Brilio.net - Selama mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan physical distancing, Ruben Onsu kini memiliki banyak waktu luang di rumah. Momen tersebut pun dimanfaatkan Ruben Onsu untuk quality time bersama istri dan ketiga anaknya. Pasalnya, momen tersebut sempat menjadi langka saat ia disibukkan dengan berbagai jadwal syuting.

Melalui akun Instagram pribadinya, Ruben Onsu kerap membagikan momen kebersamaannya bareng keluarga. Dari mulai berjemur, makan dan bermain bersama.

Ruben juga mengisi waktu-waktunya di rumah untuk menjalin komunikasi dari hati ke hati bersama anak-anaknya. Hal tersebut merupakan salah satu caranya mencintai ketiga anaknya.

Mengunggah potretnya saat sedang berbincang dengan sang putra, Betrand Peto, Ruben memberikan tips parenting yang selama ini ia terapkan. Suami Sarwendah tersebut menyebut momen berkomunikasinya dengan Betrand dengan 'Tough Love'. Cara tersebut diterapkan Ruben Onsu untuk life skills yang perlu dikuasai anak-anaknya di kehidupan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“Tough Love” , inilah cara Saya mencintai anak - anak Saya sekaligus mendidik mereka untuk dapat menguasai Life Skills atau ketrampilan-ketrampilan hidup yang mereka perlu kuasai. . Orang tua boleh sesekali mengingatkan anak dengan ‘ngobrol’ * (*bicara dengan anak) dalam ‘bahasa yang anak pahami’ , ketika anak melakukan perilaku keliru. . Orang tua dapat sesekali bersikap tegas - tanpa disertai kekerasan - untuk mengajarkan pada anak mengenai disiplin, komitmen, dan tanggung jawab serta memberi kesempatan anak untuk menjalani konsekuensi dari perilaku mereka , negatif atau positif. . Orang tua boleh sesekali tidak setuju atau tidak suka dengan sikap anak , dan anak juga boleh untuk melakukan itu, namun Kami tetap saling mencintai. . Orang tua dapat melakukan hal - hal tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun Cinta orang tua yang tulus kepada anak dan sebaliknya. . Ini yang baru saja Saya lakukan bersama Sinyo Betrand malam ini. Seperti hal-nya yang tampak pada ekspresi wajah agak kelelahan kami. Kami baru saja melakukan ‘ngobrol antara Ayah dan anak’ mengenai hal-hal yang memang perlu dibicarakan. . Bagi Saya, pendidikan yang utama adalah pembentukan kualitas karakter yang tangguh untuk anak - anak Saya. . Saya selalu menanamkan nilai-nilai pada anak Saya untuk : boleh mendengarkan komentar orang lain selama itu tidak membuatnya ‘lupa’ akan Suara Hati-nya sendiri, dan Andalkan Tuhan untuk bertanya jawaban suara hari. boleh memilih pilihan apapun selama ia dapat menjalani konsekuensi-nya dan bertanggung jawabb . boleh berinteraksi dengan banyak orang selama ia tak lupa untuk punya hubungan yang dekat dengan dirinya sendiri , . boleh untuk terus mengasah talenta-talenta-nya dengan optimal dan menjadi versi terbaik dari dirinya, serta bermanfaat untuk banyak orang. . Anak - anak Saya : Boleh menjadi anak - anak yang tetap Bahagia, Penuh Sukacita, Penuh ide-ide kreatif dan keceriaan, boleh tumbuh dan berkembang dengan se-optimal mungkin, selepas mungkin saja ada orang-orang di luar sana yang pro dan kontra, —- selama anak-anak Saya tidak berbuat sesuatu yang merugikan orang lain. . Lanjut di kolom coment

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

 

"Orang tua boleh sesekali mengingatkan anak dengan ‘ngobrol’ * (*bicara dengan anak) dalam ‘bahasa yang anak pahami’ ,
ketika anak melakukan perilaku keliru. . Orang tua dapat sesekali bersikap tegas - tanpa disertai kekerasan - untuk mengajarkan pada anak mengenai disiplin, komitmen, dan tanggung jawab serta memberi kesempatan anak untuk menjalani konsekuensi dari perilaku mereka , negatif atau positif," tulis Ruben Onsu seperti dikutip brilio.net, Rabu (15/4).

