Brilio.net - Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suk. Data yang dikeluarkan oleh sensus BPS pada 2010 mencatat Indonesia memiliki 1.340 suku. Suku-suku tersebut berasal Sabang sampai Merauke.

Beda suku tentu berbeda budaya yang tercipta, termasuk soal budaya tentang kepercayaan mistis yang sudah ditinggalkan para leluhur dari berbagai suku.

Meskipun sudah ada beberapa suku yang meninggalkan budaya mistis karena perkembangan zaman, namun ada beberapa suku Indonesia yang masih mempertahankan budaya tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber (4/12), kamu boleh percaya atau tidak. 5 Suku asli Indonesia ini masih mempertahankan budaya mistis bahkan memiliki kekuatan sihir.

1. Suku Baduy, Banten.

5 Suku mistis © 2017 berbagai sumber

foto: helloelsky.blogspot.com

Suku asli dari Banten dibagi dalam dua macam, yaitu Baduy luar dan dalam. Suku baduy dalam dikenal sebagai suku yang memisahkan diri dari budaya moderen, dikenal sebagai suku yang memiliki tradisi mistis dan sihir seperti ilmu santet, pelet dan kekebalan tubuh yang banyak membuat banyak orang berkunjung ke daerah ini untuk mempelajari ilmu tersebut.

2. Suku Kajang Ammatoa, Sulawesi Selatan.

5 Suku mistis © 2017 berbagai sumber

foto : ammatoa.com

Tak berbeda jauh dari suku badui di Banten, suku Kajang Ammatoa juga dibagi menjadi dua macam yaitu luar dan dalam. Suku kajang luar mereka sudah mulai menerima peradaban teknologi seperti listrik, sedangkan suku kajang dalam belum menerima listrik.

Ilmu sihir yang terkenal dari suku ini adalah pelet dan guna-guna yang sudah diwariskan lebih dari 500tahun lalu, dipercaya bahkan mereka mampu mengirim santet jarak jauh.

3. Suku Jawa di Banyuwangi.

5 Suku mistis © 2017 berbagai sumber

foto : bukucinta.blogspot.com

Suku Jawa merupakan suku yang paling banyak di Indonesia, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Di Jawa Timur, wilayah Banyuwangi sempat terkenal dengan ilmu sihirnya sehingga banyak yang menakuti orang-orang dari daerah ini.

Kabarnya kota ini memiliki banyak dukun santet, bahkan isu ini pernah meresahkan masyarakat Banyuwangi pada tahun 1990an mengenai adanya dukun santet ninja.

4. Suku Asmat, Papua.

5 Suku mistis © 2017 berbagai sumber

foto: kitorangpapuanews.com

Suku Asmat di Papua adalah suku yang tinggal di dalam hutan, mereka percaya bahwa alam yang mereka tinggali juga dijaga oleh para roh. Mereka juga tidak suka jika alam mereka dirusak, suku Asmat memiliki kekuatan sihir yang dapat menggerakkan alam seperti mendatangkan hujan, halilintar dan angin topan.

5. Suku Batak, Sumatera Utara.

5 Suku mistis © 2017 berbagai sumber

foto: Indonesia.go.id

Suku Batak memercayai adanya makhluk halus bertubuh panjang yang bisa membuat seseorang meninggal setelah bertemu dengannya. Kekuatan sihir yang dimiliki suku Batak juga dipercayai oleh banyak orang.

Hal ini juga dibuktikan dengan terpilihnya Prof. Sorimangaraja Sitanggang menjadi ketua paranormal dunia tahun 2006 di Jerman.