Brilio.net - Belakangan, kasus investasi ilegal PT Kam and Kam dengan aplikasi MeMiles-nya tengah bergulir di kepolisian. Sejumlah nama seleb ikut terseret kasus investasi bodong ini. Setelah menjadi perbincangan hangat di dunia maya, polisi akhirnya membeberkan identitas empat artis atau publik figur yang diduga terkait dengan kasus tersebut.

Penyidik pun berencana meminta keterangan pada keempat artis itu. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, beberapa nama artis itu antara lain ED, MT, AN dan J.

"Kami sudah melakukan panggilan saksi beberapa public figure atau artis. Ada saudara ED, MT, AN, dan J," katanya seperti dikutip brilio.net dari merdeka.com, Selasa (14/1).

Ia menambahkan, para artis tersebut akan dimintai keterangan terkait sejauh mana keterlibatan mereka dalam operasional MeMiles. Selain itu, penyidik juga akan melacak apakah ada aset yang diberikan Memiles pada para artis.

Siapa saja artis yang dipanggil polisi terkait kasus investasi bodong tersebut? Brilio.net telah menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (14/1), deretan seleb yang dipanggil polisi terkait kasus MeMiles.

Loading...

1. Eka Deli

Terseret kasus investasi ilegal MeMiles, 4 seleb dipanggil polisi © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Penyanyi Eka Deli Mardiyana dipanggil oleh kepolisian untuk menjadi saksi kasus investasi ilegal. Ia diperiksa pada Senin (13/1). Eka Deli keluar dari ruang penyidikan sekitar pukul 20.00 WIB setelah diperiksa selama 11 jam. Ia mengaku, dicecar sekitar 59 item pertanyaan oleh penyidik.

Dalam kesempatan tersebut, Eka menjelaskan, bahwa keterlibatannya di MeMiles pada awalnya adalah ia diundang sebagai penyanyi secara profesional. Namun, seiring dengan berjalannya waktu ia kemudian dimintai tolong untuk menjadi perantara mencari artis di acara MeMiles.

"Saya datang ke sini sebagai saksi, sebagai bukti saya adalah warga negara yang bertanggung jawab. Saya sudah menjelaskan se detail-detailnya bahwa keterlibatan saya, saya diundang sebagai penyanyi secara profesional kemudian dimintain tolong menjadi perantara untuk mencari artis di acara MeMiles," ungkapnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Dikonfirmasi kembali soal peranannya di MeMiles apakah menjadi koordinator, Eka menegaskan, jika dirinya diminta menjadi perantara untuk menghubungi artis di setiap acara yang ditunjuk dan dikasih tahu oleh MeMiles waktu itu.

Disinggung soal hadiah yang diberikan oleh MeMiles, Eka tak menampiknya. Ia mengakui jika memang ada masalah, maka ia pun tak segan untuk mengembalikannya.

"Saya sebagai warga negara yang baik, tahu itu ada masalah saya mengembalikan. Cuman (mobil) Fortuner yang dikasih, (emas) tidak ada," katanya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai berapa top up yang dilakukannya di MeMiles, Eka enggan menjawabnya. Ia pun mohon pamit pada wartawan dengan alasan jadwal pesawat. "Karena ini berkaitan dengan jadwal pesawat, kami mohon pamit," tegasnya.

2. Marcello Tahitoe.

Terseret kasus investasi ilegal MeMiles, 4 seleb dipanggil polisi © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@marcello_tahitoe

Penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello tiba di Mapolda Jatim, Selasa (14/1) sekitar pukul 10.00 WIB untuk menjalani pemeriksaan terkait investasi MeMiles. Dia tampak didampingi seorang pria yang pengacara saat memasuki ruang penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim.

