Brilio.net - Setelah berhari-hari melakukan pencarian yang dibantu dengan negara tetangga, kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) ini dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4) di kedalaman 850 meter.

Melansir dari Liputan6, KRI Nanggala-402 telah ditemukan di kedalaman laut oleh Remotely Operated Vehicle (ROV) yang dimiliki Singapura. Total 53 awak kapal pun dinyatakan gugur.

Informasi ini tentu sangat menyayat hati pihak keluarga para awak kapal. Peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 membuat rakyat Indonesia bersedih, begitu juga kalangan seleb.

Sebagai bentuk simpati atas peristiwa ini, banyak selebritas yang mengungkap rasa belasungkawa melalui akun Instagram pribadi mereka. Berikut brilio.net rangkum ucapan belasungkawa seleb, Senin (26/4).

1. Ashanty.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty merasa sedih mendengar berita tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Ia juga mengungkapkan bahwa tidak ada satu pun yang tahu kapan orang yang dicintai akan pergi untuk selamanya.

"Innalillahi wainnailahi rojiun
Sedih rasanya mendengar berita seperti ini, kehilangan mereka yg sampai akhir hayatnya masih bertugas..
Kita tidak pernah tau kapan lambaian tangan terakhir kita pada orang yg tercinta..
selamat jalan 53 prajurit kebanggaan bangsa. Semoga para awak kapal husnul khotimah. Dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan," tulis Ashanty dalam caption-nya.

2. Krisdayanti.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@krisdayantilemos

Krisdayanti juga turut mengucapkan belasungkawa kepada keluarga awak kapal yang ditinggalkan.

"Selamat Jalan 53 prajurit kebanggaan bangsa. Doa dari seluruh negeri telah di panjatkan, upaya terbaik telah di lakukan. Allah berkehendak lain. Terimakasih sudah berjuang untuk bertahan, terimakasih seluruh komponen yang tak kenal lelah melakukan pencarian. Semoga para awak kapal Husnul Khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan," tulis Krisdayanti.

3. Maia Estianty.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Maia Estianty dalam caption-nya membayangkan betapa sulitnya para awak kapal selam untuk bisa bertahan di dalam lautan.

"Sesak ketika mengetahui mereka “KAPAL SELAM NANGGALA 402” yang sudah berumur tua bersama puluhan awak tentara laut Indonesia, berada di dalam laut yang terdalam dan dianggap hilang, karena melewati batas waktu 72 jam," tulis Maia.

"Tetapi tentunya, ENGKAU Sang Pemilik mereka, apapun yang terjadi, ampunkanlah dosa para tentara kami ini Yaa Allah, jangan Engkau buat mereka menderita Yaa Allah....Peluklah mereka dalam Kasih SayangMU
Untuk keluarga besar Kapal Selam Nanggala, dikuatkan, di tabahkan...Amin Yaa Rabb," sambung istri Irwan Musry.

4. Teuku Wisnu.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@teukuwisnu

Masyarakat Indonesia tentu berharap awak kapal bisa selamat. Sedangkan menurut Teuku Wisnu, semua kembali kepada kehendak Sang Pencipta.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah dinyatakan subsunk (tenggelam) KRI Nanggala 402 oleh Panglima TNI. In syaa Allah, mereka, saudara-saudara kita, ke-53 awak kapal kebanggaan Indonesia adalah orang-orang terbaik dan telah ditempatkan di tempat terbaik," tulisnya dalam caption.

"Terima kasih atas jasa kalian menjaga lautan negara. Kami semua bangga!!! Dan rakyat Indonesia mendoakan kepulangan kalian kembali kepada-Nya," sambungnya.

5. Arie Untung.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@ariekuntung

Menurut Arie Untung, para awak KRI Nanggala 402 adalah orang-orang baik pilihan Tuhan.

"Gak semua muslim bisa mendapatkan kesempatan untuk berjihad di jalan Allah. Gak semua muslim bisa mendapatkan kesempatan dari Allah untuk meninggal dalam tugas (syahid insyaaAllah)," tulis Arie Untung.

Ia menulis bahwa tidak semua muslim meninggal dunia pada bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadan.

"Gak semua muslim bisa mendapat kesempatan untuk meninggal di bulan suci Ramadhan," sambungnya.

6. Addie MS.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@addiems999

Addie MS memberi penghormatan untuk awak KRI Nanggala-402 yang telah mengorbankan jiwa raganya dalam menjalankan tugas negara.

"Terima kasih atas semua pengabdianmu, patriotku. Hormatku untukmu yang telah mempertaruhkan jiwa raga, jalankan tugas dalam kesunyian 'tuk menjaga keutuhan NKRI," tulisnya singkat.

7. Chicco Jerikho.

ucapan belasungkawa seleb untuk KRI Nanggala-402 berbagai sumber

foto: Instagram/@chicco.jerikho

Chicco Jerikho juga turut memberi penghormatan untuk awak KRI Nanggala-402. Tugas mereka tak akan terhenti meski kapal telah karam.

" Hormat kami untuk seluruh awak KRI Nanggala-402. Mereka tidak kembali, bukan berarti mereka hilang, tapi mereka pergi untuk menjaga rumah kita, Indonesia untuk selamanya. Do’a kami selalu menyertai," tulis Chicco Jerikho.