Brilio.net - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak dapat menahan kerinduan kepada mendiang sang ibunda, Ani Yudhoyono. Hal tersebut kian terasa ketika putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini membuka koleksi foto lama.

AHY membagikan sebuah potret lewat akun Instagram pribadinya pada 18 April 2020. Dalam potret mengabadikan Ani Yudhoyono dari tampak belakang tengah melihat layar yang menampilkan AHY tengah mengenakan seragam TNI AD.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“I miss you Memo” Hari ini saya membuka koleksi foto lama, dan nggak sengaja lihat foto ini. Foto ini diambil oleh salah satu fotografer Istana pada saat peresmian Museum Kepresidenan Balai Kirti, 18 Oktober 2014. Waktu itu saya sedang bertugas sekolah Sesko di Fort Leavenworth, AS. Sehingga saya tidak bisa hadir ikut mendampingi Pepo dan Memo waktu itu. Namun, video ucapan untuk Pepo dan Memo yang direkam tahun 2013 ternyata diputar di salah satu sudut di bagian keluarga Kepresidenan SBY. Pas sekali waktu itu, sang fotografer mengambil foto Ibu yang sedang menonton video saya di sana. Katanya, beliau nonton video saya untuk mengobati rasa rindu. Foto ini memang sangat sederhana, tapi sungguh sangat bermakna dalam bagi saya. I miss you Memo, and I always will. #AlFatihah

A post shared by Agus Yudhoyono (AHY) (@agusyudhoyono) on

"I miss you Memo. Hari ini saya membuka koleksi foto lama, dan nggak sengaja lihat foto ini," tulis suami Annisa Pohan ini dalam kolom keterangan.

AHY menjelaskan potret tersebut diambil oleh salah seorang fotografer istana pada saat peresmian Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat pada 18 Oktober 2014 lalu.

Loading...

"Waktu itu saya sedang bertugas sekolah Sesko di Fort Leavenworth, AS. Sehingga saya tidak bisa hadir ikut mendampingi Pepo dan Memo waktu itu," lanjutnya.

Meski AHY tak dapat ikut dalam acara peresmian itu, ada sebuah video ucapan untuk kedua orangtuanya yang direkam pada 2013. Video diputar di salah satu sudut di bagian keluarga Kepresidenan SBY.

"Pas sekali waktu itu, sang fotografer mengambil foto Ibu yang sedang menonton video saya di sana. Katanya, beliau nonton video saya untuk mengobati rasa rindu," kata AHY.

AHY menambahkan, potret tersebut memang sangat sederhana namun sungguh sangat bermakna bagi dirinya. "I miss you Memo, and I always will. #AlFatihah," tutup AHY.

Sementara, Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir di National University Hospital, Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019 setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya.

Mantan Ibu Negara ini dimakamkan di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu, 2 Juni 2019. Ani dimakamkan di sebelah istri Presiden ke-3 RI Habibie, Hasri Ainun Habibie.

RECOMMENDED BY EDITOR