Brilio.net - Sebuah pemandangan tak biasa berada di jalan raya yang menghubungkan Sukoharjo-Solo sukses mencuri perhatian publik. Di pinggir jalan tepatnya di atas trotoar, terdapat sebuah batu nisan kecil berwarna hitam yang tertancap di tanah.

Batu nisan yang berada di sudut Solo Baru, Grogol, Sukoharjo ini mengundang rasa penasaran setiap orang-orang yang melintasi tempat tersebut. Bagaimana tidak, batu nisan atau kijing yang umumnya ada di tempat pemakaman justru muncul di tempat umum.

Melansir dari akun Twitter @mwy_mystic, Jumat (20/5), mengungkapkan fakta menarik di balik makam kecil tersebut. Siapa sangka di dalam batu itu bersemayam seekor kucing bernama Nyai Sembro atau Nyai Tembong.

Nyai Sembro merupakan kucing kesayangan Raja Pakubuwono X yang berjenis Candramawa (persia hitam dengan corak putih).

Menyadur dari akun yang sama, dijelaskan pada batu nisan terdapat tulisan aksara jawa berbunyi "Klangenan Dalem Nyai Sembro" atau diartikan sebagai hewan kesayangan Raja yang bernama Nyai Sembro.

makam kucing di trotoar © berbagai sumber

foto: YouTube/LIBERTY

Usut punya usut, lokasi ini dulunya ternyata sebuah kompleks pemakaman hewan peliharaan milik Raja Pakubuwono, sebelum akhirnya dirombak dan dibangun jalan raya pada tahun 1980-an.

Tak sedikit orang yang tidak mengetahui bahwa batu tersebut adalah makam seekor kucing. Bahkan ada yang pernah secara tidak sengaja duduk di atasnya, karena menyangka bahwa itu adalah tempat untuk menancapkan tiang bendera.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)