Brilio.net - Perasaan bahagia tengah menyelimuti Kahiyang Ayu. Putri kedua Presiden Jokowi itu baru saja di wisuda strata-2 (S2) di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9).

Dilansir dari merdeka.com, Kahiyang berhasil menyelesaikan pendidikannya selama 23 bulan. Selain itu wanita yang akrab disapa Ayang ini meraih nilai memuaskan, yakni Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90.

"Selama proses bimbingan thesis, ia termasuk mahasiswa yang tidak terlalu merepotkan. Ia memilih topik yang sangat relevan dengan portfolio program studinya," kata Dr Arief Daryanto selaku dosen pembimbing Kahiyang seperti dikutip dari merdeka.com, Rabu (25/9).

Sedangkan thesis yang disusun oleh Kahiyang yaitu mengenai analisis daya saing salah satu Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN), yang bergerak dalam bisnis tebu dan gula di Jawa Timur. Ia mengaku terkesan atas keseriusan Kahiyang selama perkuliahan.

Di samping itu, Arief mengenal Kahiyang sebagai sosok mahasiswa yang memiliki kreativitas dan komitmen tinggi. Pasalnya, istri dari Bobby Nasution ini selalu menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu dengan kualitas yang baik.

"Kahiyang juga mudah bersosialisasi dengan berbagai pihak selama menempuh program pendidikan S2-nya. Sebagai anak Presiden ia tidak mau diistimewakan. Ia ingin tampil bersahaja seperti mahasiswa-mahasiswa lain di kampusnya," ujarnya.

Ia berpesan kepada Kahiyang agar terus belajar dan berpegang pada prinsip pendidikan sepanjang hayat. Karena menurutnya pendidikan sepanjang hayat menjadi semakin penting kebutuhannya pada saat ini.

"Karena manusia terus menerus harus dapat menyesuaikan diri supaya dapat tetap bersaing dan memiliki daya resiliensi yang tinggi di tengah lingkungan masyarakat yang selalu berubah," sebut Arief.