Ruben Onsu juga mengungkapkan jika orangtua boleh menyatakan ketidaksukannya terhadap sikap anak. Begitu juga sebaliknya tanpa mengurangi rasa cinta terhadap satu sama lain. Bagi Ruben, pembentukan karakter merupakan pendidikan utama.

foto: Instagram/@ruben_onsu

"Ini yang baru saja Saya lakukan bersama Sinyo Betrand malam ini. Seperti hal-nya yang tampak pada ekspresi wajah agak kelelahan kami. Kami baru saja melakukan ‘ngobrol antara Ayah dan anak’ mengenai hal-hal yang memang perlu dibicarakan. . Bagi Saya, pendidikan yang utama adalah pembentukan kualitas karakter yang tangguh untuk anak - anak Saya," lanjut Ruben Onsu.

Pada keterangan caption-nya, Ruben Onsu juga membeberkan empat nilai yang ia tanamkan pada anak-anaknya. Salah satunya adalah tetap mendengarkan suara hati dan mengandalkan Tuhan dalam setiap keraguan.

"Saya selalu menanamkan nilai-nilai pada anak Saya untuk : 1. boleh mendengarkan komentar orang lain selama itu tidak membuatnya ‘lupa’ akan Suara Hati-nya sendiri, dan Andalkan Tuhan untuk bertanya jawaban suara hari.
2. boleh memilih pilihan apapun selama ia dapat menjalani konsekuensi-nya dan bertanggung jawabb
.
3. boleh berinteraksi dengan banyak orang selama ia tak lupa untuk punya hubungan yang dekat dengan dirinya sendiri , .
4. boleh untuk terus mengasah talenta-talenta-nya dengan optimal dan menjadi versi terbaik dari dirinya, serta bermanfaat untuk banyak orang," tegas Ruben.

Ruben juga membebaskan ketiga anaknya tumbuh menjadi seperti yang mereka mau, selama apa yang mereka lakukan tak merugikan orang lain.

Bagi Ruben itu bukan masalah meski tindakan yang mereka lakukan kelak mengundang pro dan kontra. Di akhir penjelasannya, Ruben juga menuliskan nasihat yang kerap ia sampaikan kepada anak-anaknya.

Terkadang kita tak dapat mengubah situasi, terkadang selalu ada orang - orang yang bersikap negatif terhadap kita, terkadang orang- orang baik dapat mengalami hal-hal yang kurang baik ..., tetapi kita selalu memiliki Kemampuan untuk Memilih .... memilih bagaimana kita akan bersikap dalam situasi apapun ... dan itulah yang menentukan Karakter seseorang," tutup Ruben Onsu.

Unggahan Ruben Onsu soal caranya mendidik anak tersebut pun menuai beragam pujian dari warganet. Tak sedikit yang menulis kekagumannya terhadap Ruben Onsu yang tetap berusaha menjalankan perannya sebagai seorang ayah.

"@ruben_onsu salut sama orang tua... meskipun sesibuk apapun tetap ad demi kluarga nya... seperti ngobrol ringan kyak gini... karena nanti pasti akn d rindukan saat sperti ini.... semngat selalu ko ben... slam sayang buat koko...," tulis akun @iiz_zahra.

"@ruben_onsu ayah hebat semoga menjadi contoh buat kami selalu orang tua..tetap semangat menjalani hidup.. gbu," ungkap akun @fennykumayas.

"@ruben_onsu anda adalah suami dan ayah yang sangat bertanggung jawab, respecttt..," tambah akun @indhie_83.