Brilio.net - Mendengar kata 'kota mati', hal pertama yang mungkin terbesit di pikiranmu adalah kondisi sebuah kota yang mencekam tanpa penduduk satu orang pun. Reruntuhan serta puing bangunan yang berserakan dimana-mana membuat kota tersebut tampak menyeramkan. Ditambah lagi, suasana sepi senyap kota itu membuat siapapun enggan berlama-lama tinggal di sana.

Potret kota mati inilah yang sering ditampilkan dalam film-film Hollywood. Tapi tahukah kamu kota mati atau kota hantu ternyata memang ada di dunia nyata lho. Kota tersebut ditinggalkan oleh penduduknya karena bencana atau pertambangan yang sudah habis. Seperti apa potretnya? Dilansir brilio.net dari viralnova, Rabu (20/4), berikut kota mati dari berbagai negara. Tak hanya menyeramkan, tapi juga mempesona.

1. Bodie, California

foto: flickr.com


Pada tahun 1859, Bodie menjadi tempat tambang karena emasnya yang melimpah. Saat itu, kota ini memiliki penduduk 8.500 orang dan lebih dari 2.000 bangunan. Namun pada tahun 1881, tambang emas akhirnya habis. Ditambah lagi kebakaran yang terjadi tahun 1932 menghancurkan hampir semua bangunan di kota ini.

2. Kolmanskop, Namibia

foto: flickr.com


Kota ini sempat berjaya karena pernah menjadi pusat tambang berlian. Namun setelah Perang Dunia I, permintaan berlian merosok drastis sehingga  warganya pun meninggalkan kota ini.
 


3. Goldfield, Arizona

foto: flickr.com


Goldfield merupakan salah satu kota hantu paling populer di AS. Serupa dengan kota-kota sebelumnya, kota ini sempat berjaya karena adanya tambang di era tahun 1890-an. Namun di tahun 1920-an, kota ini sudah tak lagi berpenghuni.


4. Kennecott, Alaska

foto: flickr.com


Dulu kota ini pusat pertambangan tembaga. Kennecot sangat ramai di tahun 1940. Namun setelah tembaga habis, kota ini akhirnya ditinggalkan penduduknya.


5. UFO Houses in Sanzhi, Taiwan

foto: flickr.com


Rumah-rumah di kota ini menyerupai UFO. Namun sebelum proses pembangunan usai, pemiliknya ternyata bangkrut. Alhasil, bangunan tersebut dibiarkan begitu saja tanpa berpenghuni.

6. Animas Forks, Colorado

foto: flickr.com

Kota mati ini berada di Pegunungan San Juan, Colorado. Pada 1870-an, kota ini adalah sebuah kota pertambangan emas dan perak. Namun, ditinggalkan pada tahun 1920 karena tambangnya habis.

7. Craco, Italia

foto: flickr.com


Kota ini sebenarnya sudah ada sejak abad pertengahan. Namun awal abad ke-20, serangkaian gempa bumi memaksa warga untuk meninggalkan Craco. Puncaknya, bencana tanah longsor tahun 1991 membuat kota ini sepi tak berpenghuni.

8. Rhyolite, Nev.

foto: flickr.com


Rhyolite menjadi kota emas pada tahun 1904. Pada 1906, tambang emas menarik cukup banyak orang untuk membuat pemukiman terbesar di wilayah tersebut. Pada 1920, tiba-tiba kota ini ditinggalkan. Kini kota ini menjadi tempat wisata.

2 dari 2 halaman


9. Salton Riviera, California

foto: flickr.com


Kota ini dulunya ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang memiliki daya tarik pantai yang indah. Namun airnya menjadi asin yang membuat ikan-ikan mati. Bau bangkai ikan yang menyengat membuat penduduk ini pindah ke kota lain.

10. Kayakoy, Turki

foto: flickr.com

Pada awalnya, kota ini dibangun pada tahun 1700-an dan menjadi rumah bagi Muslim Anatolia dan Kristen Ortodoks Yunani. Namun, hasil Perang Dunia I dan Perang Yunani-Turki 1919-1922, kondisi kota ini semakin memanas. Melalui kesepakatan tahun 1923, kota ini ditinggalkan karena alasan menjaga perdamaian politik.


11. Marina City, Batam

foto: cnnindonesia.com


Kota ini dulunya pusat perjudian terkenal di Batam. Warganya pun hidup makmur. Namun sejak adanya larangan judi dari pemerintah, perekonomian kota ini lumpuh total. Akibatnya, banyak warga yang pindah ke kota lain.


12. Holland Island, Chesapeake Bay, Md.

foto: flickr.com


Pulau Holland dulunya menjadi salah satu pulau dengan populasi terbesar dari pulau-pulau yang tersebar di seluruh Chesapeake Bay. Ada lebih dari 360 orang yang tinggal di sini pada tahun 1910. Karena pulau itu terbuat dari lumpur dan tanah liat, lama-kelamaan terkikis terkikis dan tenggelam. Rumah yang tersisa akhirnya hancur pada tahun 2010.

13. Deception Island, Antartika

foto: flickr.com


Deception Island terletak di kawasan gunung berapi. Kota ini awalnya menjadi pusat penangkapan ikan paus dan sempat mengalami kemajuan pesat. Namun peristiwa letusan gunung pada tahun 1969 membuat warganya terpaksa pindah.

14. St. Thomas, Nev.

foto: flickr.com


Kota ini ditinggalkan penduduknya karena banjir. Bendungan sungai Kolorado meluap dan membuat warga sekitar ramai-ramai mengungsi. Namun setelah banjir usai, mereka enggan kembali ke kota asal.


15. Varosha, Siprus

foto: flickr.com


Dulunya kota ini menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun sejak tahun 1974 kota ini resmi ditutup saat terjadi invansi Turki.

16. Pripyat, Ukraina

foto: flickr.com


Pripyat dulunya menjadi rumah bagi lebih dari 50.000 jiwa. Namun warganya terpaksa dievakuasi karena bencana ledakan nuklir. Kota ini masih terlarang untuk dihuni sampai saat ini.


17. St. Elmo, Colorado

foto: flickr.com


Terletak di pegunungan Sawatch, kota hantu ini awalnya merupakan kawasan pertambangan emas dan perak. Banyak orang menetap di sana pada tahun 1880. Namun merosotnya industri pertambangan dan ditutupnya rel kereta membuat kota ini akhirnya ditutup.

18. Hashima Island, Jepang

foto: flickr.com


Pulau kecil ini dulunya kota dengan penduduk paling padat di dunia. Dari tahun 1800 sampai tahun 1974, kawasan ini menjadi rumah bagi pekerja batubara yang tak terhitung jumlahnya. Setelah tambang habis, para pekerja berbondong-bondong meninggalkan kota ini.