Memahami tajwid ini sangat penting agar kamu tidak salah dalam membaca Alquran.

 

4. Dimulai dengan mempelajari surat pendek.

Setelah mengenal huruf dan tajwidnya, kamu bisa mulai mempelajari surat-surat pendek. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang.

Dengan berlatih membaca surat pendek, kamu akan lebih mudah untuk memahami tajwid yang sudah kamu pelajari. Jangan lupa juga perhatikan panjang pendeknya agar lebih tepat.

 

5. Belajar dari guru mengaji.

Cara belajar membaca Alquran untuk pemula © freepik.com

foto: freepik.com

 

Agar semakin memahami, kamu bisa meminta bantuan dari guru mengaji. Dengan bimbingan dari guru mengaji, kamu akan lebih mudah dan cepat dalam belajar membaca Alquran.

Kamu juga bisa langsung menanyakan pada guru jika ada hal yang tidak dipahami. Cara ini akan lebih efektif untuk membaca Alquran secara tepat.

 

6. Belajar dari sumber terpercaya.

Ada banyak sumber ilmu yang bisa kamu pelajari agar bisa membaca Alquran dengan cepat. Mulai dari buku, blog, sampai dengan video pembelajaran Alquran.

Cara ini bisa kamu lakukan juga sebagai cara mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat. Lakukan juga diskusi bersama teman-teman agar pengetahuanmu lebih bertambah.

 

7. Mempelajari secara sungguh-sungguh.

Nah, kalau sudah terbiasa, lakukan pembelajaran Alquran secara sungguh-sungguh. Jangan menyerah ketika menemukan halangan saat belajar membaca Alquran.

Karena perlu diingat, kegiatan ini nggak hanya menambah ilmu namun juga pahala dan juga keberkahan dalam kehidupan. Lakukan secara serius dan penuh konsentrasi agar kamu bukan hanya sekadar mengetahui, namun juga bisa memahami dan diteruskan dengan mengamalkannya.

 

8. Membuat jadwal rutin membaca Alquran.

Agar mendapatkan limpahan pahala, buat jadwal rutin untuk membaca Alquran. Cara ini akan melatihmu untuk lebih lancar dalam membaca Alquran.

Kamu bisa memulai dengan membaca sesudah sholat, mulai dari subuh sampai dengan isya. Nggak ada salahnya untuk mengisi waktu luang dengan membaca Alquran juga agar lebih bermanfaat.

 

9. Melakukan latihan rutin.

Agar cepat belajar membaca Alquran yang paling penting tentunya adalah rutin melakukan latihan dan praktik. Sembari belajar kamu bisa mengoreksi bacaan yang kamu lafalkan sesuai dengan teori yang sudah dipelajari. Tahapan ini akan membantumu lebih fasih dalam mempelajari Alquran.

 

10. Mendengarkan masukan dari orang lain.

Nggak ada salahnya untuk mempelajari Alquran secara bersama-sama. Dengan begitu kamu bisa meminta bantuan teman untuk memberikan saran dan juga bimbingan. Luaskan hati dan pikiran dalam menerima masukkan, jangan berkecil hati ketika menerima kritik dalam proses pembelajaran. Justru hal itu akan menambahkan ilmu yang kamu pelajari.