Brilio.net - Lomba makan sayap ayam KFC yang diadakan, Jumat (11/3) pekan lalu sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Bukan karena acara ini berhadiah miliaran rupiah, namun akibat seorang peserta lomba dinyatakan tewas akibat tersedak makanan di KFC Taman Semanan Cengkareng, Jakarta Barat.

Nah, selain kasus lomba makan ayam goreng 'maut', ada beberapa kasus lomba makan lainnya juga menelan korban jiwa. Berikut 5 kasus kematian saat acara lomba makan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/3):

1. Keselek kue hingga tewas

keselek makanan © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Seorang mahasiswa, Adam Deeley (34) tewas akibat tersedak kue saat merayakan festival kue peri yang diadakan di Monkey Cafe di Sweansea, Wales Selatan. Dalam festival itu, setiap tamu diharuskan untuk melahap tiga kue sekaligus.

Namun, Adam yang saat itu datang bersama teman-temannya malah melakukan lelucon dengan memasukkan lima kue sekaligus.  
Akibat ulah nekatnya, Adam tersedak hingga tersungkur ke lantai dan nyawanya tak dapat tertolong lagi.

"Kue yang disuguhkan dalam meja prasmanan mengharuskan kami melakukan lelucon itu, hingga Adam melakukan itu dan terjadilah hal nahas tersebut," ucap seorang teman, Steven Jenkis, seperti dikutip koran the Daily Mail.

2. Tersedak hotdog hingga meninggal

keselek makanan © 2016 brilio.net

foto: natureworldnews.com

Sebuah kontes makan hotdog massal di Dakota Selatan, Amerika Serikat, berubah menjadi peristiwa tragis, saat seorang peserta Walter Eagle Tail (47), tersedak hotdog hingga meninggal. Lelaki ini meninggal di rumah sakit setelah dokter tak mampu menyelamatkan nyawanya.

"Ketika kami tiba sudah ada penanganan pertama untuk menolongnya, kemungkinan dia meninggal karena hotdog itu bersarang di tenggorokannya dan dia kesulitan bernafas seperti tercekik," ucap Sherif, seperti dikutip the Guardian, July 2014.


3. Meninggal dalam lomba makan sosis

keselek makanan © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Sebuah perlombaan makan sosis yang disebut Fomila Plescol yang diselenggarakan di desa Berka, Romania dilaporkan menelan korban jiwa. Seorang pria asal Rumania tewas akibat tersedak ketika mengikuti kompetisi makan sosis berjamaah ini.

Dalam ajang tahunan ini, peserta berkompetisi memakan empat buah sosis dan sebuah roti dalam waktu cepat. Pria tua berusia 60 tahun yang tidak diketahui namanya tersebut terjatuh dan meninggal dunia.

Nahas baginya, saat kejadian tidak ada pihak medis yang segera datang menolong. Hanya bantuan kerumunan warga sekitar yang membantunya mengeluarkan sosis yang membuatnya tersedak, seperti dikutip dari Huffington Post.

4. Meninggal gara-gara tersedak kue mochi

keselek makanan © 2016 brilio.net

foto: jepang.net

Di Jepang, tak disangka sembilan korban tewas akibat kue kecil nan kenyal, mochi. Kejadian di Tokyo ini membuat 18 orang dilarikan ke rumah sakit akibat tersedak. Menurut surat kabar Yomiuri Shimbum, korban tewas dapat dipastikan berjumlah sembilan orang dengan sisanya dalam keadaan kritis.

Menurut pemberitaan TV Asahi, korban berkisar pada usia 50 hinga 90 tahun. Dua korban tewas paling parah terjadi pada usia 84 tahun di Kokubunju dan 76 tahun di Koto Ward.

5. Meninggal setelah menjuarai lomba makan kecoak

keselek makanan © 2016 brilio.net

foto: today.it

Berbeda dengan perlombaan makanan sebelumnya, ajang ini agak sedikit aneh. Pasalnya makanan yang dilombakan adalah kecoa dan yang tambah aneh, hadiah utama berupa seekor ular piton. Meski aneh, buktinya seorang peserta lomba Edward Archbold (32), berhasil keluar sebagai pemenang.

Namun sayang, tak berapa lama, dia jatuh tersungkur di depan toko penjual hewan melata sekaligus lokasi perlombaan, Ben Siegel Reptile, di Deerfield Beach, sebelah utara Miami, Florida, Amerika Serikat. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia.