Brilio.net - Sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta menyimpan banyak cerita budaya yang banyak dipercayai oleh masyarakatnya. Cerita-certa ini oleh sebagian orang lainnya ada yang dianggap sebagai mitos. Berwisata ke Yogyakarta juga bisa menjadi pilihan tepat untuk memahami cerita-cerita tentang tempat-tempat tersebut.
 
Tempat-tempat berikut adalah lokasi di mana banyak orang memercayai banyak kejadian mistisnya. Kamu wajib membuktikan kalau singgah di Kota Pelajar.

Supaya nggak penasaran, berikut 8 tempat wisata mistis di Yogyakarta yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (23/5). Check this out Guys:

1. Benteng Vredeburg.

Benteng ini merupakan peninggalan sejarah yang memiliki banyak kisah misterius. Warga sekitar banyak mempercayai ada arwah noni Belanda yang sering muncul tengah malam. Tentu saja hal semacam ini sulit dibuktikan, tapi kamu bebas boleh mempercayainya ata nggak. Pernah ke sini?

2. Gua Jepang, Kaliurang.

foto: wikimapia.org

Kalau kamu ke daerah utara Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi Gua Jepang yang terletak di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang. Banyak kisah misteri tentang gua yang terletak di kaki gunung Merapi ini. Dulunya, Gua Jepang dipercaya sebagai tempat perlindungan tentara Jepang dari serangan pasukan sekutu.

BACA JUGA: 16 Penampakan serem yang nggak sengaja tertangkap kamera, kamu lihat?

3. Pantai Parangkusumo.

foto: indonesiaexplorer.net

Ada banyak sekali pantai di Yogyakarta. Di deretan Pantai Selatan ada Pantai Parangkusumo yang dipercaya sebagai gerbang masuk istana kerajaan Ratu Pantai Selatan atau yang terkenal sebagai Nyi Roro Kidul.

4. Kandang Menjangan.

foto: instajogja

Kandang Menjangan merupakan bagunan kuno berumur lebih dari dua abad. Bangunan yang juga terkenal dengan istilah Panggung Krapyak ini dulunya dibangun untuk tempat berlindung kerabat keraton dari serangan hewan buas saat berburu. Kandang Menjangan dipercaya masyarakat menyimpan cerita mistis. Bangunan ini terkenal mencekam di malam hari.

Empat wisata mistis lainnya apa ya kira-kira? KLIK NEXT.

2 dari 2 halaman


5. Gereja Ghotic Sayidan.

foto: travelingyuk

Meski terkenal dengan sebutan gereja, sebenarnya bangunan ini bukanlah tempat beribadah. Gereja Gothic Sayidan awalnya merupakan bangunan yang digunakan sebagai pabrik. Bangunan yang telah lama kosong ini terkenal mistik dan tampak menakutkan. Kamu berani ke sini?

6. Keraton Yogyakarta.

foto: id.wikipedia.org

Tempat ini menjadi salah satu wisata paling banyak dikunjungi wisatawan kalau ke Yogyakarta. Bangunan bersejarah ini memiliki begitu banyak kisah, juga cerita-cerita misits. Banyak yang percaya, sebagai tempat tinggal raja Yogyakarta tempat ini dijaga oleh makhluk ghaib.

7. Plaza Ambarukmo.

foto: mapio.net

Plaza Ambarukmo atau yang terkenal dengan dengan sebutan Amplaz merupakan salah satu mal yang terkenal di Yogyakarta. Siapa sangka kalau mal ini memiliki banyak cerita mistis. Amplaz kabarnya didirikan di bekas tanah kerajaan yang sakral.

8. Rumah Kentang, Yogyakarta.

foto: ibudewalintang.blogspot.com

Rumah yang terletak di daerah Kota Baru, tepatnya di seberang SMA Stella Duce ini terkenal sebagai rumah yang angker. Banyak cerita yang menyatakan sering tercium bau kentang bakar jika melewati rumah ini. Aroma kentang bakar ini lekat dengan adanya hantu genderuwo.