Brilio.net - Kuburan sering diidentikan sebagai tempat yang angker dan mistis. Tempat peristirahatan terakhir manusia ini dipercaya menjadi sarang berkumpulnya makhluk tidak kasat mata. Apalagi jika kuburan itu mengandung kisah kelam yang berkembang dari mulut ke mulut, dijamin bakal bikin merinding siapa saja yang mendengarnya.

Kamu pasti kaget, ternyata banyak tempat pemakaman di dunia yang dinobatkan sebagai kuburan paling angker. Label itu disematkan karena di pemakaman tersebut pernah terjadi pembantaian besar-besaran. Ada juga pemakaman yang seram dikarenakan proses penguburan yang tidak lazim. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/4), berikut kuburan paling angker sedunia, termasuk di Indonesia:

1. Okuno-in Cemetery, Mt. Koya, Jepang

foto: cdn.list25.com

Okuno adalah sebuah desa suci yang pemakaman paling angker di Jepang. Kobo Daishi, pendiri Shingon Buddhisme konon dimakamkan di sini dan menurut legenda akan terlahir kembali bersama dengan para pengikutnya. Kondisi menyeramkan terlihat dengan banyaknya patung kecil yang seolah-olah hidup.

2. Les Catacombes, Paris

foto: cdn.list25.com

Catacombs of Paris adalah sebuah osuarium bawah tanah di Paris, Prancis yang menjadi kuburan massal sekitar enam juta orang. Konon banyak hantu dan makhluk halus gentayangan di kuburan ini. Sejumlah saksi mata mengaku sering menjumpai penampakan hantu yang berjalan melalui koridor dan bergerak di antara tumpukan tulang.

3. Gladiator Graveyard, Ephesus, Turki

foto: cdn.list25.com

Situs makam Gladiator ini menjadi kuburan bagi petarung gladiator sekitar 67 orang yang semuanya berusia di bawah 30 tahun. Gladiator yang bertarung di sini adalah atlet profesional zaman Romawi kuno. Mereka meninggal karena bertarung melawan sesama gladiator, hewan liar, atau penjahat.

4. Sedlec Ossuary Near Kutna Hora, Republik Ceko

foto: cdn.list25.com

The Sedlec Ossuary adalah gereja Katolik Roma kecil. Namun, osuarium ini diperkirakan mengandung kerangka antara 40.000 sampai 70.000 orang yang tulangnya telah digunakan untuk membuat dekorasi dan peralatan gereja. Bisa dibayangkan bagaimana seramnya tempat ini.

5. Saint Louis #1, New Orleans

foto: media1.fdncms.com

Saint Louis #1 adalah kuburan tertua dari tiga pemakaman Katolik yang ada di New Orleans. Kuburan ini juga memiliki aktivitas paranormal paling aktif dan menjadi tempat salah satu makam paling terkenal sepanjang masa, Marie Laveau. Banyak penduduk setempat percaya bahwa rohnya gentayangan di kuburan tersebut.

Pemakaman ini sungguh mengerikan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Old Jewish Cemetery, Prague

foto: cdn.list25.com

Old Jewish Cemetery diperkirakan sudah ada dari awal abad ke-15. Jumlah batu kubur dan jumlah orang terkubur tidak diketahui secara pasti, karena makamnya saling bertumpukan. Namun, diperkirakan ada sekitar 12.000 batu nisan yang terlihat, dan kemungkinan ada 100.000 makam di sana. Tidak mengherankan, konon intensitas dan aktivitas tak kasat mata sering terjadi di kuburan ini.

7. Pemakaman Batu Toraja, Indonesia

foto: klikhotel.com

Di pemakaman ini, jenazah dimasukkan ke dalam peti kayu atau makam batu berukir untuk kemudian ditelakkan di dinding batu. Selain itu, dibuatkan pula patung kayu yang menjadi simbol orang yang mati dan ditaruh tak jauh dari peti mati tersebut. Sedangkan untuk mayat bayi, jenazah akan diletakkan ke dalam pohon.

8. Capuchin Crypt, Roma, Italia

foto: cdn.list25.com

Konon tempat ini menjadi kuburan bagi 4.000 biarawan yang jenazahnya disimpan di ruang bawah tanah. Tulang-tulangnya digunakan untuk hiasan dinding dengan penataan yang rapi. Masih berani berlama-lama di tempat ini?

9. Cimitero di San Michele, Venice, Italia

foto: cdn.list25.com

Setelah keputusan Napoleon melarang penguburan mayat di Venice, maka dibuatkan tempat khusus untuk pemakaman, yaitu di pulau San Michele. Pulau ini memang dikhususkan sebagai kuburan. Tak heran, pulau ini kerap dijadikan sebagai tempat wisata mistis untuk merekam penampakan.

10. Kuburan Wangi Trunyan Bali, Indonesia

foto: telusurindonesia.com

Seperti namanya, kuburan ini memiliki aroma semerbak wangi. Padahal, mayat tidak dikubur dan dibiarkan begitu saja. Tak heran, di lokasi kuburan ini banyak berserakan tulang dan tengkorak. Usut punya usut aroma wangi tersebut ternyata berasal dari pohon raksasa, Taru Menyan.