Tidak banyak kata yang diucapkan oleh penyanyi tembang 'Masih Ada' dan 'Pergi Untuk Kembali' yang hits di era tahun 2000 an ini. Dia enggan menjawab semua pertanyaan wartawan yang telah menunggunya sejak pagi. Ia bahkan terus menggunakan kacamata hitamnya, meski telah memasuki gedung Ditreskrimsus Polda Jatim.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan Ello dilakukan terkait dengan kasus investasi ilegal MeMiles PT Kam and Kam. Ello diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

"Hari ini saudara MT statusnya sebagai saksi memenuhi panggilan penyidik. Artinya penyidik mendasari pada alat bukti awal yang ada. Maka kebutuhan penyidik dalam proses untuk mengambil berita acara keterangan sebagai saksi saudara MT," ungkapnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Ia menambahkan, dengan kehadiran Ello, maka hal itu menambah daftar saksi yang telah diperiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim. Terkait dengan perkembangan penyidikan, maka hal itu harus menunggu proses pemeriksaan yang masih berjalan ini.

"Dan tadi kita lihat bersama kehadirannya. Tentunya ini menambah daftar saksi yang kita lakukan pemeriksaan. Nanti perkembangannya kita sampaikan," tegasnya.

3. Judika.

Terseret kasus investasi ilegal MeMiles, 4 seleb dipanggil polisi © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@jud1ka

Selain dua nama di atas, penyanyi Judika juga sudah dijadwalkan untuk memenuhi panggilan polisi. Juri Indonesian Idol tersebut dijadwalkan untuk diperiksa sebagai saksi pada Rabu, (22/1). Menanggapi namanya yang turut terseret dalam kasus investasi bodong, Judika menanggapi santai.

Manajer Judika, Adjie mengatakan bahwa peran Judika kala itu hanya sebatas sebagai pengisi acara yang diselenggarakan MeMiles saja. Tidak ada hal lain termasuk endorsemen yang sempat disangkakan kepada Judika.

"Enggak ada, sama sekali enggak ada (endorsement), bahkan kalau dibuka instagramnya segala macam enggak ada, makanya polisi bila dilihat mengumumkannya kan hanya sebagai saksi, dan gak ada kalimat endorse, cuma mungkin persepsi orang waktu itu karena masalah ini jadi wah gimana gitu, padahal biasa aja," kata manajer Judika seperti dikutip liputan6.com.

Oleh karena itu pihak Judika pun menanggapi santai masalah yang menyeret namanya itu.

"Nah dalam sini kan konteksnya kata polisi terkait bukan terlibat, jadi ya waktu itu Judika nyanyi, jadi terserah aja orang mau berpersepsi kan negara demokrasi. Tapi dari sisi kontrak ya kayak off air biasa," katanya lagi.

4. Adjie Notonegoro.

Terseret kasus investasi ilegal MeMiles, 4 seleb dipanggil polisi © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Selain Judika, Adjie Notonegoro juga dijadwalkan bakal menjalani pemeriksaan pada Rabu (22/1). Perancang busana ternama ini juga sudah mengonfirmasi kehadirannya kepada polisi. Adjie disebut-sebut terlibat dalam kasus investasi bodong MeMiles.

Terkait dengan beberapa artis yang diduga terkait dengan kasus ini, mereka sudah ada yang menyatakan kesiapannya untuk hadir dalam pemeriksaan.

"Ada tiga yang sudah menyatakan kesiapannya, yakni ED, MT, dan AN. Untuk J, masih ada kegiatan nanti akan dikonfirmasi lagi," tandasnya.

Informasi yang dihimpun, keempat artis itu adalah Eka Deli (ED), Marcello Tahitoe (MT) alias Ello, Adjie Notonegoro (AN) dan Judika (J).

Sebelumnya, polisi menangkap 2 orang tersangka dalam kasus investasi ilegal MeMiles PT Kam and Kam. Modusnya, perusahaan ilegal itu bergerak di bidang jasa pemasangan iklan dengan menggunakan sistem penjualan langsung melalui jaringan keanggotaan.

Dari modus ini, para tersangka dapat merekrut setidaknya 240 ribu anggota. Untuk memperlancar perekrutan, setiap anggota yang berhasil merekrut anggota baru mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan.

Dari pengungkapan kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai 18 unit mobil, 2 sepeda motor, dan beberapa barang berharga lainnya.

RECOMMENDED BY EDITOR