Brilio.net - Belajar bernyanyi sejak usia tiga tahun, eksistensi Andien Aisyah di belantika musik Tanah Air nggak diragukan lagi. Sebagai penyanyi yang terjun ke musik jazz, Andien telah berkolaborasi dengan berbagai musisi dunia, seperti dengan Jeff Lorber dan Frank Griffith.

Talenta bermusiknya pun mengantarkan Andien mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai ajang musik. Salah satunya, Andien berhasil menyabet Artis Solo/Kolaborasi Jazz/Fusion Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2000 silam.

Kendati demikian, diakui Andien, kiprahnya di panggung hiburan tak didapatkan dengan mudah begitu saja. Mengawali kariernya di usia remaja, banyak perjuangan yang harus ia lalui hingga bisa seperti saat ini.

"Aku tumbuh besar dari satu pentas ke pentas yang lain, dibesarkan oleh tata musik dan gemerlap lampu panggung. Di masa remaja, sering banget aku merasa kalau aku sebenarnya belum cukup dewasa untuk tampil di atas pentas dengan banyak penonton," tulis Andien dilansir dari brilio.net pada Rabu (5/5).

Loading...

unggah foto lawas paras andien dipuji  © instagram

foto: Instagram/@andienaisyah

Sama seperti yang lainnya, Andien juga mengalami rasa tak percaya diri saat harus tampil bernyanyi di atas panggung. Selama 21 tahun berkarya, istri dari Irfan Wahyudi atau akrab disapa Ipe ini bahkan merasa seperti dunia tak pernah adil kepadanya.

"Dua puluh satu tahun yang lalu, setiap kali aku menyanyi aku merasa kalau seluruh dunia menghakimi keberadaanku di atas panggung. Hasilnya, aku jadi pribadi yang nggak percaya diri dan takut sekali melakukan kesalahan," tambahnya.

Meski memiliki suara emas dan telah menelurkan berbagai album, Andien sempat meragukan kemampuannya. Berbagai pikiran negatif pun membuatnya merasa tak pernah puas dengan berbagai karya yang sudah ia ciptakan. Namun, hal tersebut tak membuatnya berhenti untuk melangkah dan menjadi lebih baik lagi.

"Dua puluh satu tahun, mungkin aku menghabiskan seperempatnya untuk meragukan diriku sendiri. Aku nggak selalu positif, aku kadang merasa kecil hati dengan karya sendiri, tapi yang aku tahu, selama dua puluh satu tahun ini aku nggak pernah berhenti melangkah untuk berkarya dan menyanyi," tulisnya.

unggah foto lawas paras andien dipuji  © instagram

foto: Instagram/@andienaisyah

Turut mengunggah potret lawasnya saat awal berkarier, warganet justru salah fokus menyoroti penampilan Andien. Banyak dari mereka yang memberikan pujian kepada Andien karena penampilannya yang tak banyak berubah. Pesonanya justru kian terpancar di usianya yang menginjak 35 tahun.

"Aaaaaa iboook cantiknya gak pernah berkurang malah bertambah," ucap @frisma.segitiga.

"Awet muda," imbuh @eka_21_sa.

"Mbak Andieeen dari dulu sampai sekarang nggak banyak berubah. Makin cantik dan awet muda," kata @ganjelanlemari.

RECOMMENDED BY EDITOR