Brilio.net - Sering kita merasa ketakutan ketika mendengar kata 'hantu'. Karena hantu seringkali dianggap sebagai arwah penasaran atau penampakan-penampakan mahluk tak kasat mata yang menakutkan dan suka mengganggu manusia.

Dalam cerita-cerita mistis di dunia, hantu kerap digambarkan dengan sosok lelaki bertubuh besar dengan bulu panjang di sekujur tubuhnya atau perempuan berambut panjang berbaju putih yang sering disebut kuntilanak. Kebanyakan orang yang mampu melihat hantu, mereka mengaku penampakan hantu itu banyak yang mengerikan.

Namun, hantu yang menyeramkan ternyata tidak hanya berupa wanita berbaju putih dan berambut panjang saja. Hantu berupa nenek-nenek juga tak kalah seramnya.

Dilansir oleh brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (13/10), inilah 5 hantu nenek dan kisahnya yang bikin bulu kudukmu mernding.

1. Baba Yaga.

nenek serem © 2018 istimewa
foto: wikipedia

Baba Yaga digambarkan sebagai sosok hantu perempuan tua yang bisa terbang dengan membawa alu kayu besar. Baba Yaga tinggal di sebuah
gubuk tua di hutan yang gelap dan jarang terjamah oleh manusia. Baba Yaga adalah hantu yang jahat, konon ceritanya dia suka mencuri anak
kecil dan menyesatkan orang ke dalam hutan. Kebanyakan orang yang telah dicuri dan hilang di hutan kemungkinan menjadi korban Baba Yaga.
Kisah baba Yaga ini berasal dari Rusia.


2. Nenek Gayung.

nenek serem © 2018 istimewa
foto: kapanlagi.com

Orang Indonesia tentunya sudah tak asing lagi dengan nama hantu ini. Kisah nenek gayung ini sudah melegenda di dunia mistis Indonesia.
Hantu ini digambarkan sebagai seorang nenek-nenek yang suka berdiri di pingggir jalan untuk mencari tumbal. Dia suka membawa tikar dan gayung di kedua tangannya. Konon, gayung dan tikar digunakannya untuk memandikan jenazah korbannya.


3. Onibaba.

nenek serem © 2018 istimewa
foto: wattpad.com

Onibaba adalah hantu nenek-nenek yang berasal dari Jepang. Dia digambarkan dengan bentuk wanita tua dengan muka marah yang selalu
menyimpan dendam. Diceritakan, Onibaba adalah wanita yang meninggal karena perbuatan buruknya akan berubah jadi hantu dan gentayangan.
Karena dendamnya itu, Onibaba kerap menganggu orang-orang sekitar dan menakuti orang-orang yang dekat dengannya.


4. Nenek Kebayan.

nenek serem © 2018 istimewa
foto: wattpad.com

Kisah hantu ini berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Hantu wanita tua renta ini berambut putih panjang, matanya merah dan wajah yang
keriput. Rupanya menakutkan seperti penyihir. Nenek Kebayan suka menunggu di atas langit-langit kamar di saat malam hari dan menakut-nakuti orang pada saat malam hari.


5. Muma Paduri.

nenek serem © 2018 istimewa
foto: wattpad.com

Muma Paduri adalah hantu yang berwujud wanita tua yang tinggal di sebuah hutan. Kisah hantu ini berasal dari Rumania. Wajahnya yang buruk
rupa membuatnya tampak menakutkan. Ia juga memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dari besar maupun kecil. Dikisahkan, Muma Paduri suka
mengganggu anak kecil bahkan membunuh dan merebus hidup-hidup.

 

(mgg/Renno Hadi Ananta)