Brilio.net - Jika kamu lahir di era 90-an, kamu pasti pernah menonton film vampir Mandarin. Namun tahu nggak sih, ternyata China juga memiliki banyak urband legend dengan hantu-hantunya yang menyeramkan selain vampir.

Seperti halnya di Indonesia yang punya banyak sosok hantu, seperti kuntilanak, pocong, atau genderuwo, di China rupanya ada banyak kisah dan sosok-sosok hantu yang dijamin bakal bikin kamu merinding disko kalau ketemu sama mereka.

Dari mulai hantu yang berkeliaran di jalanan, sampai sosok hantu yang harus selalu dilempari koin emas, biar nggak mengganggu manusia. Serem, kan?

Jadi, hantu-hantu apa saja sih yang populer di China yang nggak banyak kamu tahu? Yuk, intip daftarnya berikut ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/11).

1. You Hun Ye Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: youtube.com

You hun ye gui dikenal sebagai hantu liar. Ia diyakini memiliki sifat pendendam dan ingin balas dendam pada orang-orang yang pernah membuatnya tersinggung saat masih hidup dulu. Jangan sampai deh ketemu sama hantu yang satu ini.

2. Wu Tou Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: pulsk.com

Tanpa kepala, hantu yang satu ini justru berkeliaran tanpa tujuan yang jelas. Hantu ini adalah roh-roh orang yang dibunuh dengan cara dipenggal. Dalam beberapa cerita rakyat China, hantu ini konon akan mendekati seseorang di malam hari dan meminta kepala orang tersebut.

3. Niu Tou Ma Mian.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: deitiesdaily.tumblr.com

Niu Tou dan Ma Mian adalah sepasang penjaga menakutkan dari Di Yu (akhirat) dalam mitologi China, tempat roh yang sudah meninggal akan menerima pengadilan atas perbuatan mereka sebelum bereinkarnasi.

Sebagaimana arti nama mereka, Niu Tou memiliki kepala kerbau dan Ma Mian berkepala kuda. Mereka juga disebut Ngau Tau Ma Min dalam dialek Kantonis dan Gu Tau Beh Bin atau Gu Thou Be Bin dalam dialek Hokkien.

4. Yuan Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: mythians.blogspot.com

Yuan gui adalah ruh dari orang-orang yang mati dengan cara yang tidak adil. Cerita tentang hantu ini muncul di China saat awal Dinasti Zhou dan direkam dalam catatan klasik Zuo Zhuan, lho. Tidak ada satupun dari hantu ini dapat beristirahat dengan tenang ataupun pergi ke 'dunia bawah' untuk direinkarnasi.

5. Nu Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: youtube.com

Nah, kalau hantu yang bernama Nu gui ini adalah hantu perempuan pendendam dengan rambut yang panjang dan digambarkan selalu bergaun merah. Dalam dongeng, hantu ini adalah ruh dari perempuan yang mati karena bunuh diri dan memakai gaun merah saat kematiannya.

6. Gui Po.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: youtube.com

Gui po adalah hantu berbentuk sosok wanita tua yang ramah. Konon mereka adalah roh baik yang dulunya bekerja sebagai pembantu di sebuah keluarga kaya. Dan kemudian mereka kembali untuk membantu tuan mereka.

7. Ba Jiao Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: arroundworlds.blogspot.com

Hantu yang satu ini mirip dengan kuntilanak dalam legenda di Indonesia. Ba jiao gui merupakan hantu perempuan yang diyakini tinggal di pohon pisang. Terkadang ia membawa bayi dan meratap di bawah pohon pisang tersebut pada malam hari.

8. Heibai Wuchang

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: snowpavilion.co.uk

Heibai Wuchang adalah dua dewa, satu pendek, satu tinggi, dan keduanya dirantai menjadi satu pada pergelangan kaki mereka. Mereka bertugas memberi berkah pada orang baik dan hukuman pada orang jahat.

Keduanya adalah bawahan Yan Luo Wang atau raja akhirat dalam kepercayaan Taoisme dan bertugas untuk mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia di dunia.

9. Jiangshi.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: youtube.com

Jiangshi, juga dikenal sebagai vampire atau zombie 'melompat' dari China. Hantu ini adalah tipe mayat yang dihidupkan kembali dalam legenda dan cerita rakyat China. Tentunya kamu sering kan melihat hantu yang satu ini di film-film China yang sering diputar di televisi?

10. E Gui.

Hantu seram China © 2016 brilio.net foto: mythians.blogspot.com

E gui diyakini sebagai roh dari orang-orang yang melakukan dosa karena keserakahan mereka ketika masih hidup, dan telah dikutuk untuk menderita kelaparan setelah kematian.