Brilio.net - Artis dan presenter cantik Rina Gunawan akhir-akhir ini menyita perhatian publik. Dulunya istri dari Teddy Syah ini kerap kali muncul di layar kaca dengan tubuhnya yang berisi. Kini penampilannya sangat berbeda dengan tubuh langsing.

Rina Gunawan mengaku sukses menurunkan berat badannya hingga 27 kg dalam kurun waktu empat bulan. Lewat laman Instagram @sehatbarengtehrina, wanita 46 tahun ini rupanya kerap membagikan tips diet yang ia jalani.

Menurut Rina, kunci suksesnya dalam mewujudkan tubuh ideal adalah dengan olahraga, mengatur pola makan, dan mengubah mindset. Ia bahkan baru-baru ini diundang menjadi bintang tamu dalam acara televisi berkat kisahnya yang inspiratif. Ia juga tak jarang tuai pujian warganet dengan penampilannya yang makin memesona tersebut.

Kira-kira apa saja ya rahasia diet suksesnya? Yuk, intip lima tips diet ala Rina Gunawan, seperti dihimpun brilio.net dari akun Instagram @sehatbarengtehrina pada Senin (25/1).

1. Mengonsumsi buah penunjang diet.

Loading...

tips diet Rina gunawan © Instagram

Rina mengungkap makan buah-buahan seperti apel, semangka dan pir dapat menunjang program dietnya. Hal ini lantaran kandungan yang ada di dalamnya mampu memperlancar pencernaan. Mengonsumsi buah secara rutin adalah salah satu pola makan yang diterapkan Rina.

2. Memasak sayur dengan cara yang tepat.

tips diet Rina gunawan © Instagram

Ada beberapa tips memasak sayur yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mencuci sayuran pada air mengalir dan tidak merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang.

Memotong sayuran dengan ukuran besar juga dianjurkan. Hal ini karena semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan. Rina juga menyarankan lebih baik mengolah sayuran dengan metode kukus.

3. Tips menimbang berat badan.

tips diet Rina gunawan © Instagram

Ada beberapa hal yang Rina terapkan saat menimbang berat badannya. Ia memilih menimbang saat pagi hari karena pada waktu tersebut berat badan lebih stabil.

Ia juga menimbang ketika sudah melakukan buang air kecil maupun besar. Kondisi perut masih kosong membuat berat yang akan muncul lebih akurat. Selain itu, ia menghindari pakaian yang berat karena dapat menambah angka timbangan.

4. Memilih camilan sehat.

tips diet Rina gunawan © Instagram

"Siapa bilang cemilan bikin gendut?" begitulah kata Rina.

Ada beberapa camilan yang masih bisa dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Camilan sehat tersebut antara lain kacang almond, granola, yoghurt, snack bar dan popcorn. Yang terpenting adalah mengonsumsi camilan dengan porsi yang sesuai.

5. Tips makan di restoran.

tips diet Rina gunawan © Instagram

Saat berkunjung ke restoran, Rina punya tips khusus lho. Pertama, ia memilih jus tanpa gula sebagai minumannya. Ia memilih makanan yang diolah menggunakan metode rebus atau panggang. Dan tentunya memperhatikan asupan makanan yang seimbang.

"Jangan malu bertanya yaa bagaimana proses makananmu dimasak ke pelayan atau chefnya," ucap Rina.

RECOMMENDED BY EDITOR